PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR PADA PERANGKAT MOBILE UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT GIGI

Bambang Yuwono

Abstract


Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Dengan sistem pakar ini, orang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya bisa diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar juga akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pakar diagnosa penyakit gigi. Sistem pakar ini dapat diakses melalui perangkat mobile ( handphone atau PDA) dengan teknologi Wireless Application Protocol (WAP). Sistem pelacakan dalam sistem ini menggunakan Backward chaining dengan metode penelusuran Depth First Search yang dilengkapi dengan pohon keputusan. Proses pelacakan ini bermula dari simpul akar dan bergerak ke bawah ke tingkat dalam yang berurutan. Proses ini berlangsung terus sampai kesimpulan ditemukan, atau jika menemui jalan buntu akan melacak ke belakang (backtracking). Hasilnya Sistem pakar ini memudahkan user dalam melakukan proses konsultasi, karena pertanyaan gejala yang diajukan hanya terkait penyakit yang dialami. Selain itu sistem pakar ini juga memudahkan bagi admin untuk melakukan update basis aturan, karena adanya fitur halaman edit basis aturan yang dapat digunakan untuk menambah, mengupdate dan menghapus penyakit, gejala dan pengobatannya


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abyono, Rafiah, 1995, Ilmu Endodontik dalam Praktek.

Agung, G., 2001, WAP Programming dengan WML, Panduan Offset, Yogyakarta.

Asiyah, S., 2005, Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Gigi, Tugas Akhir S1 Ilmu Komputer Fakultas Matematika dam Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Cramwinckel, A. B., 1995, Makanan dan Penyakit Gigi-Geligi.

Dian Retno Sawitri, 2002, Sistem pakar berbasis logic programming untuk simulasi seleksi ternak, Tesis, UGM, Yogyakarta.

Giarratano, J. & Gary R., 1994, Expert Systems Principles and Programming, PWS Publishing Company, Boston.

Handayani l, Tole, 2008, Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit THT Berbasis web dengan “e2gLite Expert System Shell, Jurnal Teknologi Industri Vol. XII No.1 Januari 2008: 19 – 26.

Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Mutaqin, 2002, Implementasi Sistem Pakar dalam Dunia Medis : Suatu Pengembangan Sistem Diagnosis Kesehatan Gigi dan Mulut, Tesis, UGM, Yogyakarta.

Natalia, D. A., 2006, Pembangunan Sistem Pakar pada Perangkat Mobile dengan WML dan PHP untuk Penyakit Paru pada Anak, Tugas Akhir D3 Teknologi Informasi Politeknik Elektronika Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Nurmala, E., 2007, Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Penyakit Jaringan Periadikuler pada Gigi, Tugas Akhir S1 Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Pressman, Roger, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi, Andi Offset, Yogyakarta.

Turban, Efraim, 1995, Decision Support System and Expert System, 4th ed., Prentice-Hall, Inc., New Jersey, pp 472-679

Widayanti Ayu A, 2009, Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Gigi Berbasis WAP, Skripsi Jurusan Teknik Informatika UPN ”Veteran” Yogyakarta

Yuwono Bambang, 2008, Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Ayam yang Disebabkan oleh Virus, Jurnal “Telematika” ISSN : 1829-667X, Vol.3 No.1, Juli 2008

Yuwono Bambang, Fauziah Y, Yenny, 2008, Sistem Pakar Berbasis Web untuk Mengidentifikasi Jenis dan Penyakit pada Bunga Mawar, Prosiding Semnasif 2008, Jurusan Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta, Mei 2008, ISSN : 1979-2328


Refbacks

  • There are currently no refbacks.