PERANCANGAN SISTEM KERJA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DENGAN PENDEKATAN SISTEM SOSIOTEKNIK

Puryani Puryani, Intan Berlianty, Purwanto Purwanto

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah telah bertumbuh dan berkembang pesat di Indonesia. Di Kabupaten Bantul terdapat pusat kerajinan kipas yang berada di Dusun Jipangan, Kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan. Proses produksi yang terdapat pada UKM ini masih sangat sederhana sehingga tingkat produktivitasnya pun juga rendah. Oleh sebab itu, pemilik ingin menaikkan kemampuan produksinya dengan mengganti proses pengiratan dengan teknologi yang baru yang memiliki kemampuan produksi yang lebih tinggi. Dengan demikian, perlu dilakukan pemilihan alternatif teknologi yang baru sesuai keinginan pemilik UKM. Selanjutnya dilakukan penerapan ergonomi makro berdasarkan pendekatan sistem sosioteknik untuk merancangan sistem kerja yang baru dengan mempertimbangkan keinginan teknologi dari pemilik UKM.

Pada penelitian ini, pemilihan alternatif teknologi menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pemilihan alternatif yang tepat nantinya akan berdampak pada desain sistem kerja yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain ulang sistem kerja yang diinginkan untuk meningkatkan produktivitas dengan penerapan ergonomi makro yang menggunakan pendekatan sistem sosioteknik dari pemilihan alternatif yang terpilih. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, telah diperoleh 6 kriteria dengan 15 sub kriteria yang dapat digunakan untuk pemilihan alternatif teknologi. Kriteria-kriteria tersebut diantaranya keahlian operator, upah operator, biaya, peningkatan fungsi, mudah digunakan, dan kenyamanan. Dari hasil perhitungan, didapatkan alternatif teknologi terbaik yaitu teknologi otomatis dengan bobot sebesar 0,658. Kemudian didapatkan desain sistem kerja yang baru yaitu dengan spesifikasi tenaga kerja dengan pendidikan minimal Diploma, melakukan pengadaan mesin irat bambu, serta lingkungan yang dekat dengan bahan baku, supplier, dan area pemasaran dan juga dengan tingkat produktivitas untuk penggunaan alternatif teknologi otomatis sebesar 0,019%.


Keywords


Sistem Sosioteknik, Sistem Kerja, Pemilihan Alternatif Teknologi, AHP

Full Text:

PDF

References


Afiyanti, Y., 2008, Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terfokus) sebagai Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 12, No. 1, Hal 58-62, Universitas Indonesia, Depok.

Anggraini, I., 2010, Pemilihan Alternatif Sistem Manufaktur Industri Cor Logam Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP), Skripsi, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Astuti, A.T., 2010, Intervensi Ergonomi Total Untuk Mengevaluasi Sistem Kerja pada Pengrajin Perak dengan Pendekatan Systemic, Holistic, Interdiciplinary, Participatorty (SHIP), Skripsi, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

David, Fred R., 2002. Strategic Management. Person Education Asia Pte.Ltd, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT.Prenhallindo.

Farabi, S.A., 2014, Analisis Perawatan Dengan Pendekatan Reliability Centered Maintenance (RCM) Dan Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Mesin Tenover Dan morticer, Skripsi, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Gitaya, V.H., 2014, Analisis Ergonomi Makro terhadap Tingkat Produktivitas Pekerja, Skripsi, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Hartanto, A., 2004, Strategi Clustering dalam Industrialisasi Indonesia, Andi. Yogyakarta.

Hendrick, H.W., 1987, Macro Ergonomics: A Concept Whose Time Has Come,

Human Factor Society Bulletin, Februari 1987.

Hendrick, H.W., dan Kleiner, B.M., 2001, Macroergonomics An Introduction To Work System Design, Human Factors and Ergonomics Society, Santa Monica, USA.

Iridiastadi, H., dan Yassierli, 2014, Ergonomi Suatu Pengantar, Cetakan Pertama, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ivancevich, J.M., Konopaske R., dan Matteson M.T., 2006, Organizational Behavior And Management, Erlangga, Indonesia.

Jogiyanto, H.M., 2005, Sistem Teknologi Informasi, http://www.sarjanaku.com/2012/11/pengertian-sistem-menurut-para-ahli.html, diakses pada 27 September 2015.

Manuaba, A., 2003, Penerapan Ergonomi Meningkatkan Produktivitas. Makalah.

Denpasar : Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Maringan, Y., 2015, Penentuan Prioritas Supplier dengan pendekatan Fuzzy AHP dan Fuzzy Topsis, Skripsi, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Marquez, C.A., 2007, The Maintenance Management Framework Models And Methods For Complex Systems Maintenance, Springer-Verlag, London.

Nurmianto, E., 2004, Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Edisi Kedua, Prima Printing, Surabaya.

Nuryanto, A., Rahmawaty, P., Sutopo, dan Paryono, 2010, Peningkatan Produktivitas Kelompok Pengrajin Kipas di Jipangan Melalui Konsep Produksi Terpadu, Artikel, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sinaga, J., 2009, Penerapan dan Pengertian Analytical Hierarchy Process (AHP), http://female.store.co.id/images/media/matematika%20full%20lagi.pdf,

diakses pada 9 Agustus 2015.

Sutalaksana, I. Z., Anggawisastra, R., dan Tjakraatmadja, J. H., 1979, Teknik Tata Cara Kerja, Jurusan Teknik Industri, ITB, Bandung.

Untari, R., 2005, Pola Pertumbuhan Klaster Industri Kecil Indonesia, Disertasi Program Studi Teknik dan Manajemen Industri Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Wardhana, R., 2013, Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktifitas Pekerja (Studi Kasus: Industri Kerajinan Gerabah Kasongan Bantul), Skripsi, UGM, Yogyakarta.

Wignjosoebroto, S., 2000, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Guna Widya, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/opsi.v11i1.2336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id

 

indexed by:

 
 
 


Lisensi Creative Commons
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.

View My Stats