PENGENDALIAN PERSEDIAAN TABUNG GAS LPG UNTUK MEMINIMASI TOTAL BIAYA PERSEDIAAN (Studi kasus di PT Wina Wira Usaha Jaya, Yogyakarta)

Gunawan Madyono Putro, Rizky Fawzi Eka Saputro

Abstract


Penelitian dilakukan pada sistem persediaan tabung gas LPG di PT. Wina Wira Usaha Jaya, Yogyakarta.  Saat ini perusahaan tersebut belum memiliki jadwal pasti untuk penebusan tabung gas dan hanya melakukan penebusan tabung LPG perhari tergantung pada tabung kosong yang tersedia. Terbatasnya penebusan tabung LPG serta permintaan konsumen yang tidak pasti sering menyebabkan kurangnya persediaan tabung LPG di gudang. Kekurangan dari permintaan baru bisa dipenuhi pada periode pemesanan berikutnya yang mengakibatkan beberapa konsumen beralih kepada agen lain untuk memenuhi kebutuhannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan periode pemesanan serta jumlah pemesanan tabung gas LPG supaya dapat  memenuhi permintaan konsumen.   

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model periodic review (P). Metode periodic review ini digunakan untuk menentukan waktu periode pemesanan dan menentukan jumlah maksimal persediaan di gudang. Hasil analasis perhitungan biaya persediaan dengan menggunakan metode model periodic review ini akan dibandingkan dengan biaya persediaan yang dilakukan oleh perusahaan saat ini.   

Berdasarkan dari hasil pengolahan data   dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model periodic review didapatkan biaya persediaan yang lebih minimal.  Adapun system persediaan yang dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut: periode pemesanan untuk tabung gas 12 kg adalah   0,0022 tahun (1 hari),  dan periode pemesanan untuk tabung gas 50 kg adalah  0,0192 tahun (7 hari).  Sedangkan jumlah  persediaan maksimal  untuk tabung gas ukuran 12 kg  adalah 817 tabung. dan untuk 50 kg adalah  79 tabung .  Dengan menggunakan system persediaan periodic review   maka  biaya persediaan berkurang 3,24 %. dari kebijakan perusahaan sebelumnya.

 


Keywords


persediaan, biaya, periodic review model

Full Text:

PDF

References


Bahagia, S.N., 2006, Sistem Inventori, Bandung; Penerbit ITB.

Nasution, A. H., dan Prasetyawan, Y., 2008, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Mardani M.M., 2001, Petunjuk Praktis SPSS 10.0, Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Islam, Malang

Penangsang, W. A. S., 2010, Pengendalian Persediaan Spare Part dengan Pendekatan Periodic Review (R,s,S) System, Jurnal TI ITS, Surabaya

Rangkuti, F., 2007, Manajemen Persedian Aplikasi di Bidang Bisnis; PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Silver, E. A., Pyke, David, F., Peterson, Rein, 1998, Inventory Management and Production Planning and Scheduling, John Wiley & Sons, New York.

Tersine, Richard J., 1994, Inventory and Material Management, 3rd Edition, Elsevier Publishing, USA.

Yamit, Z., 2003, Manajemen Persediaan, Yogyakarta; Ekonisia Fakultas Ekonomi UII.




DOI: https://doi.org/10.31315/opsi.v9i01.2248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id

 

indexed by:

 
 
 


Lisensi Creative Commons
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.

View My Stats