WORKLOAD ANALYSIS IN QUALITY CONTROL DEPARTMENT

Pinkie Winandari Budaya, Ahmad Muhsin

Abstract


PT XYZ Indonesia adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang industri farmasi dan menghasilkan beragam produk seperti obat-obat etikal, nutrisi klinis dan cairan infus, alat-alat kesehatan, dan IV set. PT XYZ memiliki beberapa departemen, salah satunya adalah Departemen Quality Control yang terbagi pula dalam beberapa seksi. Berdasarkan hasil pengamatan, dapat diketahui jika pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kerja Departemen Quality Control Seksi Biologi tergolong tinggi karena dengan job desctiprion yang sudah ditentukan namun hanya dikerjakan oleh tenaga kerja sebanyak 9 orang dan 1 supervisor akan menimbulkan efek kelelahan akibat beban kerja yang berlebihan. Perhitungan beban kerja ini dilakukan dengan metode Workload Analysis. Tahapan yang pertama kali dilakukan adalah mengamati tingkat produktivitas pekerja menggunakan work sampling, menentukan besarnya nilai Performance Rating, Allowance, nilai beban kerja, dan jumlah usulan pekerja. Besarnya beban kerja yang diterima oleh pekerja kemudian digunakan untuk menentukan jumlah pekerja yang seharusnya dipekerjakan agar tidak menerima beban kerja yang berlebih. Hasil perhitungan beban kerja menunjukkan jika 9 orang tenaga kerja memiliki beban kerja yang tinggi karena di atas 100%. Usulan perbaikan yang diberikan untuk mengatasi beban kerja yang tinggi ini adalah dengan menambah jumlah pekerja.


Keywords


Beban kerja, Workload Analysis, Penambahan jumlah tenaga kerja.

References


Ariandi, F.D. 2017. “Laporan Praktik Lapangan Mempelajari Teknologi Produksi Infus dan Penggudangan pada PT Otsuka Indonesia”. Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Aristi, N. dan Hafiar, H. 2014, “Analisis Beban Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di Fakultas Y Universitas X”. Jurnal Kajian Komunikasi Volume 2, No. 1, pp 54.

Astianto, A. dan Suprihhadi, H. 2014, “Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Surabaya”. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 7, pp 1 – 8.

Daud, N.Z. 2016. “Laporan Praktek Kerja Profesi Apoteker Mahasiswa Fakultas Universitas Surabaya Bidang Minat Utama Farmasi Industri Angkatan 51 di PT Otsuka Indonesia”. Fakultas Farmasi. Universitas Surabaya. Surabaya.

Hutapea, J.J. 2014. “Praktik Kerja Profesi PT Otsuka Indonesia”. Fakultas Farmasi. Universitas Airlangga. Surabaya.

Prabowo, A., dkk. 2017, “Analisa Beban Kerja dan Penentuan Tenaga Kerja Optimal dengan Pendekatan Work Load Analysis (WLA)”. Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 1, pp 3.

Putri, E.R. 2015. “Peramalan Jumlah Permintaan dan Analisis Inventory Turn Over Infus Otsu-D5 dan Otsu-NS di PT Otsuka Indonesia”. Fakultas Teknik. Universitas Brawijaya.

Putri, R.K. 2012. “Pengendalian Kualitas Statistik P-Chart dan Analisis Kemampuan Proses Binomial pada Produk Infus Plabottle di PT Otsuka Indonesia”. Jurusan Matematika FMIPA. Universitas Negeri Malang. Malang.

Putri, R.N. 2017. “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Otsu-NS 500 ML Menggunakan Peta Kendali P”. Fakultas Teknik Industri. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Yogyakarta.

Primadi, Shelfian Dumas, Dyah Rachmawati .L, Ahmad Muhsin, 2016, Usulan Perbaikan Tingkat Pencahayaan Pada Ruang Produksi Guna Peningkatan Output Produk Pekerja Dengan Pendekatan Teknik Tata Cara Kerja, Jurnal OPSI, Vol 9 No.1 Juni 2016, hlm 59 – 68, dapat diakses di http://eprints.upnyk.ac.id/1137/

Rafian, Ade Muhammad dan Ahmad Muhsin, 2017, Analisis Beban Kerja Mekanik Pada Departemen Plant dengan Metode Work Sampling, Jurnal OPSI, Vol 10 No 1 Juni 2017, hlm 35-42, dapat diakses di http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi/article/download/2165/1905

Rinawati, D.I. dkk. 2012, “Penentuan Waktu Stanaar dan Jumlah Tenaga Kerja Optimal pada Produksi Batik Cap (Studi Kasus: IKM Batik Saud Effendy, Laweyan)”. J@TI Undip Vol VII No.3, pp 145.

Sutalaksana, I.Z., dkk. 1979, Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung.

Wibowo, K.D. dkk. 2004, “Analisa Produktivitas Pekerja dengan Metode Work Sampling: Studi Kasus pada Proyek X dan Y”. Civil Engineering Dimension, Vol. 6, No. 2, pp 74.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id