DISAIN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK EMBEDDED PEMROSES SINYAL DIGITAL SISTEM PENDETEKSI GELEMBUNG UDARA PADA MESIN HEMODIALISIS

Pratondo Busono

Abstract


Mesin hemodialisis adalah alat medis yang digunakan untuk membersihkan darah dari racun-racun serta menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh dengan menggunakan ginjal buatan (dialyser). Proses pembersihan
darah tersebut dilakukan diluar tubuh, yakni dengan mengalirkan darah dari arteri melewati saluran extracorporeal menuju ke dialyser, dimana proses pembersihan berlangsung. Darah selanjutnya dikembalikan ke tubuh melalui pembuluh vena. Agar proses tersebut berlangsung aman bagi pasien, maka beberapa parameter penting seperti tekanan darah arteri dan vena, suhu dan konduktivitas cairan dialisat, dan munculnya gelembung pada pembuluh darah perlu dipantau terus menerus selama proses terapi berlangsung. Oleh karena itu kehandalah sistem pemantau, baik perangkat keras maupun perangkat lunak sangat diperlukan agar mesin hemodialisis aman bagi pasien.


References


Misra, M., 2005, The basics of hemodialysis equipment, Hemodialysis International, 9: 30–36.

Obermaisser, R., Kopetz, H., El Salloum, C., Huber, B., 2007, Embedded System Design: Topics, Techniques and Trends, Springer Boston, ISBN 978- 0-387-72257-3, pages 339-352.

Vahid, F., Givargis, T., 2002, Embedded System Design: A Unified Hardware/ Software Introduction, John Wiley & Sons; ISBN: 0471386782.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.