Pengembangan Hubungan dalam Komunikasi Antarpribadi Mantan Narapidana Perempuan Bugis-Makassar

Tuti Bahfiarti

Abstract


Komunikasi antarpribadi mantan narapidana perempuan dalam adaptasi diri dan pengembangan hubungan dengan nilai ‘ade siri’ pada masyarakat Bugis-Makassar diKota Makassar. Fokus penelitiannya adalah bagaimana komunikasi antarpribadi mantan narapidana perempuan dalam melakukan pengembangan hubungan antarpribadi dengan masyarakat Bugis-Makassar.Tujuan penelitian ini adalah menemukan dan mengkategorisasikan pengembangan hubungan antarpribadi, menggambarkan pola tahapan pengembangan hubungan antarpribadi mantan narapidana perempuan dengan old significant others dan newsignificant others. Dalam mencapai tujuan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif atau paradigma interpretatif. Berdasarkan pada metode penelitian kualitatif, maka pengumpulan data dilakukan melalui observasinon partisipan atau pengamatan tidak berperan, wawancara mendalam (in-depth interview), studi dokumenter yang relevan penelitian subkultur Bugis Makassar. Pengembangan hubungan antarpribadi yang dilakukan oleh mantan narapidana perempuan dalam mengembangkan hubungan antarpribadi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah, yakni terbuka, semiterbuka, dan tertutup. Penentuan bagian ditentukan oleh faktor internal (in self) dalam diri mantan narapidana perempuan termasuk kelekatan siri’ yang dimiliki dan faktor eksternal (outself) significant others.


Keywords


Komunikasi Antarpribadi,Pengembangan Hubungan, dan Mantan Narapidana Perempuan

References


Abdurrahman H., 2007, Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Pewarisan Bahasa Bugis, Kongres I Bahasa-Bahasa Daerah Sulawesi Selatan, Makassar, 22-25 Juli.

BeebeASteven, Susan J Beebe danRedmond V Mark, 2006, Interpersonal Communication (Relating to Other), Allyn dan Bacon, London.

Creswell, John W., 1994, “Research Design; Qualitative and Quantitative Approaches”, Sage PublicationsInc., Thousand Oaks, California..

______, 1998, Qualitative Inquiry and Research Design; Choosing Among Five Traditions, Sage PublicationsInc., USA.

Conville, L.Richard, 1998, The Meaning of “Relationship” in Interpersonal Communication, Praeger Publishers,Westport, CT.

Devito, Joseph A., 1997, Komunikasi Antar Manusia, Edisi ke-5, Alih Bahasa Agus Maulana MSM., Professional Books,Jakarta.

______, 2001, The Interpersonal Communication Book, Edisi ke-9, Longman: New York.

Denzin, Norman K. and Yvonna, Lincoln, 1994, Handbook of Qualitative Research. SAGE Publications, Inc., California.

Arfianti, Erlyn, 2006, Tesis,Analisis Kriminologi terhadap Kejahatan Kekerasan yang dilakukan oleh Perempuan di Kota Makassar”, Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Makassar.

Fachruddin, Ambo Enre, 1992, Beberapa Nilai Sosial Budaya dalam Ungkapan dan Sastra Bugis, Jurnal PINISI, Vol. 1, FPBS IKIP Ujung Pandang.

Harley, Peter, 2001, Interpersonal Communication, (2th ed), Routledge, NewYork.

Kuswarno,Engkus, 2009, Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya, Widya Padjadjaran, Bandung.

Littlejohn, Stephen W., 1996, Theories of Human Communication, Edisi ke-3, Wadsworth Publishing Company, Belmont California.

Mulyana, Deddy dan Solatun, 2007, Metode Penelitian Komunikasi (Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis), Rosdakarya, Bandung.

______, 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya, Rosdakarya, Bandung.

Moleong, Lexy J., 2002, “MetodologiPenelitian Kualitatif”, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Pelras, Christian, 2006, Manusia Bugis, Penerbit Nalar,Jakarta.

Schutz,Alfred, 1967, The Phenomenology of the Social World, Northwestern University Press, Evaston Illinois.

Silverman, David, 2006, Doing Qualitative Research, Edisi ke-2, Sage Publications, London.

Wangner, R. Helmut, 1970, Alfred Schutz on Phenomenology and Social Relations, The Heritage ofSociology, Chicago.

Whickers, Leanne, 2002, Interpersonal Communication and Appraisal: The Applications of Cognitive Appraisal Theory to Difficult Communications at Work, Journal: School of Applied Psychology, Faculty of Health Science Griffith University, Volume 1 of 2, October 2002.

Victoria, Venie, 2007, Narapidana Wanita: Stigma Sosial dan Kecemasan untuk kembali ke Masyarakat, Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro Semarang,Volume 4 No 1,Juni 2007.

Henny, Zuraida, Rochayanti, Christina, dan Isbandi, 2011, Komunikasi Antarbudaya Korea Selatan di Yogyakarta, Jurnal Ilmu Komunikasi, volume 9, nomor 1 JanuariApril 2011, ISSN 1693-3029, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v10i3.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats