Manajemen Penyiaran Berita di Radio Dakta Bekasi dalam Pemenuhan Informasi Pendengar

Intan Ikhtiarti Wilti, Aminah Swarnawati

Abstract


Proses penyiaran berita di radio tidak terlepas dari pelaksanaan manajemen penyiaran. Radio Dakta merupakan radio yang presentasenya paling tinggi dalam menyiarkan jenis informasi sebanyak 60%. Radio Dakta merupakan radio yang turut berperan aktif dalam bekerjasama dengan pemerintah serta instansi lainnya untuk menyajikan berbagai informasi ter-uptodate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penyiaran berita di radio Dakta dalam pemenuhan informasi pendengar serta faktor pendukung dan penghambat. Pendekatan penelitian adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen penyiaran berita radio Dakta dilakukan dengan baik. Proses manajemen penyiaran berita radio Dakta dilakukan perencanaan yang meliputi pencarian berita, penyusunan berita, pembagian berita, pelaksana penyiaran berita, tujuan penyiaran berita dan menentukan sasaran. Pengorganisasian meliputi departemenlisasi radio dan pembagian kerja. Pengarahan dan memberikan pengaruh yang meliputi motivasi, komunikasi, kepemimpinan dan pelatihan. Pengawasan yang meliputi evaluasi yang dilakukan internal dan external. Kontribusi penelitian ini memberi pemahaman cara manajemen penyiaran di sebuah radio terkait penyajian informasi-informasi yang sesuai kaidah dalam pemenuhan informasi pendengar.


Keywords


Berita, Manajemen Penyiaran, Pemenuhan Informasi, Radio

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. (2015). Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik. AT-TABSYIR : Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(2), 233-254. Doi: 10.21043/attabsyir.v3i2.1646

Alfansyur, A., Mariyani. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Andriani, Y., Putri, K.Y.S. (2020). Pengaruh Situs Berita Online.Com Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Selama Masa Pandemi Covid 19 Pada Mahasiswa Ilmu Komuikasi FIS UNJ Angkatan 2019. Jurnal Komunikasi dan Budaya, 02(1), 232-239. https://doi.org/10.54895/jkb.v2i1.788

Astuti, Indra S. (2013). Jurnalisme Radio: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Chandra, F. S., (2017). Kepuasan Pengguna Jejaring Sosial LinkedIn sebagai Jejaring Sosial yang Berorientasi pada Dunia Bisnis dan Profesional di Indonesia. Jurnal E-Komunikasi, 5(2), 1-11. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/7079

Christina, T. E., Nuraeni, R. (2018). Peran Siaran Radio Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi Bagi Orangtua Untuk Anak (Studi Kasus Pada Program Siaran Breakfast Club di Mom and Kids Radio. Dialektika : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1-11. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialektika/article/view/29

Dalem, A.A., & Lay, L.N. (2019). Manajemen Media Penyiaran Radio Televisi Timor Leste Sebagai Lembaga Penyiaran Publik. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi, 18(1), 36-42. https://doi.org/10.46650/jkik.18.1.870.36-42

Defhany. (2017). Manajemen Media Penyiaran Radio Mora FM Dalam Meningkatkan Kualitas Program Siaran Radio Di Era New Media. Jurnal Ranah Komunikasi, 01(1), 33-42. https://doi.org/10.25077/rk.1.2.33-42.2017

Emzir. (2012). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta Rajawali Pers

Hasmawati, F. (2018). Manajemen Dalam Komunikasi. Al-Idarah, V (6), 76-86. http://dx.doi.org/10.37064/ai.v5i6.4830

Humaizi, M.A. (2018). Uses and Gratifications Theory. USU Press. Medan

Karunia, H., Ashri, N., Irwansyah, Dr. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial: Studi Pada Teori Use and Gratification. Jurnal Teknologi dan Informasi Bisnis, 3(1),92-104. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.187

Morissan, M.A. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nasution, N. (2018). Strategi Manajemen Penyiaran Radio Swasta Kiss fm Dalam Menghadapi Persaingan Informasi Digital. Jurnal Interaksi, 2(2), 145-156. http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v2i2.2094

Nasor, M. (2017). Optimalisasi Fungsi Radio Sebagai Media Dakwah. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 12(1), 105-128. https://doi.org/10.24042/ajsla.v12i1.1447

Prabowo, G, A., et al. (2013). Strategi Segmentasi dan Positioning Radio Global FM Jogja Dalam Merebut Pangsa Pasar. Jurnal Ilmu Komunikasi : UPN, 11(2), 167-177. https://doi.org/10.31315/jik.v11i2.3798

Prasanti, D. (2018). Penggunaan media komunikasi bagi remaja perempuan dalam pencarian informasi kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1), 13-21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Rahman, F.W., & Prawiradiredja, S. (2017). Manajemen Penyiaran Radio DCS FM Dalam Mempertahankan Program Classic Oldies Di Kalangan Pecinta Musik Di Madiun. ETTISAL : Journal of Communication, 2(2), 43-50. http://dx.doi.org/10.21111/ettisal.v212.1483

Riinawati. (2019). Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Yogyakarta : Pustaka Baru.

Rochim, A. (2021). Manajemen Radio Swasta Jodhipati FM Dalam Pelestarian Budaya Jawa di Nganjuk. e-journal unesa, 04(03), 21-30. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/42155

Romli, A.S. (2017). Manajemen Program & Teknik Produksi Siaran Radio. Bandung : Penerbit Nuansa

Sandra, K. I. (2018). Efektifitas Penyiaran Berita Melalui Radio Di Kalangan Generasi Z (Rentang Usia 16-23 Tahun). Jurnal Diklat Keagamaan, 12(2), 149-155.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : Pustaka Setia

Veronita, M., Ruthnia, F., Wiryawan, H. (2013). Manajemen Radio Untuk Mengelola Pendengar Anak Muda (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Manajemen Penyiaran Di Solo Radio). Jurnal Komunitas Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Surakarta, 2(2). https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JKOM/article/view/117




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v21i3.8314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats