PENCARIAN DOKUMEN BERDASARKAN KOMBINASI ANTARA MODEL RUANG VEKTOR DAN MODEL DOMAIN ONTOLOGI

Agung Hadhiatma

Abstract


Selama ini pencarian dokumen (information retrieval) pada mesin pencari adalah berdasarkan kata kunci (keyword) sebagai input untuk proses pencarian. Ada banyak metode yang digunakan untuk proses pencarian ini, antara lain: term weighting, boolean model dan vector model. Hasil dari pencarian dokumen dengan menggunakan metode ini kadang belum tentu sesuai yang diinginkan, meskipun dalam dokumen yang diperoleh tersebut sudah mengandung kata kunci dalam masukan keyword. Salah satu penyebabnya adalah adanya berbagai konsep domain pengetahuan yang berbeda dalam kata kunci yang sama (problem semantik). Penelitian ini bertujuan meningkatkan ketepatan mesin pencari dalam pencarian dokumen agar hasil pencarian dokumen lebih mendekati dengan kebutuhan pengguna. Studi kasus yang digunakan adalah untuk sumber pustaka digital pewayangan. Pencarian dengan input kata kunci menggunakan model ruang vektor dan pencarian secara semantik menggunakan model domain ontologi. Pencarian dengan input kata kunci menggunakan indeks dokumen berdasarkan pembobotan/term weighting sedangkan pencarian secara semantik menggunakan indeks dokumen berdasarkan metadata domain ontologi. Domain ontologi tersebut merupakan ekstraksi pengetahuan dari dokumen. Pada pencarian semantik akan dimunculkan pilihan kombinasi kata kunci pada konsep domain yang berbeda. Kombinasi kata kunci tersebut merupakan perluasan pada kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna.


References


Davies, John., et al, 2006, Semantic Web Technologies Trends and Research in Ontology-based Systems, John Wiley & Sons Ltd, Chichester, West Sussex, PO19 8SQ, England.

Finin, T., et al. 1991, Enabling Technology for Knowledge Sharing, AI Magazine.

Gruber, T. R. 1995, Towards Principles for the Design of Ontologies Used for Knowledge Sharing, International Journal of Human-Computer Studies, 43:907-928.

Guarino , Nicola, 1998, Formal Ontology and Information Systems, Formal Ontology in Information Systems Proceedings of FOIS’98, Trento, Italy, Amsterdam, IOS Press, pp. 3-15.

Ozcan, Rifat, dan Aslandogan, Y. Alp, 2004, Concept Based Information Access Using Ontologies and Latent Semantic Analysis , Department of Computer Science and Engineering University of Texas , Arlington

Thiagarajan, Rajesh., et al, Computing Semantic Similarity Using Ontologies, 2008, the International Semantic Web Conference (ISWC), 2008, Karlsruhe, Germany.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.