PENENTUAN HARGA PRODUK PLYWOOD MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM

Nugroho Noto Susanto, Mochammad Chaeron, Sutrisno Sutrisno

Abstract


PT Mapan Wijaya adalah perusahaan yang memproduksi plywood. Plywood merupakan material papan yang tersusun dari beberapa lapis kayu melalui proses perekatan dan pemampatan tekanan tinggi. Harga pasar produk plywood sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen, jika daya konsumtif turun maka dapat terjadi penurunan harga pasar dan sebaliknya. PT. Mapan Wijaya dalam menentukan harga produk plywood hanya mengikuti keadaan harga pasar, tanpa mempertimbangkan informasi mengenai biaya produksi. Hal tersebut menyebabkan perusahaan tidak bisa mengetahui besarnya keuntungan secara pasti.

Tujuan penelitian ini adalah menentukan harga produk plywood secara  lebih akurat dengan mempertimbangkan informasi-informasi biaya di dalam proses produksi. Metode yang digunakan adalah Activity Based Costing (ABC) System dengan melakukan 7 langkah, yaitu: mengidentifikasi produk yang menjadi obyek biaya, menghitung biaya langsung produk plywood, memilih dasar pengalokasian biaya yang akan digunakan untuk mengalokasikan biaya tidak langsung ke produk plywood, mengidentifikasi biaya tidak langsung yang berkaitan dengan setiap dasar alokasi biaya, menghitung tarif per kubik dasar alokasi biaya guna mengalokasikan biaya tidak langsung ke produk, menghitung biaya tidak langsung yang dialokasikan ke produk plywood dan menghitung total biaya produk dengan menjumlahkan semua biaya.

Harga produk plywood dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC) System yang mempertimbangkan informasi-informasi dalam proses produksi adalah sebesar Rp 3.426.550,45 per meter kubik. 


Keywords


harga, plywood, Activity Based Costing System

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/opsi.v10i2.2109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id

 

indexed by:

 
 
 


Lisensi Creative Commons
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.

View My Stats