APLIKASI KOMPRESI CITRA BERBASIS ROUGH FUZZY SET

Anny Yuniarti, Nadya Anisa Syafa, Handayani Tjandrasa

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah memberi peran yang sangat penting untuk menjalin pertukaran informasi yang cepat. Kecepatan pengiriman informasi akan menjadi bagian utama dalam pertukaran informasi masa mendatang. Salah satu cara untuk mempersingkat waktu dan memperkecil biaya pengiriman adalah dengan melakukan pemampatan data teks, suara dan citra sebelum ditransmisikan. Dalam makalah ini, diperkenalkan suatu metode kompresi citra baru berbasis rough fuzzy set yang menggunakan metode kuantisasi vektor. Metode ini dinamakan Rough Fuzzy Vector Quantization (RFVQ). Dengan menggunakan RFVQ diperoleh hasil kompresi yang baik karena citra yang dihasilkan serupa dengan citra aslinya. Metode ini disusun dari tiga fase yaitu perancangan codebook, fase coding, dan fase decoding. Uji coba dilakukan pada citra abu–abu 8 bit per piksel berukuran 256 x 256. Hasil ujicoba ditunjukkan dengan nilai Peak Signal to Noise Ratio (PSNR) dengan blok dimensi dan tingkat kompresi tertentu. Tingkat kompresi yang bagus untuk menghasilkan citra kompresi dengan metode ini adalah tingkat kompresi 0.25.


References


Alfredo Petrosino dan AlessioFerone, 2009, Rough fuzzy set-based image compression, Fuzzy Sets and Systems 160, Elsevier, halaman 1485–1506.

Arif Rizal, 2008, Diskritisasi informasi dalam teori rough set menggunakan immune algorithm, Laporan Tugas Akhir Jurusan Sistem Informasi, ITS, (URL: http://digilib.its.ac.id/detil.php?id=4105&q=rough%20set).

L. A. Zadeh, 1965, Fuzzy Sets, Information and Control 8, halaman 338–353.

Mohamed Qasem, 2010, Vector Quantization, (URL: http://www.mqasem.net/vectorquantization/vq.html).

Zdzisław Pawlak, 1982, Rough sets, International Journal of Computer and Information Sciences 11, halaman 341–356.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.