Audit Komunikasi Media Sosial di Masa Krisis COVID-19

Chusnina Dwi Saputri, Puji Lestari, Edwi Arief Sosiawan

Abstract


Komunikasi krisis sektor pariwisata terjadi akibat oleh adanya pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit proses komunikasi pada akun media sosial Instagram @kemenparekraf.ri milik Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di masa krisis COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi dengan menggunakan pendekatan audit komunikasi. Desain audit komunikasi pada penelitian ini menggunakan lima tahapan utama pendekatan Npower Northwest. Hasil dari audit komunikasi menyatakan bahwa proses komunikasi yang dilakukan oleh Kemenparekraf melalui platform Instagram sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam melakukan komunikasi publik, meskipun ada beberapa kekurangan-kekurangan yang terjadi. Secara keseluruhan permasalahan tersebut lebih dominan pada kurangnya instrumen kebijakan, optimalisasi proses, konsistensi aktivitas, koordinasi internal organisasi, dan tidak adanya instrumen monitoring evaluasi dalam rangka pengelolaan media sosial Instagram secara konsisten. Rekomendasi yang diberikan dari penelitian ini kepada Kemenparekraf diharapkan melakukan pengelolaan akun instagram melalui kajian kebijakan secara spesifik, optimalisasi proses, pemberian saran, koordinasi dalam organisasi, melakukan aktivitas monitoring dan evaluasi secara periodik, serta menciptakan dan mengelola komunikasi dua arah untuk meningkatkan kepercayaan publik.


Keywords


Audit komunikasi; COVID-19; Instagram; Kemenparekraf; Npower Northwest

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Indonesia. Badan Pusat Statistik. Jakarta. Diambil dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/06/02/1715/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-april-2020-mencapai-160-04-ribu-kunjungan.html

Bahtiar, R. A., & Saragih, J. P. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan. Jurnal Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 12(XII), 19–24.

BPMI Setpres. (2020). Tiga Langkah Mitigasi Dampak Covid-19 pada Sektor Pariwisata. Diambil 3 Maret 2021, dari https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/tiga-langkah-mitigasi-dampak-covid-19-pada-sektor-pariwisata/

Coombs, Timothy W.(2006) Crisis Management : A Communicative Approach. Public Relations Theory II. Carl H. Botan & Vincent Hazelton (eds). Mahwah: Lawrence ERLBRAUM Associates.

Kementerian Kesehatan. (2020). Penanganan covid-19 protokol komunikasi publik. Kantor Staf Presiden. Diambil dari http://ksp.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Protokol-Komunikasi-COVID-19.pdf

Kompas. (2020). Jokowi Minta Kemenparekraf Alokasikan Anggaran untuk Program Padat Karya Tunai. Diambil dari https://nasional.kompas.com/read/2020/04/16/13505921/jokowi-minta-kemenparekraf-alokasikan-anggaran-untuk-program-padat-karya

Manzia, T. M., Angelico, R., Parente, A., Muiesan, P., Tisone, G., Al Alawy, Y., … Yannick, D. (2020). Global management of a common, underrated surgical task during the COVID-19 pandemic: Gallstone disease - An international survery. Annals of Medicine and Surgery, 57(July), 95–102. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.07.021

Muis, Afni Regita Cahyani.(2020). Transparansi Kebijakan Publik sebagai Strategi Nasional dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19.Jurnal Sosial & Budaya Syar-I (Salam), 7(5), 439-454. DOI : https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15317

NPower Northwest. (2010). Social Media Communications Audit - A Guide To Understanding and Implementation. Diambil dari https://www.501commons.org/resources/tools-and-best-practices/technology-knowledge-center/social-media-communication-audit-pdf

Panghegar, S. F. (2013). Audit Komunikasi Organisasi Horisontal Departemen Front Office Singgasana Hotel Surabaya. Jurnal e-Komunikasi Universitas Kristen Petra, 1(1), 183–184. Diambil dari http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/112

Rohmah, Nurliya Ni’matul. (2020). Media Sosial sebagai Media Alternatif Manfaat dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses and Gratification). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam (Al-I’lam), 4(1), 1- 16. DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v4i1.2957

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 191–206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113

Susanti, S., Kistyanto, A., Anwar, M. K., Handayani, S., Bahtiar, M. D., & Andriansyah, E. H. (2020). Pencegahan Penyebaran Covid-19 Melalui Peningkatan Ketahanan Pangan Bagi Warga Terdampak di Surabaya. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.26740/abi.v1i3.9744

Utami, B. S. A., & Kafabih, A. (2020). Sektor Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (JDEP), 4(1), 383–389. https://doi.org/10.33005/jdep.v4i1.198




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.4720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats