Pesan Perdamaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua

Denik Iswardani Witarti, Yuliana Choerul Reza

Abstract


PON XX di Papua menyita perhatian masyarakat karena diselenggarakan ketika masih dalam situasi pandemi COVID-19. PON juga diselenggarakan di tengah isu ancaman keamanan di sana. Penelitian ini bertujuan melihat pesan damai dengan menganalisa logo, simbol dan perbincangan tersirat yang ditonjolkan dalam PON XX. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan teknik analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Data diperoleh dari sumber media online dan media sosial youtube, twitter dan instagram @jokowi youtube. Hasil penelitian menemukan beberapa pesan yang terlihat ingin ditonjolkan oleh pemerintah dengan terselenggaranya PON XX di Papua terkait dengan keberadaan Papua yang tidak terpisahkan sebagai bagian dari Negara Kesatuan Indonesia (NKRI). Pesan bahwa Papua tidak dianaktirikan dalam pembangunan terlihat menonjol dalam postingan akun resmi pemerintah. Kemudian hasil penelitian yang lain terkait dengan keamanan di Papua dalam keadaan terkendali. Kehadiran Presiden Joko Widodo dan masyarakat dalam upacara pembukaan menunjukkan semua antusias menyambut ajang olahraga tingkat nasional ini. Kontribusi penelitian terkait dengan konsep soft power diplomacy untuk berkomunikasi dengan masyarakat global mengenai isu Papua. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pesan damai yang ingin ditonjolkan oleh pemerintah dalam ajang PON XX mendapat sambutan positif dari publik.

Keywords


PON XX; Papua; Semiotika Charles Sanders Pierce; Soft Diplomacy

Full Text:

PDF

References


Aco, H. (2021). Pemulihan Covid-19 di Indonesia Urutan Pertama Se-Asia Tenggara Menurut Indeks Nikkei Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemulihan Covid-19 di Indonesia Urutan Pertama Se-Asia Tenggara Menurut Indeks Nikkei, https://www.tribunnews.com. tribunnews.com.

Akmal, F. (2015). Pesan Kritik Sosial Dalam Karya “Street Art” Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13, 29–47. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1448/2840

Anwar, Hapsari, & Sinaga. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 6(2), 123–138. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15689

Bangun, B. H. (2021). Socio-Legal Study on Cross-Border Trade Regulations and Patterns At Cross-Border Posts (Plbn) Entikong. Jurnal Komunikasi Hukum, 8(1), 139–160.

Bank Indonesia. (2022). Laporan Perekonomian Provinsi Papua. www.bi.go.id/id/.

Fauzan. (2021). PON Papua “panggung kesetaraan dan keadilan”, tak cerminkan solusi atas konflik di Papua yang terus berlanjut? BBC.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fathun. (2018). Analisis Komunikasi Global Melalui Film Dalam Diskursus Yang Menyudutkan Islam. Dauliyah Journal.

Firdani. (2019). Analisis Peranan Korean Wave Sebagai Sarana Soft Diplomacy Terhadap Penyebaran Budaya Korea Selatan Di Indonesi. repository usu.

Guntoro, T. S., Fariz, M., Putra, P., Mashud, M., Sinaga, E., Sari, F., Sinaga, G., Hidayat, R. R., & Kunci, K. (2022). Bagaimana Kepuasaan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan

Event Olahraga ? Studi pada PON ke-XX Papua. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 7(1), 45–53.

Guntoro, T. S., Sinaga, E., Fariz, M., Putra, P., Sari, F., & Sinaga, G. (2022). PON XX Papua : Bagaimana persepsi masyarakat terhadap dampak yang ditimbulkan? PON XX Papua : What is the public ’ s perception of the impact ? 18(3), 29–39.

Harkim, H., Andriyani, M., Simanungkalit, R., & Parulian, E. (2022). Analisis Pengaruh Digital Onboarding Usaha Rumah Tangga terhadap Tingkat Pendapatan Keluarga selama Situasi Pandemi Covid-19 di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan Periode Januari-September 2021. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1549–1555. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.600

Khulaemi, A. (2022). Perilaku Hemat Energi pada Generasi Milenial. Jurnal Widyaiswara Indonesia, 3(2), 107–118.

Kurniadi, T. (2020). Implementasi Pemberian Hibah Pemerintah Indonesia Kepada Pemerintah/Lembaga Asing Sebagai Stimulus Soft Diplomacy. BPPK, 13.

Maulana, I., Manulang, J. M. br., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28–34. https://doi.org/10.31334/bijak.v17i1.823

Nainggolan, Y. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Untuk Menunjang Peran Duta Wisata 2016-2017 Dalam

Mempromosikan Pariwisata Di Kalimantan Timur. Portal Karya Ilmiah.

Oktavian. (2017). Analisis Semiotika “Surili” Sebagai Maskot Pekan Olahraga Nasional (Pon) Jawa Barat 2016. repository unpas.

Permana, R. (2014). Komunikasi Internasional Oleh Pemerintah Indonesia Sebagai Official Transaction Dalam Menghadapi Asean Community 2015 (Ditinjau Dari Perspektif Diplomatik). Conference on Media, Communications, and Sociology.

Raharjo, A. (2015). Makna Fashion Pembawa Acara Program Kribo Di Mnc Tv (Studi Semiotika Pierce Episode Secangkir Kopi Hitam). komunikasi, 6.

Rezkisari, I. (2021). Polisi Deteksi Dini Gangguan Keamanan PON XX Papua. republica.co.id.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212.

Santoso & Denik. (2020). Konvergensi Dan Perubahan Sosial: Interaksi Penonton Asian Games 2018 Pada Kanal Emtek.

jurnal penelitian komunikasi, 23.

Sebayang, C. M. (2017). Analisis Semiotika Representasi Kecantikan Pada Iklan Pantene Total Damage Care 10 Versi

Raline Shah Di Media Televisi. Universitas Mulawarman, 5(2), 66–80.

Shabrina, I. (2015). Representasi Perdaaian Dalam Iklan Axe Peace Abstract“Make Love, Not War.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(April), 48–62.

Silvia, R. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Gaya Hidup Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM FISIP, 2(1), 1–12.

Siregar, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila. Pancasila: Jurnal Keindonesiaan, 1, 71–82. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102

Tulasi, D. (2014). Semiotika Atribut Ibu-Ibu Anggota DPR RI di Senayan Jakarta Sebagai Pesan Komunikasi Presentasi Diri.

Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 109–118.

Utami, H. M., Suhadi, S., & Timoera, D. A. (2019). Strategi Perpustakaan Saidjah Adinda Dalah Meningkatkan Minat dan

Daya Baca Masyarakat Di Kabupaten Lebak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 161–166.

Vera, N. (2015). Semiotika Dalam Riset Komunikasi (R. 2015 Sikumbang (ed.)). Ghalia Indonesia.

Wilinny, W., Halim, C., Sutarno, S., Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis Komunikasi Di PT. Asuransi Buana Independent Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 1–6.

Yani & Lusiana. (2018). Soft Power Dan Soft Diplomacy. TAPIS, 14.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v21i1.7005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats