Spanduk Peringatan Bahaya Covid-19: Mengurai Tingkat Relevansi dan Efek Humor

Bayu Permana Sukma, Reza Amarta Prayoga

Abstract


Tingginya tingkat penyebaran Corona Virus Desease 19 (Covid-19) di Indonesia sepanjang tahun 2020 mendorong pemerintah untuk melakukan penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tidak hanya itu, masyarakat juga berinisiatif menyerukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui karantina wilayah (lockdown) dengan membuat spanduk-spanduk imbauan dan peringatan secara swadaya. Karena dibuat secara swadaya, imbauan dan peringatan bahaya Covid-19 pada spanduk dibuat secara bebas dan beragam, baik dari segi isi informasi, tampilan, maupun cara penyampaian. Tidak jarang imbauan dan peringatan tersebut menimbulkan efek humor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat relevansi informasi pada imbauan atau peringatan bahaya Covid-19 pada spanduk yang dibuat oleh masyarakat ditinjau dari Teori Relevansi (TR). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dari foto-foto yang berisi spanduk lucu yang diperoleh dari beberapa artikel di media daring, yaitu www.pikiran-rakyat.com, www.brilio.net,www.99.co., dan www.oto.detik.com.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi pada spanduk buatan masyarakat terkait Covid-19 memiliki tingkat relevansi yang beragam. Tingkat relevansi tersebut dapat dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Namun demikian, hanya kategori rendah dan kategori sedang yang ditemukan pada data. Terkait hubungan antara tingkat relevansi dan efek humor yang ditimbulkannya, hasil penelitian menunjukkan bahwa spanduk dengan tingkat relevansi sedang maupun rendah berpotensi menciptakan sebuah efek humor. Setelah melewati beberapa tahap interpretasi, pembaca akan menangkap informasi inti sekaligus memperoleh efek humor yang dimaksudkan pembuat spanduk.


Keywords


spanduk, Covid-19, teori relevansi, humor

Full Text:

PDF

References


Afriyani, I., & Purawinangun, I. A. (2017). Analisis Kesalahan Fonem Pada Spanduk di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat-Tangerang. Lingua Rima, 6(2), 41–49.

Ahmad, I. (2011). Spanduk dan Stiker sebagai Media Komunikasi untuk Melaporkan Peristiwa Kependudukan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 28–39.

Andiningsari, N. D. (2009). KESANTUNAN BAHASA IKLAN POLITIK PADA SLOGAN CALEG

DALAM SPANDUK PEMILU LEGISLATIF 2009 DI SURAKARTA.

Aprillia, H. (2019) ‘Persuasif pada Spanduk Pilkada di Kabupaten Merangin Tahun 2017-2018’, Jurnal Tunas Pendidikan, 2(1), pp. 82–91. Doi:

52060/pgsd.v2i1.196.

Birner, & Betty J. (2013). Introduction to Pragmatics.

Jahrir, A. S., al Qadri, Muh. I., Nurfadilah, Ms, W., Syahria, Amiruddin, & Rahmawati. (2021). Pengaruh Penggunaan Bahasa dalam Spanduk Lockdown Wilayah Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar. PANRITA, 2(1), 18–27.

Jesús, M., & Sanz, P. (n.d.). Relevance Theory and political advertising. A case study. In European Journal of Humour Research (Vol. 1, Issue 2).

www.europeanjournalofhumour.or g

Heryanto, G. G. (2020) Realitas komunikasi politik Indonesia kontemporer. Yogyakarta: IRCiSoD. Available at: https://books.google.co.id/books?h l=id&lr=&id=tnDVDwAAQBAJ& oi=fnd&pg=PA9&dq=Pesan+yang

+tertuang+melalui+tulisan+di+spa nduk+ini+kemudian+menjadi+sara na+yang+mengkomunikasi+intera ksi+sosial+persuasif+yang+dapat+ memberikan+efek+perubahan+rasi onalitas+pada+perilaku+masyarak at.&ots=0Fv- vdxpzw&sig=iou1PvUlMDFYA2i

IQXX8x61k1kY&redir_esc=y#v= onepage&q&f=false.

Karo-Karo, P. (2019) Pemanfaatan media luar ruang dalam promosi produk PT. Sinarmas Multifinance Cabang Medan. UMSU. Available at: http://repository.umsu.ac.id/handle

/123456789/14782.

Kempson, R. (2017). Pragmatics: Language and Communication. In

M. Aronoff & J. Rees-Miller (Eds.), The Handbook of Linguistics (2nd ed.). Wiley-Blackwell.

Muiz, A. H. (2019) Komunikasi persuasif Griya al Qur’an dalam penyemangatan hafalan al Qur’an masyarakat surabaya dan sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya. Available at: http://digilib.uinsby.ac.id/34412/.

Nurjanah, N. (2016). Membedah Relevansi dalam Iklan “WRP.” Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15408/dialektika. v3i1.4180

Pinna, M. Á. C. et al. (2018) ‘The use of humor in palliative care: a systematic literature review,’ American Journal of Hospice and Palliative Medicine®. Sage Publications Sage CA: Los Angeles, CA, 35(10), pp. 1342–

doi:

1177/10499091187644.

Prayoga, R. A. (2021) Pandemi COVID-19: Penjarakan Diri sebagai Perubahan Sosial Instan, Opini Pusat Riset Masyarakat dan

Budaya. Available at: https://pmb.brin.go.id/pandemi- covid-19-penjarakan-diri-sebagai- perubahan- sosial-instan/ (Accessed: 14 November 2021).

Rohmadi, M. (2013). TINDAK TUTUR PERSUASIF DAN PROVOKATIF DALAM WACANA SPANDUK KAMPANYE PILKADA JAWA TENGAH TAHUN 2013. In J. S.

Nam, A. Subiyanto, & Nurhayati (Eds.), International Seminar “Language Maintenance and Shift III (pp. 322–326). Master Program in Linguistics Diponegoro University.

Satgas Penanganan Covid-19. (2021). Peta Sebaran Covid-19 di Indonesia. Satuan Tugas Penanganan Covid-19. https://covid19.go.id/peta-sebaran

Sanz-Arigita, E. et al. (2021) ‘Brain reactivity to humorous films is affected by insomnia,’ Sleep. Oxford University Press US, 44(9),

p. zsab081. doi: 10.1093/sleep/zsab081

Wilson, D., & Sperber, D. (2006). Relevance Theory. In The Handbook of Pragmatics (pp. 607– 632).

Yus, F. (2003). Humor and the search for relevance. Journal of Pragmatics, 35(9), 1295–1331. https://doi.org/10.1016/S0378- 2166(02)00179-0

Yus, F. (2013). Analyzing jokes with the Intersecting Circles Model of humorous communication. Lodz Papers in Pragmatics, 9(1).

https://doi.org/10.1515/lpp-2013- 0002

Yus, F. (2016). Humor and Relevance (First). John Benjamins Publishing Company. http://benjamins.com/catalog/thr

Sumber Internet

https://www.brilio.net/ngakak/tulisan- di-15-spanduk-bahaya-covid-19-ini- auto-bikin-senyum-patuh-210701d.html (diakses tanggal 6 September 2021)

https://www.pikiran-rakyat.com/jawa- barat/pr-01358246/tidak-terima-oleh- oleh-virus-dari-kota-bunyi-spanduk- imbauan-tidak-mudik-di-pangandaran (diakses tanggal 6 September 2021)

https://oto.detik.com/oto-galeri/d- 4989016/bikin-ngakak-rupa-rupa- spanduk-lockdown-khas-indonesia- lauk-daun-sampai-download/3 (diakses tanggal 6 September 2021)

https://www.99.co/blog/indonesia/gamb ar-spanduk-unik-lockdown-corona/ (diakses tanggal 6 September 2021)




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v21i3.7923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats