Pengalihan Isu Coca Cola dalam Anthem FIFA World Cup South Africa 2010, Wavin’ Flag Celebration Mix
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v10i1.85Keywords:
manajemen isu, wacana lagu, isu negatif, opini negatif.Abstract
Peneliti mencurigai bahwa dipilihnya lagu Wavin’ Flag Celebration Mix sebagai anthem FIFA World Cup South Africa 2010 merupakan sebuah produk manajemen isu The Coca Cola Company (Coca Cola) dalam upaya mempertahankan citra dirinya di mata publik. Pesan yang terkandung dalam lagu tema Piala Dunia tersebut menghilangkan “ruh” lagu Wavin’ Flag yang asli serta berusaha mengasosiasikannya beserta penuturnya, K’naan, dengan Coca Cola. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecurigaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretif terhadap keseluruhan anthem FIFA World Cup South Africa 2010. Analisis data mengacu pada kerangka analisis Van Dijk dengan pendekatan kritis. Peneliti menemukan bahwa komunikasi yang dilakukan Coca Cola melalui lagu Wavin’ Flag Celebration Mix bermaksud memunculkan isu tandingan bagi isu laten negatif Coca Cola yang berpotensi muncul kembali sebagai dampak dari isu kemanusiaan yang diusung K’naan dalam versi asli lagu tersebut. Disampaikan melalui media yang efektif dan pemanfaatan momentum yang baik, Wavin’ Flag Celebration Mix pada akhirnya berhasil mengalihkan perhatian publik dari kemungkinan isu negatif tentang Coca Cola serta menghindarkan perusahaan tersebut dari opini negatif publik.References
African Connection (African Music|African Drums| African Culture), African Drums, http:// www.africanconnection.com.au/productspage/africandru-m-s-/, diakses pada 15 Oktober 2010.
Agustin, Sari Monik, 2009, Foucault dan Komunikasi, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 7, nomor 3, September-Desember 2009, Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.
Darma, Yoce Aliah, 2009, Analisis Wacana Kritis, Yrama Widya, Bandung.
Devito, Joseph A., 1997, Komunikasi Antarmanusia (Kuliah Dasar), Professional Books, Jakarta.
Djajasudarma, T. Fatimah, 2006, Wacana: Pemahaman dan Hubungan Antarunsur, Refika Aditama, Bandung.
Herman, Achmad atau Nurdiansa, Jimmy, 2010, Analisis Framing Pemberitaan Konflik Israel-Palestina dalam Harian Kompas dan Radar Sulteng, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8, nomor 2, Mei-Agustus 2010, Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.
Hikmawan, Hubungan Amerika Serikat-Israel: Ladang Implementasi Realisme (jurnal), Community for Middle Eastern Studies, http://conformeast.multiply.-com/-journal/ item/10 (27/12/2005), diakses pada 10 Oktober 2010.
Keinan Abdi Warsame (K’naan), Talking Back to The Empire: from Mogadishu to Rexdale and Back Again (artikel), NOW Magazine, 22 Mei 2010, http://www. -nowtoronto.com/news/story.cfm? content=156808, diakses pada 5 Juli 2010.
K’naan, from Mogadishu to The Global Stage (tayangan wawancara dalam program “Need to Know” oleh PBS atau Public Broadcasting Service), diperoleh peneliti dari situs YouTube, diperoleh dari situs Youtube pada 6 Juli 2010.
K’naan: I’ve Never Smoked Weed (Not Even with Marleys), (HardKnock TV Exclusive Interview with
K’naan, by Nick Huff), diperoleh dari situs YouTube pada 6 Juli 2010. K’naan: What It’s Like in Somalia dalam tayangan wawancara yang diproduksi oleh Davey D., (www.Daveyd.com), diperoleh dari situs YouTube pada 6 Juli 2010.
Mantle, Jonathan, 2009, Perusahaan yang Mengubah Dunia, Esensi, Bandung.
Music Interview: K’naan Transcription (salinan hasil wawancara antara Alan Cho dengan
K’naan; Gauntlet Entertainment, 21 Juli 2005), http://thegauntlet.-ca/-story/5719, diakses pada 4 Juli 2010.
Prayudi, 2007, Manajemen Isu dan Tantangan Masa Depan, Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 4 Nomor 1, Juni 2007, Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.
Prince, David J. How K’naan’s Song Became Coca Cola’s World Cup Soundtrack (Billboard.com, 9 Juni 2010), http://www. billboard.com/features/how-k-naan-ssong-became-coca-cola-s-world1004096346.story, diakses pada 19 Juni 2010.
Scribd. Macam-macam Majas (Gaya Bahasa). http:// www.scribd.com/doc/7943165/ -Macam-Macam-Majas-Gaya-Bahasa+ jenis-jenis+majas&cd=3&hl=id&ct =-clnk&-gl-=-id -(13/11/2008), diakses pada 1 Oktober 2010.
Sobur, Alex, 2006, Analisis Teks Media (Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing,Remaja Rosdakarya, Bandung.
Somali Pirates:There is a reason Why This Started (HardKnock TV Exclusive with K’naan, by Nick Huff), diperoleh dari situs YouTube pada 6 Juli 2010.
Steedman, Scott, Wavin’ The Flag for Africa, and Coke (The Tyee – Arts and Culture, 10 Juni 2010), http://thetyee.ca/Arts AndCulture/2010/06/17/WavinThe-Flag/, diakses pada 17 Juni 2010.
Sumarlam, Agnes Adhani, dan A. Indratmo (editor), 2004, Analisis Wacana (Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama), Pakar Raya, Bandung.
The Coca Cola Company (Coca Cola United States). www.coca-cola.com.
The Schmooze (situs berita online Israel), Companies That Support Israel Deserve Your Patronage (surat). http://schmoozenews -.-com/-letters38.html (March 6, 2008), diakses pada 9 Oktober 2010.
Thomson, A.J. dan A.V. Martinet, 1995, A Practical English Grammar (Fourth and Low-Priced Edition), Oxford University Press, Oxford.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.