PERANCANGAN DISPERSION FLATTENED FIBER (DFF) DENGAN DISPERSI RENDAH UNTUK MENINGKATKAN PERFORMANSI KOMUNIKASI DATA

Johan Hadi Pranoto, A. Hambali

Abstract


Sistem Komunikasi Serat Optik memungkinkan transmisi informasi dengan kapasitas data yang besar dan waktu yang cepat. Salah satu kendala pentransmisian ini dipengaruhi oleh dispersi. Berbagai metode digunakan dalam perancangan untuk mengurangi dispersi sehingga didapatkan optimalisasi transmisi, salah satunya adalah dengan perancangan Dispersion Flattened Fiber (DFF ). Dispersion Flattened Fiber merupakan serat optik yang telah dimodifikasi sehingga memungkinkan dispersi yang terjadi mendekati nol di dua atau tiga panjang gelombang yang berbeda dan sangat mendekati nol diantaranya. Perancangan DFF ini dilakukan melalui cladding serat optik yang dibuat berlapis-lapis dan dilakukan pada serat optik Single-Mode Step-Index (SM/SI). Cladding yang dibuat sampai dengan tiga lapis (Triple-Claddig).


References


Agrawal, P.Govind, 1989, Nonlinear Fiber Optics, Academic Press, New York

Barake, Taha M. 1997. A Generalized Analysis of Multiple-Clad Optical Fibers with Arbitrary Step-Index Profiles and Applications: Tesis. Blacksburg: Virginia Polytechnic Institute and State University.

Hattori, Harroldo T. 1998. Low Nonlinearity Optical Fibers for Broadband and Long-Distance Communications: Tesis. Blacksburg: Virginia Polytechnic Institute and State University.

Hanselman, Duane. Littlefield, Bruce, 2000, MATLAB Bahasa Komputasi Teknis, Penerbit ANDI, Yogyakarta

Keiser, Gerd. 2000. Optical Fiber Communications 3rd Edition, McGraw-Hill, Singapura

Senior, John M. 1992. Optical Fiber Communications Principle and Practice 2nd Edition. London: Prentice Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.