MINIMASI WASTE PADA AKTIVITAS PROSES PRODUKSI DENGAN KONSEP LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus di PT. Sport Glove Indonesia)

Trismi Ristyowati, Ahmad Muhsin, Putri Puji Nurani

Abstract


PT Sport Glove Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sarung tangan yang beralamat di Krandon Pendowoharjo, Sleman, Yogyakarta memiliki karakteristik make to order dalam proses produksinya. Dalam pemenuhan order harian, perusahaan sering tidak dapat mencapai target produksi, dikarenakan adanya pemborosan dalam proses produksi yang berupa cacat dan delay, sehingga dalam pemenuhan target produksi harian memerlukan waktu yang panjang, yang akhirnya melewati batas waktu dan target belum tercapai. Untuk itu penelitian ini bertujuan meminimasi wate aktivitas proses produksi agar target pemenuhan order apat tercapai.


Dalam upaya pemenuhan order tersebut, perlu adanya perbaikan pada proses produksi, salah satu pendekatan yang digunakan untuk perbaikan ini adalah meminimasi sumber-sumber waste yang ada. Lean manufacturing merupakan pendekatan untuk mengefisiensi sistem dengan meminimasi pemborosan (waste). Pendekatan ini dilakukan dengan cara memahami aliran informasi dan fisik pada lantai produksi yang dibuat dalam bentuk visual dalam bentuk value stream mapping.


Usulan perbaikan yang diberikan untuk meminimasi adanya waste cacat dan waiting pada proses produksi sarung tangan golf di PT Sport Glove Indonesia adalah penambahan pekerja pada proses jahit, kegiatan maintenance dalam bentuk preventive maintenance, melakukan pengawasan dan pengarahan kepada pekerja, dan memberi pelatihan kepada pekerja untuk meningkatan dan menyetarakan ketrampilan dan standar kerja.


Keywords


Lean manufacturing, Value stream mapping, waste, fishbone diagram

Full Text:

PDF

References


Akbar, F., 2011, Perancangan Lean Production System dengan Pendekatan Cost Integrated Value Stream Mapping. Jurnal Skripsi Sarjana TI UI, Depok, http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20293219-S1491-Perancangan%20lean.pdf. diakses 26 Agustus 2014.

Alwi, S., Hampson, K.D., dan Mohamed, S.A., 2002, Factors Influencing Contractor Performance in Indonesia: A Study of Non Value-Adding Activities., International Conference on Advancement in Design, Construction. Construction Management and Maintenance of Building Structure. Bali

Anonim., Pengertian cause and effect diagram fishbone,http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-cause-and-effect-diagram-fishbone-diagram-cara-membuat-ce/, diakses 11 April 2015

Anonim.,Waktu baku standar time, http://www.epaminternational.com/artikel/artikel-dunia-kerja/67-waktu-baku-standard-time.html, diakses 11 April 2015.

Batubara, S dan Kudsiah, F., Penetapan Konsep Lean Manufacturing untuk Meningkatkan Kapasitas Produski (Studi Kasus : Lantai Produksi PT Tata Bros Sejahtera. Jurnal Teknik Industri Universitas Trisakti,http://blog.trisakti.ac.id/jurnalti/files/2012/10/6_Penerapan-Konsep-Lean-Manufacturing_Sumiharni-B-dkk.pdf. Diakses 2 September 2015.

Daonil., 2012, Implementasi Lean Manufacturing Untuk Eliminasi Waste Pada Lini Produksi Machining Cast Wheel Dengan Menggunakan Metode Wam Dan Valsat. Tesis Magister FTI Universitas Indonesia, Depok. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20314567-T%2031216 Implementasi%20lean full%20text.pdf.diakses 10 Oktober 2015.

Gasperz, Vincent., 2007, Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utamas

Hines, P. and Rich, N., 1997, The seven value stream mapping tools. International Journal of Operations & Production Management, Vol. 17 No. 1, pp. 46-64.

Liker, Jeffrey K. 2004.The Toyota Way. Jakarta: Penerbit Erlangga

Mughni, Ahmad.,Penaksiran Waste pada Proses Produksi Sepatu dengan Waste Relationship Matrix. Jurnal Teknik Industri Universitas Trunojoyo. Madura.

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=134328&val=5637. Diakses 26 oktober 2015.

Ratnasari, Tri., 2014, Studi Mengenai Construction Waste Pada Proyek Konstruksi Di Surakarta. S1 Thesis, Uajy.

Rawabdeh, I., 2005, A model for the assessment of waste in job shop environments. International Journal of Operations & Production Management, Vol. 25 No. 8, pp. 800-822.

Resiandi., 2014, Penerapan Kosep Lean Manufacturing untuk Meminimasi Waste pada Lantai Produksi . Skripsi Sarjana FTI UPN “Veteran”. Yogyakarta

Sutalaksana, Z., R. Anggawisastra & J.H. Tjakraatmadja., 2006, Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung : ITB Press.

Tapping, D., T. Luyster & T. Shuker., 2002, Value Stream Management: Eight Steps to Planning, Mapping, and Sustaining Lean Improvement. New York :Productivity Press.

Wee, H.M and Simon Wu. 2009. Lean supply chain and its effect on product cost and quality: a case study on Ford Motor Company, Supply Chain Management: An International Journal 14/5 (2009) 335–341.

Womack, J. and Jones, D., 2003, Lean Thinking. New York: Simon & Schuster.

Wyandotte., 2004, Symbols for Value Stream Mapping. www.strategosinc.com. Diakses 10 Oktober 2015.




DOI: https://doi.org/10.31315/opsi.v10i1.2191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id

 

indexed by:

 
 
 


Lisensi Creative Commons
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.

View My Stats