Komunikasi Antarbudaya Tionghoa dan Pribumi dalam Penggunaan Bahasa

Lusiana Andriani Lubis

Abstract


Permasalahan kajian adalah bagaimana pengaruh komunikasia ntarbudayaTionghoa dan Pribumi di kota Medan dalam penggunaan bahasa? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa Indonesia pada masing masing etnik Tionghoa dan Pribumi sebagai bahasa pemersatu di antara etnik. Penelitian ini menggunakan kaedah deskriptif kualitatif melalui pendekatan studi kasus, dan teknik penarikan sampelnya melalui teknik persampelan ‘bola salju’. Selain itu, peneliti mengadakan pengamatan dan analisis dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini.Analisis data ditulis dalam bentuk naratif induktif yaitu kasus demi kasus berdasarkan kategori yang telah dirumuskan. Hasil penting penelitian menunjukkan bahwa keragaman bahasa di Medan suatu hal yang unik dan bukanlah sesuatu yang perlu dipermasalahkan asalkan pihak-pihak yang berkomunikasi merasa nyaman dan faham akan pesan yang disampaikan.


Keywords


Komunikasi Antarbudaya, Bahasa

References


Ahmad Kamil Mohamed, 1992;Kejayaan Berkomunikasi Dalam Era Masyarakat Informasi, NurinEnterprise, KualaLumpur.

Bungin, Burhan, 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi dan Dasar Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lain, Kencana Prenada Media Group.

Daymon, Christine dan Immy Holloway, 2007, Communicating with Strangers, Mc. Graw HillCompanies, NewYork.

Darois, Zainon, 1995, Komunikasi Antara budaya, Kementerian Pendidikan Malaysia, Dewan Bahasa dan Pustaka, Kuala Lumpur. Junus, Jahja H., 2002, Peranakan Idealis, Gramedia, Jakarta.

Kriyantono, Rachmat, 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana,Jakarta.

Latifah Pawanteh, 2000, Away from Home and Still at Home :Intercultural Adaptation of International Studentsin Malaysia, Journal World Communication, Volume 29 No. 3. hal.48-66.

Lee, Su Kim, 2003, Exploring the Relationship Between Language, Culture and Identity, Journal of Languages Studies,Volume 3.No.2. hal.1-13.

Liliweri, Alo, 2003, Dasar-Dasar Komunikasi Antara budaya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Lubis, Lusiana Andriani, 2011, Persepsi Sukubangsa Tionghoa dan Peribumi terhadap Interaksi Komunikasi antara Budaya di Sumatera Utara: Satu Kajian Kasus di Bandar Medan, Disertasi (PhD), Universiti Sains Malaysia.

Lubis, Lusiana Andriani, 2008, Menjembatani Sekat-sekat Komunikasi di antara Etnik Tionghoa dan Pribumi, Waspada, 31 Maret.

Moleong, Lexy J., 2000), Metodologi Penelitian Kualitatif, RemajaRosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy, dan Rakhmat,Jalaluddin, 2000, Komunikasi Antara Budaya: Panduan Berkomunikasi Dengan Orang-Orang Berbeda Budaya, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy dan Rakhmat,Jalaluddin, 2004, Komunikasi Efektif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy, dan Solatun, 2007, Kaedah Penelitian Komunikasi: Contoh-contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Purwasito, Andrik, 2003, Komunikasi Multibudaya, Muhammadiyah University Press, Surakarta.

Samovar, L.A dan Porter, Richard E., 2004, Intercultural Communication, 10th (ed)., Wadsworth Publishing Company, Belmont California.

Sarbaugh, L.E., 1988, Intercultural Communication, Mila Citation, New Brunswick, N.J. USA.

Spradley, James P., 1980, Participant Observations, Rinehart and Winston, NewYork.

Hadiluwih, Subanindyo, 2006, Konflik Etnik di Indonesia: Kajian Kes di Bandaraya Medan, Disertasi (PhD), Jabatan Antropologi dan Sosiologi, Fakulti Sastera dan Sains Sosial, Universiti Malaya, Malaysia.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v10i3.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats