ANALISIS STRATEGI PEMBANGUNAN DESA WISATA DI SENTRA PENGRAJIN KERIS
DOI:
https://doi.org/10.31315/opsi.v11i1.2193Keywords:
Desa Wisata, Analisis SWOT, Dusun BanyumurupAbstract
Yogyakarta banyak memiliki potensi wisata baru, salah satunya adalah sentra pengrajin keris Banyumurup yang telah mengembangkan kerajinan tersebut sejak tahun 1950-an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi wisata yang dimiliki Dusun Banyumurup dan merancang strategi pengembangan desa wisata.
Metode yang digunakan untuk mengetahui strategi pengembangan yaitu melalui analisis SWOT dengan cara menganalisis faktor-faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dengan matriks EFAS dan IFAS. Matriks EFAS (External Factor Analysis Summary) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berupa peluang dan ancaman yang dihadapi. Matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berupa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui total nilai tertimbang matriks IFAS pengunjung sebesar 2,5073 . Total nilai tertimbang EFAS pengunjung sebesar 2,221. Faktor internal yang dimiliki yaitu suasana khas pedesaan, melihat proses pembuatan keris, pemandangan alam yang indah, keramahan masyarakat, terdapat bangunan bersejarah. Sedangakan faktor eksternal yaitu melestarikan budaya Jawa, meyerap tenaga kerja, pemanfaatan teknologi untuk media promosi, kesan positif dari wisatawan yang pernah berkunjung, perluasan segmen wisatawan dari berbagai minat seperti fotografi, pendidikan atau penelitian.
References
Darsiharjo, 2016, Strategi Pengembangan Wisata Minat Khusus Arum Jeram di Sungai Palayang. Jurnal Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UPI. Bandung
Desa Girirejo, 2016 , Peta Banyumurup, Pemerintahdesagirirejo.blogspot.co.id, diakses 3 Juni 2017.
Dharmawan, 2014, Strategi Pengembangan Desa Wisata di Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Jurnal Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udaya. Bali.
Dodi Widiyanto, 2008, Pengembangan Pariwisata Perdesaan (Suatu Usulan Strategi Bagi Desa Wisata Ketingan). Jurnal Program Studi Pembangunan Wilayah Fakultas Geografi UGM. Yogyakarta.
Elyarni Reca, 2016, Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Teknik Industri Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta.
Kusnanto , 2015, Makam Banyumurup Imogiri Bantul. Kusnantokarasan.com /makam-banyusumurup-imogiri-bantul/ , diakses: 11 Juni 2017.
Nur’aini, F., 2016. Teknik Analisis SWOT. Quadrant, Yogyakarta.
Prihtiyani, E., 2010,Persinggahan Sultan Agung, nasional.kompas.com/read/2010
diakses: 9 Juni 2017.
Rachmat, H.R., 2008, Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata Pantai Parangtritis Pasca Gempa Bumi dan Tsunami di Kabupaten Bantul, Program Studi Manajemen Bisnis dan Ekonomi Perikanan-Kelautan, ITB, Bogor.
Rangkuti, F., 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Selvia Maryam, 2011, Pendekatan SWOT Dalam Pengembangan Objek Wisata Kampoeng Djowo Sekatul, Kabupaten Kendal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following conditions:
- Copyright remains with the author and gives the Opsi journal the right as a priority to publish its articles with Creative Commons Attribution 4.0 International license. Which allows articles to be shared with acknowledgement of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute their articles on a non-exclusive basis (e.g. in university repositories or books) with notification or acknowledgement of publication in Opsi journals.
- Authors are allowed to post their work online (e.g. on a personal website or in a university repository) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.