DIGITAL BRANDING TOURISM DAN PERLINDUNGAN MEREK DAGANG DI DESA WISATA BUGISAN PRAMBANAN

Ari Wijayani, Kartika Ayu Ardhanariswari, Krisnandini Wahyu Pratiwi

Abstract


Digital Tourism dan Pelindungan Merek Dagang Desa Wisata Bugisan Prambanan telah menjadi fokus dalam upaya pemulihan ekonomi kreatif dan promosi destinasi wisata secara digital. Program Pemberdayaan Masyarakat oleh UPN "Veteran" Yogyakarta telah merancang serangkaian strategi destination branding melalui Digital Tourism untuk meningkatkan kesadaran dan popularitas Desa Wisata Bugisan. Program ini mencakup berbagai kegiatan, seperti rebranding destinasi wisata dengan memperkuat identitas desa, pembuatan video profil yang menarik dan informatif, serta buku profil yang memberikan informasi terperinci tentang potensi wisata desa. Selain itu, strategi promosi juga dilakukan melalui destination branding yang aktif di media sosial Instagram. Pentingnya perlindungan merek dagang dalam konteks ini juga ditekankan, untuk melindungi identitas dan ciri khas Desa Wisata Bugisan agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Dengan menggabungkan konsep digital tourism dan perlindungan merek dagang, diharapkan Desa Wisata Bugisan dapat memperkuat posisinya sebagai destinasi wisata unggulan di Prambanan, menarik wisatawan dengan peningkatan visibilitas online yang efektif, serta menjaga keaslian dan integritas merek dagang desa tersebut.


Full Text:

PDF

References


Budiyah, F. 2020. Implikasi Pengembangan Desa Wisata Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lokal Studi Kasus di Desa Ketenger. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 22(2), 182–190. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i2.1594

Budiarto, Rachmawan; Susetyo Hario Putero; Hempri Suyatna, dan Puji Astuti. 2016. Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis Ekonomi & Bisnis. UGM Press: Yogyakarta.

Danang Wahyu Saputra. 2023. Analisis Komponen Penawaran Pariwisata Pada Pengembangan Desa Wisata Bugisan di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. UNS Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis.

Hadiwijoyo S. Suryo. 2012. Perencanaan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurhayati Darubekti, dkk. 2022. Increasing the Digital Literacy among Tourism Awareness Groups for Sustainable Tourism Village Development. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 6 No. 2.

Prasta, M., & Pradipta, Y. (2021). Pariwisata Berbasis Masyarakat sebagai Pelestari Tradisi di Desa Samiran. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 5(1), 99–109. https://doi.org/10.34013/jk.v5i1.379

Redono, Daru. 2013. Simple Promotion dan Branding untuk Usaha Kecil Menengah. Penerbit Universitas Brawijaya Press (UB Press): Malang

Rekta Deskarina, Annisaa Nurul Atiqah. 2020. Potensi Kearifan Lokal Desa Bugisan Sebagai Upaya Pengembangan Daya Tarik Wisata Pendukung Kawasan Candi Plaosan. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta.

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Branding melalui Media Sosial. Penerbit Gramedia Pustaka Utama: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11121

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v8i1.11121.g5898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.