PENERAPAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.31315/opsi.v12i1.2827Keywords:
kualitas layanan, SERVQUAL, tangible, responsiveness, reliability, assurance, dan emphatyAbstract
Kualitas layanan menjadi tolak ukur utama perusahaan di industri perhotelan. Kualitas layanan yang baik akan membuat hotel tersebut menjadi kompetitif dan akan menjadi pilihan konsumen ketika mencari tempat untuk menginap. Hotel yang menjadi objek penelitian pada skripsi ini adalah Hotel Vidi 2 yang merupakan hotel dengan klasifikasi hotel melati yang berkapasitas 65 kamar yang berlokasi di Jl. Kaliurang km 5, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari data keuangan Hotel Vidi 2 dalam 3 bulan terakhir yaitu bulan Juli, Agustus, dan September 2015 terjadi penurunan dengan rata-rata 19%, hal tersebut terjadi akibat beberapa sebab salah satunya karena kualitas pelayanan yang kurang baik dari Hotel Vidi 2, sehingga mengakibatkan pelanggan beralih ke pesaing lainnya, dan pendapatan hotel menjadi menurun.Dalam penelitian ini kualitas layanan yang menjadi pokok permasalahan, diukur dengan Service Quality (SERVQUAL) dimana di dalam metode tersebut membahas tentang dimensi-dimensi kualitas yakni: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Tahapan awal yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan analisa terlebih dahulu dari kekurangan yang terdapat didalam hotel terutama pada bidang kualitas layanan. Setelah analisa permasalahan yang terdapat pada hotel, maka peneliti melakukan penyebaran kuisioner terhadap konsumen sehingga permasalahan kualitas pelayanan dapat diketahui subjeknya.
Hasil penelitian dari setiap dimensi pada SERVQUAL yakni Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Menunjukkan bahwa dimensi bukti fisik (Tangible) merupakan dimensi yang memiliki nilai kualitas terkecil, sedangkan nilai kualitas terbesar terdapat pada dimensi jaminan (Assurance).
References
Azwar, S., 2004, Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Brandt, D. R., 2000, An “Outside In” Approach to Determining Customer-Driven Priorities for Improvement and Innovation, White Paper Series, Vol. 2.
Ariani, D. W., (2003). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kualitatif Dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta : Andi Offset.
Kotler, P., 1994, Manajemen Pemasaran, Edisi Keenam, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kusuma, R. A., 2009, Perumusan Blue Ocean Strategy Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Servqual Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Lawson, F., 1976, Hotels, Motels and Condominiums: Design, Planning and Maintenance.
Parasuraman, A. Zeithaml V. A, and Berry L.L., 1985. Conceptual model of service quality and its implications for future research. Journal of Marketing, Vol. 49, 41-50.
Parasuraman, A., 1988, A Conceptual Model of Service Quality and its Implications For Future Research, Journal of Marketing, Vol.49.
Parasuraman, A., 1993, Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations (Free Press:New York).
Rangkuti, F., 2002, Measuring Costumer Satisfaction, Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN-JP, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rumita, R., 2014, Analisis Kepuasan Mahasiswa dan Usulan Peningkatan Kualitas Jasa Pelayanan Administrasi Kemahasiswaan Dengan Menggunakan Model SERVQUAL, IPA, dan QFD. Semarang: UNDIP.
Supranto, J., 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan Pangsa Pasar, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Tjiptono, F., 1996, Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, F., 2000, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.
Umar, H., 1997, Metodelogi Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia.
Zeithaml, Parasuraman & Berry., 1990, Delivering Quality Service : Balancing Costumer Perseptions and Expectations, The Free Press Collier Macmillan
Publihers – USA.
Zeithaml, V. A dan Bitner, M. J., 2004, Service Marketing- Integrating Customer Focus Across The Firm. Fifth Edition. Mc Graw-Hill Companiees. Inc
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following conditions:
- Copyright remains with the author and gives the Opsi journal the right as a priority to publish its articles with Creative Commons Attribution 4.0 International license. Which allows articles to be shared with acknowledgement of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute their articles on a non-exclusive basis (e.g. in university repositories or books) with notification or acknowledgement of publication in Opsi journals.
- Authors are allowed to post their work online (e.g. on a personal website or in a university repository) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
This work is Licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International license.