Model Komunikasi dalam Sosialisasi Pengarusutamaan Gender dan Anggaran Responsif Gender di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Puji Lestari, Machya Astuti Dewi

Abstract


Fenomena komunikasi di masyarakat menunjukkan adanya gap antara laki-laki dan perempuan. Hal ini disebabkan oleh posisi lintas budaya (cross culture), ada perbedaan perspektif diskriminatif gender dan perbedaan budaya linguistik. Penelitian ini bertujuan menemukan model komunikasi PUG yang sesuai dengan kondisi di Dinas Provinsi DIY. Penelitian ini menggunakan teori : Genderlect Styles,; Standpoint Theory, dan Muted Group Theory . Metode penelitian kualitatif ini menggunakan teknik pengumpulan data Focus Group Discussion (FGD) dan ujicoba model komunikasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Anggaran Responsive Gender (ARG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model komunikasi PUG-ARG yang diujicobakan, mengerti tentang gender dan responsive gender, namun belum mengimplementasikan dalam program kerja, dan hasil post test ternyata para peserta pelatihan dari perwakilan dinas Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, dan Sleman merasa puas dengan materi, metode, narasumber. Hasil pelatihan PUG-ARG dapat diimplementasikan di dinas masing-masing. Model ini dapat memperlancar dalam proses komunikasi pembuatan program kerja yang responsive gender dan diimplementasikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program, serta didukung oleh personil di semua dinas yang memiliki pengetahuan memadai tentang PUG, demi keharmonisan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di pemerintahan Provinsi DIY.


Keywords


komunikasi gender, Pengarusutamaan gender (PUG), Anggaran responsive gender (ARG)

References


Aksara, LSM, 2010, Alat-Alat Analisa Anggaran. Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) kerjasama LPPM UPN- BPPM DIY, 4-5 Agustus 2010.

Aksara, LSM, 2010, Sex dan Gender : Jenis Kelamin Sosial dan Biologis, Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) kerjasama LPPM UPN-BPPM DIY, 4-5 Agustus 2010.

Aksara, LSM, 2010, Indikator Anggaran Responsif Gender. Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) kerjasama LPPM UPN-BPPM DIY, 4-5 Agustus 2010.

Basalama, Nonny, 2010, An Analysis of Communication Difficulties Across Culture and Gender, Jurnal INOVASI, Volume 7, Nomor 2, Juni 2010 ISSN 1693- 9034.

BPPM, 2009, Laporan Pelaksanaan Sosialisasi yang Terkait dengan Kesetaraan dan Keadilan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi DIY, BPPM, Yogyakarta.

Dewi, Machya Astuti, 2009, Media Massa dan Penyebaran Isu Perempuan, Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi B, Volume 7 Nomor 3.

Griffin, EM., 2006, A First Look At Communication Theory, Mc Graw Hill, New York. IDEA, 2007, Diskusi 16 Hari Tanpa kekerasan, Kantor Pemberdayaan Perempuan, Yogyakarta, 10 Desember 2007.

Lestari, Machya, dan June, 2009, Kendala Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam rangka Otonomi Daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Laporan penelitian Hibah Kompetitif sesuai Prioritas nasional Batch I.

Partini, 2004, Potret Keterlibatan Perempuan dalam Pelayanan Publik di Era Otonomi Daerah dalam Jurnal Ilmu Sosial Ilmu Politik, Volume 7, Nomor 3.

Silawati, Hartian, 2006, Pengarusutamaan Gender: Mulai dari Mana? dalam Jurnal Perempuan, Edisi 50.

Soeparman, Surjadi, 2006, Mengapa Gender-mainstreaming Menjadi Aksi Nasional? dalam Jurnal Perempuan, Edisi 50.

Subiyantoro, Eko Bambang, 2006, Mengintip Perspektif Gender Dalam Dokumen APBD dalam Jurnal Perempuan edisi 46.

Sulistyo, Susilo Budhi & Dati Fatimah, 2010, Potret Yogyakarta dan Isu Kesenjangan Gender, LSM AKSARA, Yogyakarta.

Zakiyah, Wasingatu, 2009, Sekilas Tentang Gender Budget: Bahan Pemantik Workshop Analisis PUG Bidang Kesejahteraan Sosial, IDEA, Yogyakarta.

West, Richard & Lynn H.Turner, 2007, Introducing Communication Theory, McGraw- HillCompanies.NewYork.

West, Richard & Lynn H.Turner, 2008, Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, buku 2, Terjemahan, Editor Nina Setyaningsih, Penerbit Salemba Humanika, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v8i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats