PENERAPAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN
Abstract
Dalam penelitian ini kualitas layanan yang menjadi pokok permasalahan, diukur dengan Service Quality (SERVQUAL) dimana di dalam metode tersebut membahas tentang dimensi-dimensi kualitas yakni: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Tahapan awal yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan analisa terlebih dahulu dari kekurangan yang terdapat didalam hotel terutama pada bidang kualitas layanan. Setelah analisa permasalahan yang terdapat pada hotel, maka peneliti melakukan penyebaran kuisioner terhadap konsumen sehingga permasalahan kualitas pelayanan dapat diketahui subjeknya.
Hasil penelitian dari setiap dimensi pada SERVQUAL yakni Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Menunjukkan bahwa dimensi bukti fisik (Tangible) merupakan dimensi yang memiliki nilai kualitas terkecil, sedangkan nilai kualitas terbesar terdapat pada dimensi jaminan (Assurance).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S., 2004, Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Brandt, D. R., 2000, An “Outside In” Approach to Determining Customer-Driven Priorities for Improvement and Innovation, White Paper Series, Vol. 2.
Ariani, D. W., (2003). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kualitatif Dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta : Andi Offset.
Kotler, P., 1994, Manajemen Pemasaran, Edisi Keenam, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kusuma, R. A., 2009, Perumusan Blue Ocean Strategy Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Servqual Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Lawson, F., 1976, Hotels, Motels and Condominiums: Design, Planning and Maintenance.
Parasuraman, A. Zeithaml V. A, and Berry L.L., 1985. Conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, Vol. 49, 41-50.
Parasuraman, A., 1988, A Conceptual Model of Service Quality and its Implications For Future Research, Journal of Marketing, Vol.49.
Parasuraman, A., 1993, Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations (Free Press:New York).
Rangkuti, F., 2002, Measuring Costumer Satisfaction, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN-JP, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rumita, R., 2014, Analisis Kepuasan Mahasiswa dan Usulan Peningkatan Kualitas Jasa Pelayanan Administrasi Kemahasiswaan Dengan Menggunakan Model SERVQUAL, IPA, dan QFD. Semarang: UNDIP.
Supranto, J., 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Tjiptono, F., 1996, Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, F., 2000, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.
Umar, H., 1997, Metodelogi Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia.
Zeithaml, Parasuraman & Berry., 1990, Delivering Quality Service : Balancing Costumer Perseptions and Expectations, The Free Press Collier Macmillan
Publihers – USA.
Zeithaml, V. A dan Bitner, M. J., 2004, Service Marketing- Integrating Customer Focus Across The Firm. Fifth Edition. Mc Graw-Hill Companiees. Inc
DOI: https://doi.org/10.31315/opsi.v12i1.2827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 486256
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id
indexed by:
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.
View My Stats