MEKANISME KOMUNIKASI DATA GATEWAY MULTI-TERMINAL JARINGAN WIRELESS ADHOC UNTUK PENGEMBANGAN KOMUNIKASI DAN NAVIGASI KAPAL NELAYAN

Ahmad Fuad, Achmad Affandi

Abstract


Kebutuhan sarana komunikasi dan navigasi yang memadai untuk menggali potensi perikanan dan kelautan wilayah perairan Indonesia sangat besar. Ketersediaan teknologi untuk mencari daerah potensi penangkapan ikan melalui berbagai media informasi yang tersedia saat ini masih memiliki keterbatasan akses teknologi, biaya mahal serta kerumitan layanan sehingga jarang digunakan khususnya oleh kapal-kapal nelayan tradisional. Suatu sistem komunikasi dan navigasi alternatif bagi kapal nelayan tradisional diharapkan menjawab permasalahan diatas. Makalah ini meneliti mekanisme komunikasi data menggunakan konsep metode akses protokol 802.11 yang merupakan pengembangan implementasi sistem komunikasi dan navigasi untuk diterapkan pada kapal nelayan. Teknologi yang dikembangkan berfokus pada model pengiriman informasi antara terminal elektronik yang berada pada kapal dan ke base station di darat sebagai gateway lewat kanal VHF jaringan wireless adhoc. Sistem ini akan memberikan berbagai informasi penting pada setiap terminal dan base station. Konsep metode akses protokol 802.11 diterapkan dalam proses pengiriman paket. Protokol ini menggunakan standar MAC sublayer yang bekerja dengan metode first-in-first-out (FIFO) transmission queue untuk menentukan bagaimana kanal dialokasikan dan fungsi koordinasi DCF (distributed coordination function) yang menentukan kapan stasiun diizinkan untuk mengirim dan mungkin dapat menerima data melalui saluran nirkabel. Pada komunikasi data, proses RTS/CTS (Request to Send/Clear to Send) akan mereduksi tabrakan frame karena kasus hidden node yang mungkin terjadi. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan suatu mekanisme komunikasi data yang tepat untuk implementasi sistem komunikasi dan navigasi alternatif pada kapal laut sehingga membantu nelayan tradisional memperoleh informasi dengan mudah, biaya terjangkau dan andal.


References


A. Affandi, 2007, Sistem Komunikasi Data Terpadu Armada Perahu Nelayan Menggunakan Kanal Frekuensi Tinggi, Hibah Penelitian Pascasarjana(HPTP), ITS.

A. Imantaka, 2010, Rancang Bangun Layanan Sms Pada Teknologi VMeS (Vessel Messaging System) Untuk Sistem Komunikasi Kapal Laut, Tugas Akhir JTE FTI-ITS.

Baskoro Y. Pratomo, 2011, Implementasi Protokol jaringan Ad Hoc pada Terminal Komunikadi Data Untuk Sistem Komunikasi Kapal Laut, Tugas Akhir JTE FTI-ITS.

Cordeiro C.M., Agrawal D.P., 2007, Mobile Ad Hoc Networking, OBR Research Center for Distributed and Mobile Computing, University of Cincinnati, USA.

D.Johnson, 1994, Routing in Ad Hoc Networks of Mobile Host, Proc. IEEE Workshop on Mobile Comp. System and Appls.

Duggirala R., 2000, A Novel Route Maintenance Technicque for Ad Hoc Network Routing Protocol, M.S. Thesis, University of Cincinnati.

FAO, 1998, FAO Technical Guidelines For Responsible Fisheries, 1, FAO of The United Nations, Rome.

M. Amitava, dkk, 2003, Location Management And Routing In Mobile wireless networks, Artech House, Boston & London.

M. Ardita, 2010, Perancangan Terminal Komunikasi Data Terintegrasi untuk Jaringan Ad Hoc Vessel Messaging System (VMeS), Tesis, JTE- FTI, ITS. Pablo B., 1997, A Technical Tutorial on the IEEE 802.11 Protocol, BreezeCOM Wireless Communication.

S.M. Rifat A., Mohammad S., Islam, N. Hasan, Ashikur R., 2010, Exploiting Packet Distribution for Tuning RTS Threshold in IEEE 802.11, IEEE 25th Biennial Simposium on Communication.

T. Yoshikawa, S. Kawasaki, M.Takase, Y. Hiraoka, 2010, Development od 27MHz/40MHz Bands Maritime Wireless Ad-hoc Networks, Proc. IEEE ICUFN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.