SEAT INTERFERENCE ANTAR PENUMPANG PADA MODEL BOARDING PESAWAT TERBANG

Bilqis Amaliah, Victor Hariadi, Antonius Malem Barus

Abstract


Ada dua keadaan untuk sebuah pesawat, keadaan pertama adalah pada saat pesawat tersebut sedang berada di darat dan keadaan kedua adalaha saat peswat tersebut sedang berada di udara. Maskapai penerbangan akan mendapat keuntungan pada saat pesawat mereka sedang terbang. Banyak hal yang mempengaruhi lama pesawat berada di darat, antara lain : waktu penumpang turun, bongkar muat barang, pengisian bahan baker, boarding time, dll. Penelitian ini menyajikan beberapa model boarding untuk mengurangi seat interference dan untuk mengurangi waktu boarding. Mixed Integer Non Linier Programing digunakan untuk menghasilkan model boarding. ProModel digunakan untuk simulasi, hasil simulasi adalah waktu boarding dan seat interference. Airbus-320 digunakan untuk menerapkan model simulasi ini. Beberapa hal yang mempengaruhi strategi boarding adalah jumlah baris, jumlah grup dan jumlah penumpang yang dimasukkan untuk tiap grup. Hasil simulasi memperlihatkan bahwa model boarding dengan 6 grup dapat mengurangi jumlah seat interference sebesar 85,5% dan mengurangi waktu boarding sebesar 6,82% dibandingkan dengan menggunakan model tradisional back to front.


References


Bazargam M, 2007, A linier programming approach for aircraft boarding strategy, European Journal of Operational Research 183, 394-411.

Van Landeghem, H., Beuselinck, A., 2002, Reducing passenger boarding times in airplanes: A simulation based

approach. European Journal of Operational Research 142, 294–308.

Van Den Briel, M.H.L., Villalobos, J.R., Hogg, G.L., Lindemann, T., Mule, A.V., 2005, America west airlines develops eficient boarding strategies. Interfaces 35, 191–201.

Taha, Hamdy A. ,2007, Operations Research: An Introduction. Toronto: Pearson Eduction, Inc.

Borchers, Brian and Mitchell, J. E., September ,1991, “An improved branch and bound algorithm for mixed integer nonlinear programs”. R.P.I Math Report No. 200.

Trick, Michael A., 1998, A Tutorial on Integer Programming,

http://mat.gsia.cmu.edu/orclass/integer/integer.html>

Winston, Wayne L., 2004, Operations Research: Application and Algorithms 4th Edition: Thomson Learning, USA.

Bussieck, Michael R., 2003, Mixed-Integer Nonlinear Programming. GAMS Development Corporation, Washington DC.

Dolan, Elizabeth D, et all., 2002, The NEOS Server Optimization Version 4 and Beyond, Argonne National Laboratory.

Law, Averill M., 2007, Simulation Modelling and Analysis: McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.