Pandangan Editor Surat Kabar Indonesia dan Malaysia terhadap Jurnalisme Multikultural

Junaidi Junaidi

Abstract


Indonesia dan Malaysia bercirikan masyarakat multikultural. Dalam masyarakat multikultural media massa memiliki peranan penting dalam menciptakan kondisi damai. Kegiatan-kegiatan jurnalistik memberikan pengaruh besar terhadap pemberitaan yang berkaitan dengan isu-isu multikultural. Jurnalistik multikultural merupakan kegiatan jurnalistik yang mempertimbangkan kepentingan masyarakat multikultural dalam menciptakan kondisi damai. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pandangan editor surat kabar Indonesia dan Malaysia terhadap pemberitaan multikultural. Kajian terhadap pandangan para editor surat kabar penting dilakukan untuk menjelaskan pelaksanaan pemberitaan multikultural di Indonesia dan Malaysia. Pemberitaan multikultural meliputi etnis, agama, dan hubungan Indonesia-Malaysia. Metode wawancara secara mendalam diaplikasikan untuk mengetahui pandangan para editor tentang isu-su multikultural di kedua negara. Kajian ini menunjukkan bahwa editor surat kabar Indonesia dan Malaysia cenderung mengakui pentingnya penerapan multikulturalisme dalam kegiatan jurnalistik untuk menciptakan perdamaian dalam masyarakat multukultural. Para jurnalis diberikan pengetahuan yang cukup dan pengalaman dalam membuat pemberitaan multikultural secara positif. Kode etik jurnalistik di Indonesia dan Malaysia juga mendorong penerapan pandangan-pandangan multikultural dalam pemberitaan multikultural. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa surat kabar Indonesia dan Malaysia yang dipilih dalam penelitian cenderung menyampaikan informasi dan pandangan yang mendukung multikulturalisme.


Keywords


pemberitaan multikultural, editor surat kabar, jurnalistik multikultural

References


Keputusan Dewan per Nomor 03/SK-DP/III/2006 Tentang Kode Etik Jurnalistik. 2007, Jakarta, Sekretariat Dewan Pers.

Lent, A.J., 1990, The Development of Multicultural Stability in ASEAN: The Role of Mass Media, Journal of Asia-Pasific Communication, Vol 1.

Mus Chairil Samani (ed), 1996, Tatasusila Kewartawanan Malaysia, Diskusi Etika Kewartawanan, Bangi: jabatan Komunikasi, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Prajarto, N., 2004, Komunikasi Multikultural dalam Perspektif HAM, Jurnal Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta, Volume 2 Nomor 2, Mei-Agustus 2004.

Voakes et al., 1996, Diversity in the News. A Conceptual and Methodological Framework, Journalism & Communication Quarterly, Vol 73, N0 3.

Watson, C.W., 2000, Multiculturalism, Buckingham-Philadelphia: Open University Press.

Widestedt, 2005, News Media, Diversity Codes and The Politics of Representation, Kertas Kerja pada International Communication Association, New York, May 26-30.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v8i2.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats