APLIKASI TRANSFORMASI WATERSHED UNTUK SEGMENTASI CITRA DENGAN SPATIAL FILTER SEBAGAI PEMROSES AWAL

Murien Nugraheni

Abstract


Ada banyak metode dalam melakukan segmentasi salah satunya adalah transformasi watershed. Tetapi transformasi watershed menghasilkan segmentasi yang berlebihan. Untuk itu diperlukan suatu pemroses awal spatial filter yang disini digunakan low pass filter dan high pass filter agar dihasilkan segmentasi yang tidak berlebihan. Citra dimasukkan ke dalam program dan dilakukan proses filtering serta proses watershed. Adapun parameter yang digunakan adalah citra hasil yang digunakan untuk melihat banyak sedikitnya segmen, histogram citra digunakan untuk mengetahui intensitas dan kontras suatu citra, timing run digunakan untuk mengetahui lamanya suatu proses citra, dan SNR (Signal to Noise Ratio) yang digunakan untuk mengetahui kualitas citra.


References


Adipranata, Rudy. 2005. Kombinasi Metode Morphological Gradient Dan Transformasi Watershed Pada Proses Segmentasi Citra Digital. Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Adipranata, Rudy, dkk. 2005. Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Segmentasi Gambar Dengan Menggunakan Metode Morphological Watershed. Surabaya : Universitas Kristen Petra.

Farfan, Carlos and Renato A. Salinas. Rock Segmentation And Measured On Level Images Using Watershed For Sizing Distribution In Particle Systems. Univercity Of Santiago. Chile.

Munir, Rinaldi, 2004. Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung : Penerbit Informatika.

Sigit, Riyanto, S.T dan Drs. Achmad Basuki, M.Kom. 2005. Step By Step Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wijaya, Marvin Ch dan Agus Prijono. 2007. Pengolahan Citra Digital Menggunakan Matlab Image Processing Toolbox. Bandung : Penerbit Informatika.

http://agusza.its-sby.edu/kuliah/citra/bab10.html (07 Mei 2009)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.