Analisis Peran dan Keterlibatan Penyandang Disabilitas dalam Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia

Monica Warih Widi Krisanti, Johan Danu Prasetya, Tedy Agung Cahyadi, Yohana Nodarika Maharani

Sari


Penyandang disabilitas sering disebut juga sebagai orang yang memiliki kebutuhan khusus. Penyebutan ini tak jarang menimbulkan anggapan bahwa mereka adalah kaum lemah yang selalu membutuhkan pertolongan dan bantuan. Hal ini membuat penyandang disabilitas kurang diberi ruang dalam hal pengurangan risiko bencana baik pada masa pra bencana maupun saat masa pemulihan untuk membangun yang lebih baik. Kurangnya pemberian ruang membuat penyandang disabilitas tidak banyak memiliki pengetahuan dan informasi seputar kesiapsiagaan menghadapi bencana. Kondisi ini membuat mereka menjadi kelompok yang paling berisiko dalam bencana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran-peran para penyandang disabilitas dalam pengurangan risiko bencana dan memberikan sumbangsih pengetahuan dalam upaya pelibatan disabilitas di bidang kebencanaan secara optimal. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan melakukan analisis menggunakan sumber-sumber ilmiah seperti jurnal, penelitian terdahulu, buku-buku referensi, dan dokumen-dokumen pemerintahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase pra bencana, pelibatan penyandang disabilitas dapat dilakukan dengan diskusi bersama, identifikasi dan pemetaan ragam serta kebutuhan penyandang disabilitas secara bersama, serta pelatihan dan peningkatan kapasitas untuk kesiapsiagaan. Pada fase pasca bencana pelibatan penyandang disabilitas dilakukan dengan menilai dan mengevaluasi proses penanganan darurat secara bersama, diskusi terkait pembangunan infrastruktur yang sesuai dengan ragam disabilitas yang ada, serta pemberdayaan dan pelatihan keterampilan sesuai dengan minat masing-masing penyandang disabilitas. Pelibatan penyandang disabilitas dalam pengurangan risiko bencana diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penyandang disabilitas dan mengurangi kerentanan yang dimiliki. Hal ini juga menjadi masukan bagi pemangku kepentingan, lembaga yang bergerak di bidang kebencanaan, dan juga bagi masyarakat luas untuk melibatkan penyandang disabilitas dalam setiap pengelolaan risiko bencana yang dilakukan.

Kata Kunci: Disabilitas; Kebijakan Pemerintah; Keterlibatan; Pengurangan Risiko Bencana; Peran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antara. (2021). Organisasi Penyandang Disabilitas Minta Perhatikan Difabel Korban Gempa. Retrieved June 6, 2022, from https://difabel.tempo.co/read/1426151/organisasi-penyandang-disabilitas-minta-perhatikan-difabel-korban-gempa

CBM Global Disability Inclusion. (n.d.). Sistem Peringatan Dini. Retrieved April 4, 2022, from https://hhot.cbm.org/id/card/sistem-peringatan-dini

Ismandari, F. (2019). Disabilitas. Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Kerangka Kerja Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015 - 2030. (2015).

Pertiwi, P., Llewellyn, G., & Villeneuve, M. (2020). International Journal of Disaster Risk Reduction Disability representation in Indonesian disaster risk reduction regulatory frameworks.

International Journal of Disaster Risk Reduction, 45(September 2019), 101454. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2019.101454

Probosiwi, R. (2013). KETERLIBATAN PENYANDANG DISABILITAS DALAM PENANGGULANGAN BENCANA. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 4(2), 77–86.

Salikha, T., & Saraswati. (2020). Manajemen Resiko Bencana Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal UNISBA, ASPI Dan IAP, 1–11.

Salim, I., & Yulianto, M. J. (2021). Memantau Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas. BAPPENAS, KSP, dan JPODI.

Santoso, A. D., Noor, I., & Ulum, M. C. (2015). DISABILITAS DAN BENCANA ( Studi tentang Agenda Setting Kebijakan Pengurangan Risiko Bencana Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Klaten , Jawa Tengah , Indonesia ). Jurnal Administrasi Publik, 3(12), 2033–2039.

Siregar, A. Z., & Harahap, N. (2019). Strategi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi. Deepublish.

Siregar, J. S., & Wibowo, A. (2019). Upaya pengurangan risiko bencana pada kelompok rentan. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 10(1), 30–38.

Ton, K., Gaillard, J. C., Elizabeth, C., Akgungor, C., & Ho, H. T. (2018). Expanding the Capabilities of People with Disabilities in Disaster Risk Reduction. International Journal of Disaster Risk Reduction. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2018.11.002 WHO. (2021). Disability and health.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 tahun 2020 tentang Aksesibilitas Terhadap Permukiman, Pelayanan Publik, dan Perlindungan dari Bencana Bagi Penyandang Disabilitas.

(2020).




DOI: https://doi.org/10.31315/psb.v4i1.8890

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/psb.v4i1.8890.g5035

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (Online): 2986-4062

This Journal indexed to : 

DESKRIPSI GAMBAR