Media Massa dan Kontruksi Realitas (Analisis Framing Terhadap Pemberitaan UU IKN pada Media Online Tempo.co dan mediaindonesia.com)

Didi Permadi, Inas Sany Muyassaroh, Hartuti Purnaweni, Agus Setio Widodo

Abstract


Wacana Pemerintah Indonesia memindahkan Ibu Kota Negara masih menjadi perbincangan diberbagai kalangan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara Media massa dalam hal ini adalah Tempo.co dan Mediaindonesia.com mengkonstruksi pemberitaan terkait Undang-undang Ibu Kota Negara. Penelitian ini menggunakan analisis framing yang dikemukakan oleh Zhongdang Pan dan Geralad M Kosickly. Cara teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan pemberitaan terkait UU IKN di media massa (Tempo.co dan Mediaindonesia.com). Tahapan berikutnya menganalisis berita tersebut dengan Teknik analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M Kosickly, di mana model analisis ini digunakan untuk mengetahui realitas yang dibentuk dibalik wacana atau framing dari media massa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa media memiliki kebijakan redaksi masing-masing dalam hal pemberitaan yang mempengaruhi keberpihakan sebuah media sesuai dengan kepentingan media tersebut, hal ini menimbulkan konstruksi dan realitas yang berbeda dalam pemberitaan di media massa. Penelitian ini akan memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana media massa menggunakan framing (bingkai pemberitaan) dalam melaporkan isu-isu terkait UU IKN.


Keywords


Kontruksi; Berita; Framing; Konstruksi; UU IKN

Full Text:

PDF

References


Aldilal, S., Achmad, A., Akbar, N., & Febriansyah, M.R. (2020). Pemberitaan dan Opini Publik tentang Kedatangan Tenaga Kerja China Pada Masa Pandemi COVID-19 di Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 18(No. 3).

Nugroho, A.C. (2013). Konstruksi Media Massa Dalam Proses Pilkada Gubernur DKI Jakarta. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi , 4.

Anggraini, A.P. (2020). KONSTRUKSI REALITAS MEDIA MASSA DAN BUDAYA POPULER (Analisis Framing Model Robert Entman Tentang BTS di Grammy Awards Pada Media Online CNN Indonesia dan Kompas.com). Jurnal Media Kom.

Priyadi, D & Malik, A. (2022). Konstruksi Pemberitaan Media Online Tentang Kasus Penembakan Enam Anggota Laskar Front Pembela Islam. Jurnal Inovasi Dan Kreativitas, 2.

Mahgruzar, E.Y. (2021). Konstruksi Pemberitaan Media Online Mengenai Merebaknya Covid-19 Di Indonesia (Analisis Framing Pada Media Online Kompas.Com Dan Detik.com Periode 02 Maret 2020 – 09 Maret 2020). Universitas Muhamadiyah Malang.

Fauzi, H. (2019). Analisis Framing Model Pan Dan Kosicki Berita Kampanye Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden Indonesia 2019 Pada Media Cetak Harian Duta Masyarakat .

Wijaya, I.A. (2021). Konstruksi Realitas Dalam Pemberitaan Mengenai Virus Corona (Covid-19) di Media Online. Jurnal Komunikasi Massa, 1.

Karman. (2013). Media Massa Dan Konstruksi Realitas (Analisis Framing Terhadap Pemberitaan SKB Menteri Tentang Ahmadiyah Di Indonesia Pada Surat Kabar Harian Suara Pembaruan Dan Republika. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 17.

Habibie, K.D. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79–86.

Sandi, M.R., Herawati, M & Adiprasetio, J. (2022). Framing Media Online Detik.com Terhadap Pemberitaan Korban Pengeroyokan oleh Bobotoh. Kajian Jurnalisme , Volume 05(Nomor 02).

Pinontoan, N.A., & Wahid, U. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 Di Harian Kompas.Com dan Jawapos.Com. Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi , 12.

Santoso, P. (2021). Framing Pemberitaan Media Televisi Figur ‘Habib.’ Jurnal Ilmu Komunikasi, 19.

Marta, R. F., Kurniawan, J., Kurniawati, L.S., Wijaya, Mega., Bangun, Nurlina & Cholifah. (2021). Komparasi Tiga Bingkai Media sebagai Implementasi Precede-Proceed untuk Kegiatan Game Lokal Kreasi Indonesia 2020. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D . PT Alfabet.

Mulyadi, U & Mubarok. (2021). Konstruksi Media Terhadap Berita Awal Munculnya Covid-19 di Indonesia (Analisis Framing Pada Berita Detik.com dan Kompas.com). Jurnal Ilmu Komunikasi Avant Garde, 9.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v22i1.7754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats