Pengalihan Isu Coca Cola dalam Anthem FIFA World Cup South Africa 2010, Wavin’ Flag Celebration Mix

Devi Anggraini Oktavika, Frida Kusumastuti, Nurudin Nurudin

Abstract


Peneliti mencurigai bahwa dipilihnya lagu Wavin’ Flag Celebration Mix sebagai anthem FIFA World Cup South Africa 2010 merupakan sebuah produk manajemen isu The Coca Cola Company (Coca Cola) dalam upaya mempertahankan citra dirinya di mata publik. Pesan yang terkandung dalam lagu tema Piala Dunia tersebut menghilangkan “ruh” lagu Wavin’ Flag yang asli serta berusaha mengasosiasikannya beserta penuturnya, K’naan, dengan Coca Cola. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecurigaan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif interpretif terhadap keseluruhan anthem FIFA World Cup South Africa 2010. Analisis data mengacu pada kerangka analisis Van Dijk dengan pendekatan kritis. Peneliti menemukan bahwa komunikasi yang dilakukan Coca Cola melalui lagu Wavin’ Flag Celebration Mix bermaksud memunculkan isu tandingan bagi isu laten negatif Coca Cola yang berpotensi muncul kembali sebagai dampak dari isu kemanusiaan yang diusung K’naan dalam versi asli lagu tersebut. Disampaikan melalui media yang efektif dan pemanfaatan momentum yang baik, Wavin’ Flag Celebration Mix pada akhirnya berhasil mengalihkan perhatian publik dari kemungkinan isu negatif tentang Coca Cola serta menghindarkan perusahaan tersebut dari opini negatif publik.

Keywords


manajemen isu, wacana lagu, isu negatif, opini negatif.

References


African Connection (African Music|African Drums| African Culture), African Drums, http:// www.africanconnection.com.au/productspage/africandru-m-s-/, diakses pada 15 Oktober 2010.

Agustin, Sari Monik, 2009, Foucault dan Komunikasi, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 7, nomor 3, September-Desember 2009, Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Darma, Yoce Aliah, 2009, Analisis Wacana Kritis, Yrama Widya, Bandung.

Devito, Joseph A., 1997, Komunikasi Antarmanusia (Kuliah Dasar), Professional Books, Jakarta.

Djajasudarma, T. Fatimah, 2006, Wacana: Pemahaman dan Hubungan Antarunsur, Refika Aditama, Bandung.

Herman, Achmad atau Nurdiansa, Jimmy, 2010, Analisis Framing Pemberitaan Konflik Israel-Palestina dalam Harian Kompas dan Radar Sulteng, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8, nomor 2, Mei-Agustus 2010, Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Hikmawan, Hubungan Amerika Serikat-Israel: Ladang Implementasi Realisme (jurnal), Community for Middle Eastern Studies, http://conformeast.multiply.-com/-journal/ item/10 (27/12/2005), diakses pada 10 Oktober 2010.

Keinan Abdi Warsame (K’naan), Talking Back to The Empire: from Mogadishu to Rexdale and Back Again (artikel), NOW Magazine, 22 Mei 2010, http://www. -nowtoronto.com/news/story.cfm? content=156808, diakses pada 5 Juli 2010.

K’naan, from Mogadishu to The Global Stage (tayangan wawancara dalam program “Need to Know” oleh PBS atau Public Broadcasting Service), diperoleh peneliti dari situs YouTube, diperoleh dari situs Youtube pada 6 Juli 2010.

K’naan: I’ve Never Smoked Weed (Not Even with Marleys), (HardKnock TV Exclusive Interview with

K’naan, by Nick Huff), diperoleh dari situs YouTube pada 6 Juli 2010. K’naan: What It’s Like in Somalia dalam tayangan wawancara yang diproduksi oleh Davey D., (www.Daveyd.com), diperoleh dari situs YouTube pada 6 Juli 2010.

Mantle, Jonathan, 2009, Perusahaan yang Mengubah Dunia, Esensi, Bandung.

Music Interview: K’naan Transcription (salinan hasil wawancara antara Alan Cho dengan

K’naan; Gauntlet Entertainment, 21 Juli 2005), http://thegauntlet.-ca/-story/5719, diakses pada 4 Juli 2010.

Prayudi, 2007, Manajemen Isu dan Tantangan Masa Depan, Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 4 Nomor 1, Juni 2007, Jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Prince, David J. How K’naan’s Song Became Coca Cola’s World Cup Soundtrack (Billboard.com, 9 Juni 2010), http://www. billboard.com/features/how-k-naan-ssong-became-coca-cola-s-world1004096346.story, diakses pada 19 Juni 2010.

Scribd. Macam-macam Majas (Gaya Bahasa). http:// www.scribd.com/doc/7943165/ -Macam-Macam-Majas-Gaya-Bahasa+ jenis-jenis+majas&cd=3&hl=id&ct =-clnk&-gl-=-id -(13/11/2008), diakses pada 1 Oktober 2010.

Sobur, Alex, 2006, Analisis Teks Media (Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing,Remaja Rosdakarya, Bandung.

Somali Pirates:There is a reason Why This Started (HardKnock TV Exclusive with K’naan, by Nick Huff), diperoleh dari situs YouTube pada 6 Juli 2010.

Steedman, Scott, Wavin’ The Flag for Africa, and Coke (The Tyee – Arts and Culture, 10 Juni 2010), http://thetyee.ca/Arts AndCulture/2010/06/17/WavinThe-Flag/, diakses pada 17 Juni 2010.

Sumarlam, Agnes Adhani, dan A. Indratmo (editor), 2004, Analisis Wacana (Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama), Pakar Raya, Bandung.

The Coca Cola Company (Coca Cola United States). www.coca-cola.com.

The Schmooze (situs berita online Israel), Companies That Support Israel Deserve Your Patronage (surat). http://schmoozenews -.-com/-letters38.html (March 6, 2008), diakses pada 9 Oktober 2010.

Thomson, A.J. dan A.V. Martinet, 1995, A Practical English Grammar (Fourth and Low-Priced Edition), Oxford University Press, Oxford.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v10i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats