Media Massa Mempengaruhi Pemanfaatan Teknologi Informasi Generasi Muda dalam Kehidupan Sehari-hari
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v8i1.71Keywords:
penggunaan teknologi informasi dan tingkat modernitasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi (TI) dan tingkat modernitas generasi muda, serta kontribusi status sosial ekonomi, pengetahuan TI, dan konsumsi media pada tingkat pemanfaatan TI dan tingkat modernitas kaum muda perkotaan. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes. Subjek penelitian adalah 400 mahasiswa dari tujuh universitas di Yogyakarta, perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Data yang diperoleh dianalisis dengan Chi-square, Kruskal-Wallis, Korelasi Pearson Product Momen untuk analisis deskriptif, dan regresi berganda untuk pengujian hipotesis. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta (65,3 persen) menggunakan IT hanya untuk kebutuhan pribadi mereka, terutama untuk komunikasi dan hiburan, yang berorentasi pada gaya hidup. Dalam hal tingkat modernitas, sebagian besar subjek (71,5 persen) berada pada tingkat adaptif modern, tercermin dalam kenyataan bahwa mereka selalu mengikuti perubahan terbaru dalam gaya hidup, memiliki sikap kritis moderat, tetapi menunjukkan toleransi yang setara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa munculnya konsumsi media massa untuk memberikan kontribusi yang signifikan untuk penggunaan TI dan tingkat modernitas; status sosial ekonomi keluarga, ditemukan jauh berkontribusi pada konseptualisasi TI, tapi tidak ke tingkat modernitas; dan pengetahuan IT memiliki sedikit kontribusi terhadap pemanfaatan TI dan tingkat modernitas.
References
Baudrillard, Jean, 1998, The Consumer Society, (Judul asli, La societe de consommation, 1970), Sage, London .
Barber, Benyamin R., 1995, Jihad Vs McWorld: Globalisme dan Tribalisme Baru Dunia, Terjemahan Icon Teralitera (2003), Icon Teralitera, Surabaya .
Brynin, Malcom and Kraut, Robert, 2006, Social Studies of Domestic Information and Com- munication Technologies, dalam Kraut, Robert et al. (eds.), Computers, Phones, and the Internet: Domesticating Information Technology, Oxford University Press, Oxford.
Buntomi, 2007, Pemilu, Pers dan Kesadaran Kritis Publik, tersedia di (http://buntomi janto.wordpress.com/2007/08/03/pemilu-pers-partisan-dan-kesadaran kritis-publik) diakses 18 Juni 2009.
Cavanagh, Allison, 2007, Sociology in the Age of the Internet, Open University Press, New York.
Chaney, David, 2004, Lifestyles Sebuah Pengantar Komprehensif, Jalasutra, Bandung & Yogyakarta.
Creswell, John W., 2003, Research Design: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Approach, Sage, California.
Gerke, Solvay, 2000, Global Lifestyles under Local Conditions: the New Indonesian Middle Class, dalam Chua Beng-Huat, (Ed), Consumption in Asia: Lifestiles and Identities, (p.135 – 158), Routledge, London & New York.
Giddens, Anthony, 1990, The Consequences of Modernity, Stanford University Press, California.
Habermas, Jurgen, 1987, The Philosophical Dis- course of Modernity: Twelve Lectures, Polity Press, Cambridge.
Hardiman, Budi , 2004, Filsafat Modern Dari Machiavelli sampai Niertzsche, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Irawan, Handi, 2007, Karakter dan Perilaku Khas Konsumen Indonesia, (http:// www.handiirawan.com/articles/archives/2007/05/31/karakter_dan_perilaku_khas_konsumen_indonesia), diakses 20 Juni 2009.
Majalah Tempo, 22 Oktober 2006.
McLuhan, Marshall, 1964, Understanding Media: The Extensions of Man, Routledge & Kegan Paul (First published in Routledge Classics 2001 by Routledge), London.
Media Indonesia, 6 Maret 2007.
Pritchard, Allan & Woollard, John, 2010, Psychology for the Classroom: Constructivism and Social Learning, Routledge, London & New York.
Ritzer, George, 1996, Teori Sosial Postmodern, Terjemahan oleh Juxtapose, (2003), Juxtapose dan Kreasi Wacana, Yogyakarta.
Straubharr, Joseph and LaRose, Robert, 2002, Media Now: Communication Media in the Information Age, Ward-sworth/Thomson Learning, Belmont.
Suwignya, Agus, 2003, Graduate Qualifications: Advertised, Perceived, Aplied: APerspective of Indonesian Employers, dalam, Jurnal Lembaga Penelitian Universitas Sanata Dharma (LPUSD), No.12, Mei 2003, LPUSD, Yogyakarta .
Turow, Joseph, 2009, Media Today: an Introduction to Mass Communication, Routledge, London&NewYork.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.