Komunikasi Organisasi Internal kepada Pegawai Milenial untuk Membentuk Komitmen

Diah Wardhani, Fitrie Handayani, Mohammad Sandy Fahrezi

Abstract


Generasi milenial di Indonesia akan memasuki berbagai organisasi dan perlahan akan menggeser generasi sebelumnya.  Belum semua organisasi menyadari masuknya generasi milenial yang membawa karakteristik khusus. Ciri utama generasi milenial ditandai oleh  penggunaan teknologi komunikasi, media, dan teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui komunikasi organisasi internal dengan pegawai generasi milenial dalam membentuk komitmen.  Metodologi penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan wawancara yang dilakukan kepada: 1) Supervisor Human Resources; 2) Human Resources Operational Support Staff; 3) Learning and Development Staff; dan 4) Operational support staff. Hasil penelitian menunjukkan PT. Darya-Varia Laboratoria Tbk belum merancang strategi khusus dalam melakukan komunikasi internal dengan pegawai milenial, namun perusahaan telah mengupayakan beberapa pendekatan yang sesuai dengan karakteristik khusus dari pegawai milenial. Berbagai ruang diskusi, kolaborasi, kreasi serta kesempatan pengembangan diri pegawai telah diberikan oleh perusahaan termasuk para pegawai milenial, namun belum mampu membangun komitmen. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan penjelasan bahwa ada faktor-faktor di luar komunikasi internal yang dapat  membangun komitmen generasi millenial. Faktor-faktor tersebut adalah besarnya gaji, tunjangan, sarana, fasilitas kerja, dan pengembangan karir.


Keywords


Komunikasi Organisasi, Komunikasi Internal, Komitmen dan Pegawai Milenial.

Full Text:

PDF

References


Ardilla, Y. P., & Salamah, U. (2018). Communication of Organizational Power to the Millennials Generation in the Social Media Era.

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik gender tematik: profil generasi milenial Indonesia.

Briandana, R., & Dwityas, N. A. (2019). Media literacy: An analysis of social media usage among millennials. International Journal of English Literature and Social Science, 4(2), 488–496.

Briandana, R., Lestari, T., & Marta, R. F. (2020). Efektivitas Iklan Melalui Sms Blast Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Lensa Mutiara, 4(2), 98–112.

Briandana, R., Meiwanto Doktoralina, C., Hassan, S. A., Norhaniza, W., Hasan, W., Briandana, R., … Hasan, W. N. W. (2020). Da’wah Communication and Social Media: The Interpretation of Millennials in Southeast Asia. International Journal of Economics and Business Administration (Vol. VIII). https://doi.org/10.35808/ijeba/543

Carlson, E. (2009). 20th-century US generations. Citeseer.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The handbook of qualitative research. London: Sage.

Ewing, M., Men, L. R., & O’Neil, J. (2019). Using social media to engage employees: Insights from internal communication managers. International Journal of Strategic Communication, 13(2), 110–132.

Frandsen, F., Johansen, W., & Pang, A. (2013). From management consulting to strategic communication: studying the roles and functions of communication consulting. International Journal of Strategic Communication, 7(2), 81–83.

Ganiem, L. M., & Kurnia, E. (2019). Komunikasi Korporat: Konteks Teoretis dan Praktis. Prenada Media.

Harivarman, D. (2017). Hambatan komunikasi internal di organisasi pemerintahan. Jurnal Aspikom, 3(3), 508–519.

Lestari, C. A., & Dwijayanti, R. I. (2020). Kecakapan Literasi Media di Kalangan Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 48. https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.2781

McPhee, R. D., & Zaug, P. (2009). The communicative constitution of organizations. Building Theories of Organization: The Constitutive Role of Communication, 10(1–2), 21.

Men, L. R., Tsai, W.-H. S., Chen, Z. F., & Ji, Y. G. (2018). Social presence and digital dialogic communication: Engagement lessons from top social CEOs. Journal of Public Relations Research, 30(3), 83–99.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative research: A guide to design and implementation. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons.

Mulyana, A., Briandana, R., & Rekarti, E. (2020). ICT and Social Media as a Marketing Communication Platform in Facilitating Social Engagement in the Digital Era. International Journal of Innovation, Creativity and Change. (Vol. 13). Retrieved from www.ijicc.net

Myers, K. K., & Sadaghiani, K. (2010). Millennials in the workplace: A communication perspective on millennials’ organizational relationships and performance. Journal of Business and Psychology, 25(2), 225–238.

Panjaitan, P., & Prasetya, A. (2017). Pengaruh social media terhadap produktivitas kerja generasi millenial (studi pada karyawan PT. Angkasa Pura I cabang bandara internasional Juanda). Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), 173–180.

Paramitha, Y., & Ihalauw, J. J. O. I. (2018). Persepsi Generasi Y Mengenai Pekerjaan, Komitmen Kerja, dan Keberlanjutan Kerja. Journal Of Business & Applied Management, 11(2).

Ruck, K., Welch, M., & Menara, B. (2017). Employee voice: an antecedent to organisational engagement? Public Relations Review, 43(5), 904–914.

Safitri, R. A., Risaldi, B. T., & Oktaviani, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Internal Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Biro Humas Kementerian Perindustrian. Jurnal Riset Komunikasi, 2(2), 157–170.

Sebastian, Y., & Amran, D. (2016). Generasi langgas: millennials Indonesia. Jakarta: GagasMedia.

Turner, A. (2015). Generation Z: Technology and social interest. The Journal of Individual Psychology, 71(2), 103–113.

Verčič, A. T., & Vokić, N. P. (2017). Engaging employees through internal communication. Public Relations Review, 43(5), 885–893.

Wahid, U., Usino, W., Vera, N., Hardjianto, M., & Budiyanto, U. (2021). Komunikasi Budaya Kebudiluhuran melalui Kebijakan Inovasi Teknologi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 108–126. https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.3740 Submitted:

Welch, M., & Jackson, P. R. (2007). Rethinking internal communication: a stakeholder approach. Corporate Communications: An International Journal.

Widoatmodjo, S., & Onasie, V. (2021). Gender and Millennials in Indonesian Capital Market. In Ninth International Conference on Entrepreneurship and Business Management (ICEBM 2020) (pp. 400–407). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.4995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats