Streaming Media Over The Top (OTT) di Masa Pandemi COVID-19

Edy Prihantoro, Asyifa Aulia Handayani

Abstract


Aktivitas streaming film dan serial di Indonesia meningkat saat pandemi COVID-19. Hal ini menyebabkan penyedia layanan media Over The Top (OTT) khususnya pada kategori streaming audio video dituntut untuk lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen jika ingin tujuan perusahaan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel keterlibatan konsumen (X1), variabel kualitas pengalaman layanan (X2), dan variabel gaya hidup (X3) memiliki pengaruh terhadap variabel kesediaan berlangganan media OTT (Y) di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan Teori Determinisme Teknologi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Jakarta yang menggunakan media OTT pada kategori streaming audio video yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti dengan teknik pengambilan sampel terpilih 100 orang. Data yang digunakan untuk penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner secara online. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel memiliki pengaruh secara parsial ataupun simultan terhadap kesediaan berlangganan media OTT di masa pandemi COVID-19. Kontribusi penelitian ini memberi masukan kepada para penyedia media layanan OTT dan juga sebagai referensi bagi penelitian selanjutnya mengenai faktor-faktor yang dapat memengaruhi seseorang untuk berlangganan media OTT.


Keywords


Kesediaan Berlangganan; Over The Top; Pandemi COVID-19; Streaming

Full Text:

PDF

References


Achmad, F., & Supriono. (2017). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang (Survei pada Konsumen Go-ride di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 50(2), 135–141.

Adib, M., Hasiholan, T. P., Adheista, M., & Iqbal, M. (2020). Konvergensi Media Industri Televisi Indonesia pada Program Acara Indonesian Idol X. Jurnal Dialektika Komunika, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.33592/dk.v8i1.551

Al-Dmour, R., Hammdan, F., Al-Dmour, H., Alrowwad, A., & Khwaldeh, S. M. (2017). The Effect of Lifestyle on Online Purchasing Decision for Electronic Services: The Jordanian Flying E-Tickets Case. Asian Social Science, 13(11), 157. https://doi.org/10.5539/ass.v13n11p157

Alfian, F., & Hariwan, P. (2016). Analisis Pengaruh Customer Experience Terhadap Minat Beli Ulang pada Wiki Koffie Bandung. E-Proceeding of Management, 3(1), 1–8.

Amoah, F., Radder, L., & Eyk, M. (2016). Experience Quality Dimensions and Customer Perceptions: A Case Study of Guesthouses in Ghana. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 5(4), 1–21.

Anggita, M., & Trenggana, A. F. M. (2020). Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediator Tiket.Com. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 5(1), 83–99. https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.570

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2020, 9 November). Siaran Pers: Pengguna Internet Indonesia Hampir Tembus 200 Juta di 2019-Q2 2020. Diakses pada 11 Mei 2021, dari https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/

Aunillah, R.-. (2020). Determinisme Teknologi: Perayaan Idul fitri di Saat Pandemi. Sahafa Journal of Islamic Communication, 3(1), 1. https://doi.org/10.21111/sjic.v3i1.4616

Bode, L., & Vraga, E. K. (2021). Correction Experiences on Social Media during COVID-19. Social Media + Society, 7(2), 205630512110088. https://doi.org/10.1177/20563051211008829

Brunnström, K., Beker, S. A., De, K., Dooms, A., Egger, S., Garcia, M.-N., … Larabi, M.-C. (2013). Qualinet White Paper on Definitions of Quality of Experience. European Network on Quality of Experience in in Multimedia Systems and Services (COST Action IC 1003), (March), 26.

CNBC Indonesia (2020, 30 Maret). HOOQ Bangkrut, Takluk Lawan Netflix & Streaming Film Ilegal?. Diakses pada 20 Mei 2021, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200330124832-37-148446/hooq-bangkrut-takluk-lawan-netflix-streaming-film-ilegal

Chen, C. C., Leon, S., & Nakayama, M. (2018). Are You Hooked on Paid Music Streaming? An Investigation into the Millennial Generation. International Journal of E-Business Research, 14(1), 1–20. https://doi.org/10.4018/IJEBR.2018010101

CNBC Indonesia (2020, 30 Maret). HOOQ Bangkrut, Takluk Lawan Netflix & Streaming Film Ilegal?. Diakses pada 20 Mei 2021, dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200330124832-37-148446/hooq-bangkrut-takluk-lawan-netflix-streaming-film-ilegal

CNN Indonesia. (2020, 20 Maret). Imbauan Kerja di Rumah, Streaming di Indonesia Naik 60 Persen. Diakses pada 20 Mei 2021, dari https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200320144515-220 485343/imbauan-kerja-di-rumah-streaming-di-indonesia-naik-60-persen

CNN Indonesia (2020, 2 Juli). Bioskop Tutup, Streaming Film akan Tumbuh Kala Pandemi. Diakses pada 20 Mei 2021, dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200702074618-185-519838/bioskop-tutup-streaming-film-akan-tumbuh-kala-pandemi

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku Konsumen di Era Digital. Malang: Tim UB Press.

Fesa, S. A. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Berlangganan Kembali Harian Umum Pikiran Rakyat di Kota Bandung. Bina Ekonomi, 19(2), 145–158. https://doi.org/10.26593/be.v19i2.1485.145-158

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Foster, B. (2017). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Produk Fashion Terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang Pelanggan Zalora serta Berrybenka. Kontigensi, 5(1), 68–76.

Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, M., & Haloho, E. (2021). Pengaruh Keterlibatan Pelanggan dan Pemasaran Sosial Media terhadap Loyalitas Pelanggan di Lim’s Cafe Kisaran. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 3(2), 183–192.

Gupta, G., & Singharia, K. (2021). Consumption of OTT Media Streaming in COVID-19 Lockdown: Insights from PLS Analysis. Vision, 25(1), 36–46. https://doi.org/10.1177/0972262921989118

Hapsari, A. Y., Rianti, I., Ramadhan, S., Fauziyyah, S. A., & Putri, S. A. (2020). Life Style, Knowledge and Dinescape Impact on Repurchase Intention (Case Study of The Implementation of Health Protocols in Restaurant “X”, Bandung City). PalArch’s Journal of Archaelogy of Egypt/Egyptology, 17(10).

Haryono, S. (2016). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS 22.00, LISREL 8.80 dan Smart PLS 3.0. Bekasi: PT. Intermedia Personalia Utama.

Hikmah, A. N., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Online Repurchase Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(1), 89–100. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i1.447

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). United Kingdom: Pearson Education, Inc.

Lee, C. C., Nagpal, P., Ruane, S. G., & Lim, H. S. (2018). Factors Affecting Online Streaming Subscriptions. Communications of the IIMA, 16(1). Retrieved from https://scholarworks.lib.csusb.edu/ciima/vol16/iss1/2%0AThis

Meisyaroh, S. (2013). Determinisme Teknologi Masyarakat dalam Media Sosial. Jurnal Komunikasi Dan Bisnis, 1(1), 36–46.

Muslim, M. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Netflix Indonesia. Paket Berlangganan Netflix. Diakses pada 20 Mei 2021, darihttps://www.netflix.com/id/

Nugraheni, N. P., Istiatin, & Sarsono. (2020). Minat Beli Ulang Ditinjau dari Sikap, Gaya Hidup dan Persepsi Kebermanfaatan. Edunomika, 4(2), 590–596.

Peter, & Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). Memahami Masyarakat dan Perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(1), 163–175. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Pratama, I. P. A. E. (2020). Social Media dan Social Network. Bandung: Informatika.

Prihantoro, Edy. Paula, Karin & Rasyid, Noviawan. (2020). Self Disclosure Generasi Milenial melalui Second Account Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 8 No 3 2020.

Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pembelian Ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.34308/eqien.v6i2.93

Rihhadatul’aisyi. et al. (2021). Efek Twitter di Masa Pandemi Covid 19 pada Sikap dan Perilaku. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 19 No 2 2021.

Rustantik, Hasiholan, L. B., & Wahyono, E. H. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi dan Gaya Hidup Modern Terhadap Keputusan untuk Berlangganan Internet TV Kabel MNC Play. Journal of Management, 4(4), 1–13.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling.

Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen (3rd ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

So, K. K. F., King, C., Sparks, B. A., & Wang, Y. (2014). The Role of Customer Engagement in Building Consumer Loyalty to Tourism Brands. Journal of Travel Research, 55(1), 1–15. https://doi.org/10.1177/0047287514541008 jtr.sagepub.com

Ström, J., & Martinez, K. B. (2013). The Determinants of Customer Satisfaction, Loyalty and Willingness To Pay in Subscription based Streaming Services. Stockholm School of Economics.

Sugiyono & Lestari, Puji. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: Alfabeta.

Sultana, A. (2021). Digital Communication in Post Pandemic Times: Impact on Indian Youth. Komunikator, 13(2), 125–137. https://doi.org/10.18196/jkm.12809

Toor, A., Husnain, M., & Hussain, T. (2017). The Impact of Social Network Marketing on Consumer Purchase Intention in Pakistan: Consumer Engagement as a Mediator. Asian Journal of Business and Accounting, 10(1), 167–199.

Varela, M., Skorin-Kapov, L., & Ebrahimi, T. (2014). Quality of Service versus Quality of Experience (S. Möller & A. Raake, eds.). Springer.

World Health Organization. (2020, 4 Februari). A new Strategic Preparedness and Response Plan. Diakses pada 11 Mei 2021, dari

https://www.who.int/publications-detail/strategic-preparedness-and response-plan-for-the-new-coronavirus




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v20i3.7276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats