Pengambilalihan Fungsi Kehumasan di Instalasi Humas Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin Surakarta

Authors

  • Pundra Rengga Andhita Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Amikom Purwokerto
  • Yossi Adilia Rahmawati Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.4689

Keywords:

Encroachment Theory, Fungsi Kehumasan, Humas Pemerintah, Problematika Organisasi, Rumah Sakit Jiwa Daerah

Abstract

Problematika kehumasan sering terjadi di instansi publik. Khususnya ketika fungsi humas hanya ditempatkan sebatas tingkat pelaksana komunikasi, sedangkan fungsi manajemen strategisnya diambil alih personel yang tidak memiliki latar belakang relevan. Praktik inilah yang disinyalir terjadi pada Instalasi Humas dan Pemasaran RSJD Dr. Arif Zainudin. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengambilalihan (Encroachment) fungsi kehumasan di Instalasi Humas dan Pemasaran RSJD Dr. Arif Zainudin. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menekankan perspektif encroachment theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instalasi Humas dan Pemasaran RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta memiliki persoalan unik, yakni peran manajerial kehumasan dipegang personel dengan latar belakang pendidikan non-kehumasan (Ilmu komunikasi) dan letak posisi Instalasi Humas dan Pemasaran tidak strategis, terletak di struktur organisasi terbawah. Kedua permasalahan tersebut berimplikasi pada pengambilalihan wewenang, struktural dan fungsi kehumasan di bagian Instalasi Humas dan Pemasaran. Dalam tahap lebih lanjut, jika kondisi ini tidak ditindaklanjuti dengan baik dan cepat oleh manajemen maka akan memengaruhi kinerja organisasi. Kontribusi penelitian ini ingin memberikan masukan bagi RSJD Dr. Arif Zainudin agar lebih mengoptimalkan peran kehumasan di Instalasi Humas dan Pemasaran dengan cara melakukan perubahan holistik terkait penguatan wewenang, struktural dan fungsional dari Instalasi Humas dan Pemasaran.

Author Biography

Yossi Adilia Rahmawati, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

References

Boudarbat, B., & Chernoff, V. (2012). Education-job match among recent Canadian university graduates. Applied Economics Letters, 19(18), 1923–1926. https://doi.org/10.1080/13504851.2012.676730

Flynn, T. T. (2014). Relations Practitioners in Canada. Canadian Journal of Communication, 39, 361–384.

Gohil, D. P., & Gohil, K. (2016). Public Relations in Hospital Administration and Planning. International Journal of Health Sciences & Research (Www.Ijhsr.Org), 6(2), 384.

Gregory, A. (2008). Competencies of senior communication practitioners in the UK: An initial study. Public Relations Review, 34(3), 215–223. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2008.04.005

Guy, B., Williams, D. R., Aldridge, A., & Roggenkamp, S. D. (2008). Approaches to organizing public relations functions in healthcare. Health Marketing Quarterly, 24(3–4), 1–18. https://doi.org/10.1080/07359680802118969

Hartini, T. (2019). Upaya Perhumas Dalam Meningkatkan Kompetensi Public Relations. Makna : Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 31–57.

Kirdar, Y. (2008). The role of public relations for image creating in health services: A sample patient satisfaction survey. Health Marketing Quarterly, 24(3–4), 33–53. https://doi.org/10.1080/07359680802119017

Lee, K. (2012). The need for public relations professional competencies in Europe and Asia. The International Journal of Social Science, 6(1), 52–60.

Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 51–60.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., Erdinaya, L. K., & Komariah, K. (2020). Komunikasi humas pemerintahan kabupaten/kota di Jawa Barat melalui media digital Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 221. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.26407

Posuma, C. (2013). Kompetensi, Kompensasi, Dan Kepemimpinan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Ratumbuysang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 646–656.

Pradita, Ika Ayu, S., & Herawati, T. (2015). Peran Humas di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta (Peran Humas di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan). Jurnal Komunikasi Massa, 7(1), 37–72.

Safitri, A., & Hatimah, I. (2016). Pengelolaan in House Training Jurnalistik Untuk Meningkatkan Kompetensi Karyawan Humas (Studi Tentang Kompetensi Jurnalistik Kerjasama PT Pertamina Asset 5 Dengan Tempo Insitute). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(2), 1–13.

Safitri, B. V., Baktri, I., & Haffiar, H. (2019). Profesi humas rumah sakit: antara profesionalisme dan humanisme. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(1), 47. https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.16502

Saidah, M., & Rusfian, E. Z. (2020). Hoax management of presidential staff office: An example of government public relations strategies. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(1), 32. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i1.1769

Sani, A., Hidayat, M., & Sjafirah, N. A. (2020). Pemahaman petugas kehumasan Kementerian Dalam Negeri tentang peran Humas Pemerintah. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(2), 215. https://doi.org/10.24198/prh.v4i2.23528

Siswanto, B. D. L., & Abraham, F. Z. (2016). Peran Humas Pemerintah Sebagai Fasilitator Komunikasi Pada Biro Humas Pemprov Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Komunikasi, 19(1), 55–68. https://doi.org/10.20422/jpk.v19i1.64

Smith, B. G., & Place, K. R. (2013). Integrating Power? Evaluating Public Relations Influence in an Integrated Communication Structure. Journal of Public Relations Research, 25(2), 168–187. https://doi.org/10.1080/1062726X.2013.758585

Sugiyanto, D. R., Java, W., Sumartias, S., Java, W., Yulianita, N., Java, W., Komala, L., & Java, W. (2016). Professional government public relations in indonesia: a review. 3, 53–60.

Supratman, L. P. (2018). Pola Komunikasi Organisasi Kepemimpinan Strategis di PT TelkomSel. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 31. https://doi.org/10.31315/jik.v16i1.2680

Tam, L., Kim, J. N., Grunig, J. E., Hall, J. A., & Swerling, J. (2022). In search of communication excellence: Public relations’ value, empowerment, and structure in strategic management. Journal of Marketing Communications, 28(2), 183–206. https://doi.org/10.1080/13527266.2020.1851286

Tengilimoglu, D., Yesiltas, M., Kisa, A., & Dziegielewski, S. F. (2008). The role of public relations activities in hospital choice. Health Marketing Quarterly, 24(3–4), 19–31. https://doi.org/10.1080/07359680802118993

Wilson, C., Callister, M., & Seipel, M. (2018). Everything is not Pleasantville': Reframing Public Relations Encroachment as Work Group Autonomy in Higher Education. Public Relations Journal, 11(3), 1-22.

Zhang, M., Wang, L., Wang, R., & Xiong, J. (2020). Measuring hospital process service quality: emerging technologies’ challenge. International Journal of Quality and Service Sciences, 12(3), 319–336. https://doi.org/10.1108/IJQSS-02-2020-0018

Zhu, C., Zhu, H., Xiong, H., Ma, C., Xie, F., Ding, P., & Li, P. (2018). Person-Job Fit: Adapting the right talent for the right job with joint representation learning. ACM Transactions on Management Information Systems, 9(3). https://doi.org/10.1145/3234465

Zulfikar, A., Sultan, M. I., & Kahar. (2017). Peran HUMAS dalam Meningkatkan Citra Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo sebagai Rumah Sakit Berstandar Internnasional. Jurnal Komunikasi KAREBA, 6(1), 98–109.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Artikel