PERENCANAAN KEBUTUHAN KAPASITAS PRODUKSI PADA SP ALUMINIUM

Wawan K Risal, Puryani Puryani, Eko Nursubiyantoro

Abstract


PT SP Aluminium merupakan perusahaan manufaktur yang khusus memproduksi perlengkapan dapur, seperti wajan, panci, dan sebagainya. Strategi pemenuhan permintaan dilakukan dengan strategi produksi make to stock. Bahan baku utama yang digunakan untuk memproduksi produk-produk tersebut adalah aluminium. Pemasaran produk SP aluminum dilakukan melalui berbagai distributor di berbagai daerah dengan menyuplai wajan yang dipesan oleh para distributor sesuai dengan estimasi distributor terhadap permintaan wajan pada daerah masing-masing.
Tujuan penelitian agar perusahaan dapat melakukan perencanaan kebutuhan kapasitas produksi sesuai dengan kapasitas produksi yang tersedia pada lantai produksi sehingga mampu mendistribusikan wajan kepada distributor dalam jumlah yang tepat. Kekurangan kapasitas produksi yang terjadi dapat diambil kebijakan terbaik untuk mengatasi kekurangan kapasitas.
Hasil penelitian terjadi kekurangan kapasitas pada stasiun kerja Pencetakan Wajan Super ukuran 15 dan 16, Gerinda, Bubut, dan Polish. Kekurangan kapasitas yang terjadi diselesaikan terlebih dahulu dengan melakukan overtime selama tiga jam. Kemudian, kekurangan kapasitas yang masih terjadi pada stasiun kerja Bubut di periode delapan dan tiga puluh satu sebesar 68,43 menit dan 943,44 menit diselesaikan dengan cara mengsubkontrakkannya ke mitra perusahaan.


Keywords


Capacity Requirement Planning (CRP), overtime, subkontrak.

References


Bauer, A., Bowden, R., 1994, Shop Floor Control Systems : From Design to Implementation, Chapman & Hall, London.

Bowersox, D & Closs, D., 1996, Logistical Management : The Integrated Supply Chain Process, International ed., McGraw-Hill Book, Co., Singapore.

Fogarty, D., Blackstone, JR., J., 1991, Production & Inventory Management, 2nd ed., South-Western

Publishing Co., Ohio.

Gasperz, V., 2012, All-In-One : Production and Inventory Management for Supply Chain Professionals, edisi revisi., Vinchristo Publication, Bogor.

Narashiman, S., L., McLeavey, D., W., Billington, P., J., 1995, Production Planning and Inventory Control, Prentice-Hall, Inc., New Jersey.

Sheikh, K., 2002, Manufacturing Recource Planning (MRP II) With Introductio to ERP, SCM and CRM, International ed., McGraw-Hill, Co., Singapore.

Tersine, R., 1994, Priciples of Inventory and Materials Management, 4th ed., Prentice-Hall, Inc., New Jersey.




DOI: https://doi.org/10.31315/opsi.v10i1.2105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id

 

indexed by:

 
 
 


Lisensi Creative Commons
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.

View My Stats