Makna Iklan Minuman di Televisi

Hadiono Afdjani, Soleh Soemirat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan arti iklan televisi “Kuku Bima Energi” versi kolam susu, yang memromosikan keindahan alam Nusa Tenggara Timur. “Kuku Bima Energi” adalah produk unggulan PT Sido Muncul. Melalui iklan televisi, PT Sido Muncul dapat memperkuat citra merek “Kuku Bima Energi” namun prihatin dengan perkembangan pariwisata Indonesia. Pertanyaan penelitian ini adalah; bagaimana pemirsa menafsirkan iklan televisi versi “Kuku Bima Energi” dari kolam susu? Apakah pemirsa menafsirkan iklan televisi “Kuku Bima Energi” untuk pembentukan citra merek? Data dikumpulkan melalui penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah penonton televisi di Jakarta. Objek dalam penelitian ini adalah iklan televisi “Kuku Bima Energi” versi kolam susu. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam yang dilakukan pada pemirsa televisi selaku informan. Data juga diperoleh melalui perpustakaan, dan dokumentasi dari berbagai media, baik cetak maupun online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek “Kuku Bima Energi” serupa dengan manfaat dari produk, yang dirasakan berdasarkan pengalaman masing-masing informan. Pengalaman adalah yang paling berpengaruh dalam penciptaan sebuah merek.


Keywords


iklan televisi, makna

References


Batam Pos, “PT Sido Muncul Peduli dengan Pariwisata Indonesia”, 5 Maret 2010.

Blumer, Herbert, 1986, “Symbolic Interac- tionism; Perspective, and Method,” University Of California Press Barkeley Los Angeles, London.

Bungin, Burhan, 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif, Rajawali Pers, Jakarta .

Cresswell, John W., 1994, Qualitative Inqury and Research Design : Choosing Among Five Tradition, Sage Publications Inc., The United State of America.

Daymon, Christine and Immi Holoway, 2008, Metode-Metode Risaet Kuantitatif dalam Public Relations dan Marketing Communication, Penerbit Bentang, Yogyakarta .

Garna, Judistira K. Garna, 1999, Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Primaco Akademika, Bandung.

Kuswarno, Engkus, 2009, Metodologi Penelitian Komunikasi, Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitian, Widya Padjadjaran, Bandung.

Little John, Stephen W., 2005, Theories of Human Communication: Eighth edition, Thomson Wardsworth, Canada.

Mulyana, Deddy. 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Rosda, Bandung.

Moustakas, Clark, 1994, Phenomenological Research Method, Sage Publication, London.

Nawawi, Hadari, 2001, Metodologi Penelitian Sosial, PN Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Riezebos, Rik, 2003, Brand Management : A Theoritical and Practical Approach, FT Prentice Hall, New Jersey.

Schutz, Alfred, 1967, The Phenomenology of The Social World, Illinois Northwestern University Press, Evanston.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v8i1.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats