Pseudo Power Tiga Periode pada Jaringan Komunikasi Islam Tradisional dan Modern di Media Sosial Twitter
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v21i2.9932Keywords:
Analisis Jaringan Komunikasi, ASIGTA, Islam, NodeXL, TwitterAbstract
Isu tiga (3) periode digulirkan elit partai politik Muhaimin Iskandar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Zulkifli Hasan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), memiliki kedekatan sejarah dengan dua ormas besar Islam di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Isu juga dibicarakan oleh follower Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Perkembangan isu tiga (3) periode dapat dipahami melalui media sosial yang selama ini sulit diukur melalui metode tradisional (survei). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perkembangan isu dan mengidentifikasi jaringan Islam Tradisional dan Modern di media sosial Twitter. Metode penelitian menggunakan metode riset sosial berbasis big data dengan analisis jaringan komunikasi. Menggunakan kata kunci “tiga (3) periode” melalui NodeXL dan ASIGTA teridentifikasi 12.818 pengguna membentuk 43.913 hubungan dalam sembilan (9) relasi percakapan. Hasil penelitian menemukan Top Influencer yaitu @jokowi, @fahmiagustian, @nephilaxmus, @andiarief__, @bachrum_achmadi, @jimlyas, @democrazymedia, @goel578, @cnnindonesia dan @_ekokuntadhi. Aktor Islam Tradisional 8,65%, Islam Modern 12,75%, Nusantara Berkemajuan 5,01%, dan Alternatif 73,59%. Pembicaraan Islam Tradisional 8,23%, Islam Modern 16,09%, Nusantara Berkemajuan 6,13%, dan Alternatif 69,55%. Sentimen percakapan negatif sebesar 44,05%, netral sebesar 25,49%, dan positif sebesar 30,46% menunjukkan mayoritas penolakan dan ketidaksetujuan. Penelitian ini memberi kontribusi terbentuknya isu dan dipengaruhi oleh berbagai faktor pada ruang kontestasi media sosial Twitter.References
Ali, M. (2022, February). Ketua Umum PBNU: Usulan Penundaan Pemilu, Saya Rasa Masuk Akal. Liputan6.Com.
Alvin, S. (2022). Luhut Pandjaitan dan Klaim soal Big Data. Kompas.Com.
Bush, R. (2009). Nahdlatul Ulama and the Struggle for Power within Islam and Politics in Indonesia. In Books and Monographs. ISEAS–Yusof Ishak Institute. https://doi.org/DOI:
Castells, M. (2010). The Rise of the Network Society. Blackwell Publishing. https://doi.org/10.1002/9781444319514
Clauset, A., Newman, M. E. J., & Moore, C. (2004). Finding community structure in very large networks. Physical Review E, 70(6), 66111. https://doi.org/10.1103/PhysRevE.70.066111
Detik. (2022, March). Beda Sikap NU dan Muhammadiyah soal Usul Penundaan Pemilu 2024. Detik.Com.
Fikri, M., Rahmanto, A., & Suparno, B. A. (2020). Jaringan Komunikasi tentang Isu Polemik Audisi Perkumpulan Bulutangkis Djarum tahun 2019 di Twitter. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 194. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3552
Foucault, M. (1980). Power/Knowledge: Selected Interviews and Other Writings, 1972-1977. Phanteon Books.
Foucault, M., & Sheridan, A. (2002). Archaeology of Knowledge. Routledge.
Gilardi, F., Gessler, T., Kubli, M., & Müller, S. (2022). Social Media and Political Agenda Setting. Political Communication, 39(1), 39–60. https://doi.org/10.1080/10584609.2021.1910390
Hansen, D. L., Shneiderman, B., & Smith, M. A. (2011). Analyzing Social Media Networks With Nodexl Insights from a connected world (1st ed.). Morgan Kaufmann.
Hapsari, D. R., Sarwono, B. K., & Eriyanto, E. (2018). Jaringan Komunikasi Dalam Partisipasi Gerakan Sosial Lingkungan: Studi Pengaruh Sentralitas Jaringan terhadap Partisipasi Gerakan Sosial Tolak Pabrik Semen Pada Komunitas Adat Samin di Pati Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.7454/jki.v6i2.8712
Hasfi, N., Usmand, S., & Santoso, H. P. (2017). Anonimitas di Media Sosial: Sarana Kebebasan Berekspresi atau Patologi Demokrasi? Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 28. https://doi.org/10.31315/jik.v15i1.2152
Hassan, R. (2003). Media , Politics and the Network Society. In Politics.
Iatridis, T., Gkinopoulos, T., & Kadianaki, I. (2023). Ideological Contestation on Twitter Over Diversity: Constructions of Diversity as Clashing Projects. Political Psychology, 44(3), 647–665. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/pops.12862
Ichwan, M. N. (2020). Islam Tradisionalis dan Modernis: Telaah Historis atas Tipologi Masyarakat Islam Indonesia. UIN Walisongo Semarang.
Indonesia, I. P. (2022). Rilis Survei Indikator: Pemulihan Ekonomi Pasca-COVID, Pandemic Fatigue, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu 2024.
Kwak, J. A., & Cho, S. K. (2018). Analyzing public opinion with social media data during election periods: A selective literature review. Asian Journal for Public Opinion Research, 5(4), 285–301. https://doi.org/10.15206/ajpor.2018.5.4.285
Murwani, E. (2017). Literasi Budaya Partisipatif Penggunaan Media Baru pada Siswa SMA di DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 48. https://doi.org/10.31315/jik.v15i1.2154
Nugrahajati, S. D., Soeprapto, A., & Loy, N. (2022). Konten Pesan Pemilihan Umum dalam Perspektif Pemilih Pemula. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(3), 367. https://doi.org/10.31315/jik.v20i3.8239
O’Connor, B., Balasubramanyan, R., Routledge, B. R., & Smith, N. A. (2010). From Tweets to Polls: Linking Text Sentiment to Public Opinion Time Series. Proceedings of the Fourth International AAAI Conference on Weblogs and Social Media.
Poerwoto, Y. L. (2022). Tito Karnavian Tanggapi soal Perpanjang Masa Jabatan Presiden, Sebut UUD 1945 Bukan Kitab Suci.
Rachman, A. (2022, April). KontraS: Wacana Jokowi 3 Periode Berakhir Jika Menteri yang Menyuarakan Dicopot. Tempo.Co.
Suratnoaji, C., & Arianto, I. D. (2021). Metode Riset Sosial berbasis Big Data. Penerbit Erlangga.
Suratnoaji, C., Nurhadi, & Arianto, I. D. (2020). Public opinion on lockdown (PSBB) policy in overcoming covid-19 pandemic in indonesia: Analysis based on big data twitter. Asian Journal for Public Opinion Research, 8(3), 393–406. https://doi.org/10.15206/ajpor.2020.8.3.393
Wasserman, & Faust, S. (1994). Social Network Analysis: Methods and Applications (Structural Analysis in the Social Sciences). Cambridge University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.