PENGEMBANGAN SITUS PROMOSI PARIWISATA PULAU FLORES BERBASIS KOLABORASI

Nilla Rachmaningrum, Falahah Falahah

Abstract


Perkembangan teknologi internet membuat ICT menjadi enabler bagi berbagai proses bisnis, termasuk pariwisata.. Kehadiran ICT memungkinkan diterapkannya teknologi pemasaran baru melalui teknologi berbasis webyang menibulkan berbagai peluang di bidang industri wisata seperti perjalanan wisata, akomodasi dan organisasi tujuan wisata. Semua informasi ini sebaiknya dipadukan secara integrasi sehingga semua informasi didapat dalam bentuk “one stop shopping”. Kehadiran web juga memungkinkan timbulnya gaya interaksi baru antar pengguna web yang dikenal sebagai web collaboration. Flores memiliki wisata yang belum dikelola dengan baik selain Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Danau Kelimutu, perburuan ikan paus di Lamalera yang masih menggunakan peralatan tradisional, dll. Data terakhir menunjukkan kunjungan wisatawan di Pulau Flores pada 2010 hanya 2,08 persen dibandingkan dengan wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Bali. Oleh karena itu akan dibangun sebuah aplikasi wisata yang memberi kesempatan para pengusaha untuk mendaftarkan dirinya dan mempublikasikan usahanya langsung dengan rancangan tampilan yang mudah digunakan. Kolaborasi web didefinisikan sebagai pemanfaatan teknologi web dan internet yang memungkinkan para pengguna untuk berkomunikasi secara langsung, tanpa terikat tempat dan waktu, sehingga meminimalisasi biaya dan menghemat waktu. Bentuk-bentuk kolaborasi berbasis web memudahkan tersebarnya informasi dan melibatkan user secara aktif untuk membangun informasi tersebut ataupun melakukan penambahan atau koreksi atas informasi yang sudah ada.


References


Pengertian DMO, Diakses dari : http://www.dmoindonesia.com/index.php?module=detailberita&id=1

Situs web Flores Tourism, http://www.florestourism.com/landing-page/explore-flores.

Flores Semakin Diminati Wisatawan, artikel pada harian KOMPAS, Diakses dari : http://travel.kompas.com/read/2011/06/25/15502899/Flores.Semakin.DiminatiWisatawan, Juni 2012.

USAID, ICT and Tourism, Report of USAID, Arusha Tanzania. Diakses dari :

http://www.usaid.gov/our_work/agriculture/landmanagement/tourism/sidebar/ict.pdf

Lu, Zi, Lu, Jie, and Zhang Chengqi, “Website Development and Evaluation in the Chinese Tourism Industry”, Jurnal Netwokr and Communication Studies (NETCOM) vol.16 no. 3-4, 2002

Carro, L, et.al., “CRM Techniques for analyzing client profiles in tourism promotion web site”,

Watu, Dionisius, “Aplikasi Peta Digital Lokasi dan Promosi Pariwisata Flores Berbasis Web”, Proyek Akhir Prodi Manajemen Informatika, Politeknik Telkom, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.