STRATEGI BRANDING MELALUI SOSIAL MEDIA DAN PERLINDUNGAN HKI PADA UMKM KOPI WONOGIRI

Kartika Ayu Ardhanariswari, Ari Wijayani, Ninik Probosari

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dan strategis dalam membangun perekonomian nasional. Melihat kondisi yang cukup baik di atas, ternyata keberadaan UMKM Kopi di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah masih mempunyai beberapa kendala, yakni pada branding/media promosi dan juga perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Merek Dagang. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah pelaku UMKM Kopi di Winogiri memiliki perlindungan merek dagang dan dapat membranding produknya melalui sosial media. Metode pelaksanaan pengabdian ini yang pertama adalah memberikan sosialisasi kesadaran akan pentingnya branding/merk dan Hak Kekayaan Intelektual Merek Dagang bagi UMKM. Kedua, pendampingan pembuatan branding melalui media sosial dan fasilitasi pendfataran merek dagang. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini adalah 5 pelaku UMKM Kopi Wonogiri telah melalukan branding produk melalui sosial media Instagram dan telah mendafatarkan merek dagang pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelktual.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31315/psnpm.v0i0.4266

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psnpm.v0i0.4266.g3175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.