Pseudo Power Tiga Periode pada Jaringan Komunikasi Islam Tradisional dan Modern di Media Sosial Twitter

Irwan Dwi Arianto, Rachmah Ida, Kacung Marijan

Abstract


Isu tiga (3) periode digulirkan elit partai politik Muhaimin Iskandar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Zulkifli Hasan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), memiliki kedekatan sejarah dengan dua ormas besar Islam di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Isu juga dibicarakan oleh follower Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Perkembangan isu tiga (3) periode dapat dipahami melalui media sosial yang selama ini sulit diukur melalui metode tradisional (survei). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perkembangan isu dan mengidentifikasi jaringan Islam Tradisional dan Modern di media sosial Twitter. Metode penelitian menggunakan metode riset sosial berbasis big data dengan analisis jaringan komunikasi. Menggunakan kata kunci “tiga (3) periode” melalui NodeXL dan ASIGTA teridentifikasi 12.818 pengguna membentuk 43.913 hubungan dalam sembilan (9) relasi percakapan. Hasil penelitian menemukan Top Influencer yaitu @jokowi, @fahmiagustian, @nephilaxmus, @andiarief__, @bachrum_achmadi, @jimlyas, @democrazymedia, @goel578, @cnnindonesia dan @_ekokuntadhi. Aktor Islam Tradisional 8,65%, Islam Modern 12,75%, Nusantara Berkemajuan 5,01%, dan Alternatif 73,59%. Pembicaraan Islam Tradisional 8,23%, Islam Modern 16,09%, Nusantara Berkemajuan 6,13%, dan Alternatif 69,55%. Sentimen percakapan negatif sebesar 44,05%, netral sebesar 25,49%, dan positif sebesar 30,46% menunjukkan mayoritas penolakan dan ketidaksetujuan. Penelitian ini memberi kontribusi terbentuknya isu dan dipengaruhi oleh berbagai faktor pada ruang kontestasi media sosial Twitter.

Keywords


Analisis Jaringan Komunikasi; ASIGTA; Islam; NodeXL; Twitter

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2022, February). Ketua Umum PBNU: Usulan Penundaan Pemilu, Saya Rasa Masuk Akal. Liputan6.Com.

Alvin, S. (2022). Luhut Pandjaitan dan Klaim soal Big Data. Kompas.Com.

Bush, R. (2009). Nahdlatul Ulama and the Struggle for Power within Islam and Politics in Indonesia. In Books and Monographs. ISEAS–Yusof Ishak Institute. https://doi.org/DOI:

Castells, M. (2010). The Rise of the Network Society. Blackwell Publishing. https://doi.org/10.1002/9781444319514

Clauset, A., Newman, M. E. J., & Moore, C. (2004). Finding community structure in very large networks. Physical Review E, 70(6), 66111. https://doi.org/10.1103/PhysRevE.70.066111

Detik. (2022, March). Beda Sikap NU dan Muhammadiyah soal Usul Penundaan Pemilu 2024. Detik.Com.

Fikri, M., Rahmanto, A., & Suparno, B. A. (2020). Jaringan Komunikasi tentang Isu Polemik Audisi Perkumpulan Bulutangkis Djarum tahun 2019 di Twitter. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 194. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3552

Foucault, M. (1980). Power/Knowledge: Selected Interviews and Other Writings, 1972-1977. Phanteon Books.

Foucault, M., & Sheridan, A. (2002). Archaeology of Knowledge. Routledge.

Gilardi, F., Gessler, T., Kubli, M., & Müller, S. (2022). Social Media and Political Agenda Setting. Political Communication, 39(1), 39–60. https://doi.org/10.1080/10584609.2021.1910390

Hansen, D. L., Shneiderman, B., & Smith, M. A. (2011). Analyzing Social Media Networks With Nodexl Insights from a connected world (1st ed.). Morgan Kaufmann.

Hapsari, D. R., Sarwono, B. K., & Eriyanto, E. (2018). Jaringan Komunikasi Dalam Partisipasi Gerakan Sosial Lingkungan: Studi Pengaruh Sentralitas Jaringan terhadap Partisipasi Gerakan Sosial Tolak Pabrik Semen Pada Komunitas Adat Samin di Pati Jawa Tengah. Jurnal Komunikasi Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.7454/jki.v6i2.8712

Hasfi, N., Usmand, S., & Santoso, H. P. (2017). Anonimitas di Media Sosial: Sarana Kebebasan Berekspresi atau Patologi Demokrasi? Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 28. https://doi.org/10.31315/jik.v15i1.2152

Hassan, R. (2003). Media , Politics and the Network Society. In Politics.

Iatridis, T., Gkinopoulos, T., & Kadianaki, I. (2023). Ideological Contestation on Twitter Over Diversity: Constructions of Diversity as Clashing Projects. Political Psychology, 44(3), 647–665. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/pops.12862

Ichwan, M. N. (2020). Islam Tradisionalis dan Modernis: Telaah Historis atas Tipologi Masyarakat Islam Indonesia. UIN Walisongo Semarang.

Indonesia, I. P. (2022). Rilis Survei Indikator: Pemulihan Ekonomi Pasca-COVID, Pandemic Fatigue, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu 2024.

Kwak, J. A., & Cho, S. K. (2018). Analyzing public opinion with social media data during election periods: A selective literature review. Asian Journal for Public Opinion Research, 5(4), 285–301. https://doi.org/10.15206/ajpor.2018.5.4.285

Murwani, E. (2017). Literasi Budaya Partisipatif Penggunaan Media Baru pada Siswa SMA di DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 48. https://doi.org/10.31315/jik.v15i1.2154

Nugrahajati, S. D., Soeprapto, A., & Loy, N. (2022). Konten Pesan Pemilihan Umum dalam Perspektif Pemilih Pemula. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(3), 367. https://doi.org/10.31315/jik.v20i3.8239

O’Connor, B., Balasubramanyan, R., Routledge, B. R., & Smith, N. A. (2010). From Tweets to Polls: Linking Text Sentiment to Public Opinion Time Series. Proceedings of the Fourth International AAAI Conference on Weblogs and Social Media.

Poerwoto, Y. L. (2022). Tito Karnavian Tanggapi soal Perpanjang Masa Jabatan Presiden, Sebut UUD 1945 Bukan Kitab Suci.

Rachman, A. (2022, April). KontraS: Wacana Jokowi 3 Periode Berakhir Jika Menteri yang Menyuarakan Dicopot. Tempo.Co.

Suratnoaji, C., & Arianto, I. D. (2021). Metode Riset Sosial berbasis Big Data. Penerbit Erlangga.

Suratnoaji, C., Nurhadi, & Arianto, I. D. (2020). Public opinion on lockdown (PSBB) policy in overcoming covid-19 pandemic in indonesia: Analysis based on big data twitter. Asian Journal for Public Opinion Research, 8(3), 393–406. https://doi.org/10.15206/ajpor.2020.8.3.393

Wasserman, & Faust, S. (1994). Social Network Analysis: Methods and Applications (Structural Analysis in the Social Sciences). Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v21i2.9932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats