PENJADWALAN KEGIATAN PEMELIHARAAN UNTUK MEMAKSIMALKAN AVAILABILITAS MESIN

Nur Kumala Sari, Puryani Puryani, Apriani Soepardi

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengembangkan model penjadwalan kegiatan pemeliharaan yang dapat memaksimalkan tingkat ketersediaan mesin. Pemeliharaan merupakan kegiatan dalam rangka mengupayakan availabilitas sistem untuk digunakan pada kemampuan produksi yang diharapkan. Setiap kegiatan pememeliharaan yang dilakukan terdiri dari routing yang telah ditentukan dengan mengunakan alat dan waktu penyelesaian yang berbeda-beda. Untuk mengoptimalkan setiap routing operasi dengan tingkat waktu penyelesaian yang berbeda, meminimasi biaya, dan sumber daya manusia yang tersedia, maka perlu dilakukan penjadwalan kegiatan pemeliharaan. Dalam situasi tertentu, jika kegiatan pemeliharaan tersebut mengalami keterlambatan akan menyebabkan downtime mesin lebih lama, yang pada akhirnya mengakibatkan availabitas mesin menurun. Jika availabilitas mesin kecil, maka suatu perusahaan akan mengalami kehilangan produksi atau  harus membayar biaya penalti sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pendekatan yang digunakan dalam pemodelan penjadwalan adalah metode penjadwalan untuk meminimasi makespan. Adapun makespan yang dimaksud dalam studi ini adalah lamanya mesin dalam kondisi rusak atau downtime. Validasi model yang dihasilkan dilakukan dengan membandingkan hasi penjadwalan model yang diusulkan terhadap kondisi aktual kegiatan pemeliharaan yang terjadi pada obyek riset. Dari hasil perbandingan yang dilakukan diperoleh nilai downtime model penjadwalan usulan lebih singkat dari pada kondisi aktualnya, yaitu selama 4 hari. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa model penjadwalan yang diusulkan valid dan dapat digunakan untuk meminimalkan terjadinya keterlambatan kegiatan pemeliharaan.


Keywords


preventive maintenance, availability, penjadwalan mesin

References


Alardhi, M. & Hannam, R.G., 2007, Preventive maintenance scheduling for multi-cogeneration plants with production constraints, Journal of Quality in Maintenance Engineering, Vol. 13 No. 3, pp. 276-92.

Baker, K. R., 1974, Introduction to Squencing and Scheduling, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Dhillon, B.S., 2002, Engineering Maintenance: A Modern Approach, CRC Press, Boca Raton, Florida.

Ebeling, C.E., 1997, An Introduction to Reliability and Maintainability Engineering, The McGraw-Hills Company, New York.

Sharma, A., Yadava, G.V. & Deshmukh, S. G., 2011, REVIEWS AND CASE STUDIES: A literature review and future perspectives on maintenance optimization, Journal of Quality in Maintenance Engineering, Vol. 17 No. 1, pp. 5-25.

Vassiliadis, C.G. & Pistikopoulos, E.N., 2001, Maintenance scheduling and process optimization under uncertainty, Computers & Chemical Engineering, Vol. 25, pp. 217-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id