USULAN PERBAIKAN TINGKAT PENCAHAYAAN PADA RUANG PRODUKSI GUNA PENINGKATAN OUTPUT PRODUK PEKERJA DENGAN PENDEKATAN TEKNIK TATA CARA KERJA

Shelfian Dumas Primadi, Dyah Rachmawati Lucitasari, Ahmad Muhsin

Abstract


PT XYZ Yogyakarta adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri plastik dengan hasil produksi  adalah botol plastik, jurigen, drum plastik, dan lain-lain. PT XYZ memiliki stasiun kerja ruang produksi khusus dimana terdapat 6 mesin utama dan setiap mesin terdapat 1 operator untuk menyeleksi kualitas produk. Masalah utama yang terjadi  adalah masih rendahnya nilai pencahayaan dalam ruangan produksi khusus yang ditandai dengan  pekerja yang mengeluhkan kelelahan mata. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki tingkat pencahayaan yang dibutuhkan guna meningkatkan output produk pekerja. Dalam penelitian ini digunakan penentuan tingkat pencahayaan di stasiun kerja ruang produksi khusus dan penentuan jumlah kebutuhan pencahayaan untuk meningkatkan produktivitas pekerja dengan pendekatan teknik tata cara kerja. Berdasarkan analisis hasil penelitian jumlah lampu yang sebaiknya dipasang adalah sejumlah 2 titik lampu penerangan dengan daya sebesar 90 watt, dimana saat ini terpasang pada saat ini adalah sejumlah 1 titik penerangan dengan daya 45 watt. Jumlah produksi per shift sebesar 16048 buah produk meningkat dari yang sebelumnya sebesar 13568 buah produk. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penilitian ini dapat meningkatkan output produksi perusahaan.


Keywords


nilai pencahayaan, teknik tata cara kerja, ouput produksi

Full Text:

PDF

References


Ashari, A. (2013) Kajian Terhadap Kenyamanan Ruang Teori Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Ditinjau Dari Pencahayaan Alami Dan Pencahayaan Campuran. Other thesis, Yogyakarta: Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta.

Dora, P.E. 2012. Hubungan Arah Pencahayaan Buatan Terhadap Kenyamanan dan Efisiensi Kerja. Surabaya: Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Petra Surabaya.

Firmansyah, F. 2010. Pengaruh Intensitas Penerangan Terhadap Kelelahan Mata pada Tenaga Kerja di Bagian Pengepakan PT IKAPHARMINDO PUTRAMAS Jakarta Timur. Surakarta: Program Diploma IV Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

KEPMENKES RI, 2002. Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja. http://hukum.unsrat.ac.id/men/menkes_1405_2002.pdf. Diakses pada Senin 11 Mei 2015.

Mafruhi, M.A. 2013. Perancangan Ulang Stasiun Kerja Produksi Berdasarkan Aspek Pencahayaan dengan Memanfaatkan Cahaya Alami. Yogyakarta: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Meliala, E.R. 2004. Hubungan Pencahayaan Dengan Produktivitas Kerja Penjahit Pada Salah Satu Konveksi Sektor Informal Di Kota Binjai Tahun 2004. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara.

Peoni, H. 2014. Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Taspen (Persero) Cabang Manado). Manado: Jurusan Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado.

Setiawan, H. 2013. Penentuan Jumlah Kebutuhan Luminer Pada Area Kerja Dengan Pendekatan Permanent Supplementary Artificial Lighting Installation (PSALI)(Studi Kasus di PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant). Yogyakarta: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Suhardi, B.2008. Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi Industri: Untuk SMK. Jakarta: Pusat Perbukuan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional.

Sutalaksana, Iftikar Z., Ruhana Anggawisastra, and John H. Tjakraatmadja. 1979. Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Laboratorium Tata Cara Kerja & Ergonomi Departemen Teknik Industri Institut Teknologi Bandung.

Wignjosoebroto, S. 2008. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja (Edisi Pertama Cetakan Keempat). Surabaya: Penerbit Guna Widya




DOI: https://doi.org/10.31315/opsi.v9i01.2192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id

 

indexed by:

 
 
 


Lisensi Creative Commons
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.

View My Stats