EVALUASI KEPUASAN PELAYANAN MAHASISWA MENGGUNAKAN FUZZY SYNTHETIC EVALUATION
Abstract
Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan mutu pelayanan suatu institusi. Pelayanan yang diperoleh mahasiswa akan mempengaruhi pengembangan program studi di Perguruan Tinggi maupun Universitas, menjadi lebih cepat dan efektif untuk memperbaiki kinerja pada semester berikutnya. Untuk memperoleh hasil evaluasi yang baik, maka diperlukan suatu metode yang tepat dalam memproses data evaluasi sehingga hasil evaluasi dapat lebih menggambarkan keadaan atau kebutuhan sebenarnya. Permasalahan yang sering muncul dalam pemrosesan data evaluasi menggunakan multi atribut dalam menyeleksi atribut yang hanya berpengaruh terhadap hasil evaluasi. Fuzzy Synthetic merupakan suatu metode baru untuk penilaian atau langkah-langkah dalam pengambilan keputusan. Pada tulisan ini, penulis mengimplementasikan fuzzy synthetic untuk mengevaluasi kepuasan pelayanan mahasiswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ginting, R.U., Wardoyo R., 2011, Penerapan Membership Degree Transformation New Algorithm M(1,2,3) untuk mengevaluasi kepuasan pelayanan mahasiswa Pascasarjana , Seminasik Gama 2011, hal 44-49
Kuo Y.F. dan Chen, L.S., 2002, Using the Fuzzy Synthetic Decision approach to Assess the Performance of University Teacher in Taiwan, International journal of Management, pp 593-604
Hu, Y.B.W. dan Yi, P., 2008, Fuzzy Synthetic Evaluation Approach of Reliability for Condition Monitoring System, ICIRA, pp 583-592
Kurniawati, D., dkk., 2011, Sistem Pengambilan Keputusan untuk Pemilihan Program Studi dengan metode AHP, Konferensi Nasional Sistem Informasi ,hal 745-750
Pressman, R.S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak, Edisi Kedua, (diterjemahkan oleh: LN Harnaningrum), Andi, Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.