PENENTUAN JALUR WISATA TERPENDEK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus Dinas Pariwisata Kota Kupang)

Benyamin Jago Belalawe, M. Suyanto, Amir Fattah Sofyan

Abstract


Kota Kupang merupakan kota administrative, memiliki beberapa objek wisata yakni 24 objek wisata alam, 17 objek wisata budaya, 7 wisata religi dan 7 wisata kuliner. Masalah yang timbul adalah wisatawan yang berkunjung ke kota kupang belum dapat menikmati semua objek wisata yang ada karena belum tersedianya sebuah sistem informasi yang dapat diakses oleh wisatawan sebelum datang ke kota kupang. Pada penelitian ini dibangun sebuah sistem pakar untuk menentukan jalur terpendek objek wisata pada Kota Kupang dengan menggunakan metode forward chaining. Hasil dari penelitian adalah sebuah sistem berbasis web yang dapat di akses oleh wisatawan. Dengan diterapkan sistem ini diharapkan dapat memudahkan wisatawan dalam mengakses jalur dan lokasi wisata di kota Kota Kupang, dan menjadi evaluasi preverensi bagi dinas pariwisata Kota Kupang dalam menyediakan layanan wisata yang baik kepada pengguna.


References


Dologite, D.G., 1993, Developing Knowledge-based System Using VP- Expert, Macmilan Publishing Company, New York.

Eagles, Paul F. J., 2002 Trends in Park Tourism : Economics, Finance and Management, Journal Of Sustainable Tourism, 10 :132-153.

Eagles, Paul F. J. and McCool, Stephen F., 2002, Tourism in National Parks and Protected Areas; Planning and Management, CABI Publishing, UK.

Gde Iwan Setiawan, 2010, Jurnal Tsi, Vol.1 Sistem Informasi Rute Perjalanan Wisata (Studi Kasus Obyek Wisata Kabupaten Badung Bali)

Hartini, Sri; Iswanti, Sari. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kumar, P dan Reddy, D. 2003. Intelligent Transport System Using GIS , White

Kusrini. 2006. Sistem Pakar, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Luger. 2002. Depth First Search

Nugroho, Bunafit. 2004. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Gava Media.

Paper Map India Conference.

http://www.gisdevelopmen.net/application/Utillity/transport/pdf/164.pdf

Radiawan, Hari, Hartati, dan Soepomo, Sri Sadah, 1997/1998. Pengembangan Jaringan Ekonomi di Kawasan Pariwisata. CV : Bupara Nugraha. Jakarta.

Riskadewi dan Antonius Hendrik, Integral, Vol. 10 No. 3, 2005, Penerapan Sistem Pakar Forward Chaining Berbasis Aturan Pada Pengawasan Status Penerbangan.

Soelistijadi.R. 2001. Desain Rute Perjalanan Wisata Beroientasi Obyek Kota Semarang, Tugas Akhir Tesis S-2 Program Studi Ilmu Komputer, Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Soekadijo, R. G, 1997. Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata Sebagai Sistem Linkage. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suparman, 1991, Mengenal Artifial Intelligence, Andi Offset, Yogyakarta

Spillane, James, J, 1994. Pariwisata Indonesia : Siasat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Kanisius. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.