ANALISIS STRATEGI PEMBANGUNAN DESA WISATA DI SENTRA PENGRAJIN KERIS

Agus Hardiyanto, Irwan Soejanto, Intan Berlianty

Abstract


Yogyakarta banyak memiliki potensi wisata baru, salah satunya adalah sentra pengrajin keris Banyumurup yang telah mengembangkan kerajinan tersebut sejak tahun 1950-an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi wisata yang dimiliki Dusun Banyumurup dan merancang strategi pengembangan desa wisata.

 Metode yang digunakan untuk mengetahui strategi pengembangan yaitu melalui analisis SWOT dengan cara menganalisis faktor-faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dengan matriks EFAS dan IFAS. Matriks EFAS (External Factor Analysis Summary) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berupa peluang dan ancaman yang dihadapi. Matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary) digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berupa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.

 Berdasarkan hasil penelitian diketahui total nilai tertimbang matriks IFAS pengunjung sebesar  2,5073 . Total nilai tertimbang EFAS pengunjung sebesar 2,221. Faktor internal yang dimiliki yaitu suasana khas pedesaan, melihat proses pembuatan keris, pemandangan alam yang indah, keramahan masyarakat, terdapat bangunan bersejarah. Sedangakan faktor eksternal yaitu melestarikan budaya Jawa, meyerap tenaga kerja, pemanfaatan teknologi untuk media promosi, kesan positif dari wisatawan yang pernah berkunjung, perluasan segmen wisatawan dari berbagai minat seperti fotografi, pendidikan atau penelitian.


Keywords


Desa Wisata, Analisis SWOT, Dusun Banyumurup

Full Text:

PDF

References


Darsiharjo, 2016, Strategi Pengembangan Wisata Minat Khusus Arum Jeram di Sungai Palayang. Jurnal Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UPI. Bandung

Desa Girirejo, 2016 , Peta Banyumurup, Pemerintahdesagirirejo.blogspot.co.id, diakses 3 Juni 2017.

Dharmawan, 2014, Strategi Pengembangan Desa Wisata di Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Jurnal Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udaya. Bali.

Dodi Widiyanto, 2008, Pengembangan Pariwisata Perdesaan (Suatu Usulan Strategi Bagi Desa Wisata Ketingan). Jurnal Program Studi Pembangunan Wilayah Fakultas Geografi UGM. Yogyakarta.

Elyarni Reca, 2016, Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Teknik Industri Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta.

Kusnanto , 2015, Makam Banyumurup Imogiri Bantul. Kusnantokarasan.com /makam-banyusumurup-imogiri-bantul/ , diakses: 11 Juni 2017.

Nur’aini, F., 2016. Teknik Analisis SWOT. Quadrant, Yogyakarta.

Prihtiyani, E., 2010,Persinggahan Sultan Agung, nasional.kompas.com/read/2010

diakses: 9 Juni 2017.

Rachmat, H.R., 2008, Analisis Strategi Pemasaran Pariwisata Pantai Parangtritis Pasca Gempa Bumi dan Tsunami di Kabupaten Bantul, Program Studi Manajemen Bisnis dan Ekonomi Perikanan-Kelautan, ITB, Bogor.

Rangkuti, F., 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Selvia Maryam, 2011, Pendekatan SWOT Dalam Pengembangan Objek Wisata Kampoeng Djowo Sekatul, Kabupaten Kendal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 485689
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id