Audit Komunikasi Media Sosial di Masa Krisis COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.4720Keywords:
Audit komunikasi, COVID-19, Instagram, Kemenparekraf, Npower NorthwestAbstract
Komunikasi krisis sektor pariwisata terjadi akibat oleh adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit proses komunikasi pada akun media sosial Instagram @kemenparekraf.ri milik Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di masa krisis COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi dengan menggunakan pendekatan audit komunikasi. Desain audit komunikasi pada penelitian ini menggunakan lima tahapan utama pendekatan Npower Northwest. Hasil dari audit komunikasi menyatakan bahwa proses komunikasi yang dilakukan oleh Kemenparekraf melalui platform Instagram sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam melakukan komunikasi publik, meskipun ada beberapa kekurangan-kekurangan yang terjadi. Secara keseluruhan permasalahan tersebut lebih dominan pada kurangnya instrumen kebijakan, optimalisasi proses, konsistensi aktivitas, koordinasi internal organisasi, dan tidak adanya instrumen monitoring evaluasi dalam rangka pengelolaan media sosial Instagram secara konsisten. Rekomendasi yang diberikan dari penelitian ini kepada Kemenparekraf diharapkan melakukan pengelolaan akun instagram melalui kajian kebijakan secara spesifik, optimalisasi proses, pemberian saran, koordinasi dalam organisasi, melakukan aktivitas monitoring dan evaluasi secara periodik, serta menciptakan dan mengelola komunikasi dua arah untuk meningkatkan kepercayaan publik.
References
Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jakarta. Diambil dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/06/02/1715/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-april-2020-mencapai-160-04-ribu-kunjungan.html
Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 12(XII), 19–24.
BPMI Setpres. (2020). Tiga Langkah Mitigasi Dampak Covid-19 pada Sektor Pariwisata. Diambil 3 Maret 2021, dari https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/tiga-langkah-mitigasi-dampak-covid-19-pada-sektor-pariwisata/
Coombs, Timothy W.(2006) Crisis Management : A Communicative Approach. Public Relations Theory II. Carl H. Botan & Vincent Hazelton (eds). Mahwah: Lawrence ERLBRAUM Associates.
Kementerian Kesehatan. (2020). Penanganan covid-19 protokol komunikasi publik. Kantor Staf Presiden. Diambil dari http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Protokol-Komunikasi-COVID-19.pdf
Kompas. (2020). Jokowi Minta Kemenparekraf Alokasikan Anggaran untuk Program Padat Karya Tunai. Diambil dari https://nasional.kompas.com/read/2020/04/16/13505921/jokowi-minta-kemenparekraf-alokasikan-anggaran-untuk-program-padat-karya
Manzia, T. M., Angelico, R., Parente, A., Muiesan, P., Tisone, G., Al Alawy, Y., … Yannick, D. (2020). Global management of a common, underrated surgical task during the COVID-19 pandemic: Gallstone disease - An international survery. Annals of Medicine and Surgery, 57(July), 95–102. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.07.021
Muis, Afni Regita Cahyani.(2020). Transparansi Kebijakan Publik sebagai Strategi Nasional dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19.Jurnal Sosial & Budaya Syar-I (Salam), 7(5), 439-454. DOI : https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15317
NPower Northwest. (2010). Social Media Communications Audit - A Guide To Understanding and Implementation. Diambil dari https://www.501commons.org/resources/tools-and-best-practices/technology-knowledge-center/social-media-communication-audit-pdf
Panghegar, S. F. (2013). Audit Komunikasi Organisasi Horisontal Departemen Front Office Singgasana Hotel Surabaya. Jurnal e-Komunikasi Universitas Kristen Petra, 1(1), 183–184. Diambil dari http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/112
Rohmah, Nurliya Ni’matul. (2020). Media Sosial sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses and Gratification). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam (Al-I’lam), 4(1), 1- 16. DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v4i1.2957
Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113
Susanti, S., Kistyanto, A., Anwar, M. K., Handayani, S., Bahtiar, M. D., & Andriansyah, E. H. (2020). Pencegahan Penyebaran Covid-19 Melalui Peningkatan Ketahanan Pangan Bagi Warga Terdampak di Surabaya. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.26740/abi.v1i3.9744
Utami, B. S. A., & Kafabih, A. (2020). Sektor Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (JDEP), 4(1), 383–389. https://doi.org/10.33005/jdep.v4i1.198
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.