RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENAGIHAN PASIEN RUMAH SAKIT

Noerlina Noerlina

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai adalah dihasilkannya sebuah rancangan prosedur billing system rumah sakit pada umumnya, merancang billing system yang dapat mempercepat pemrosesan data dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pihak manajemen rumah sakit terutama ditujukan untuk rumah sakit umum daerah, puskesmas atau klinik. Metode yang digunakan adalah metode analisis dan perancangan. Metode analisis terdiri dari studi kepustakaan dan studi lapangan. Metode perancangan terdiri dari UML Class Diagram, Use Case Diagram, dan pembuatan Navigation Diagram. Rancangan Billing System administrasi rumah sakit diharapkan dapat menghasilkan informasi yang dihasilkan lebih up to date seperti halnya menghasilkan laporan pendapatan atas transaksi rawat jalan, rawat inap maupun penjualan obat-obatan di apotek sesuai dengan periode yang telah ditetapkan.


References


Bodnar, G.H. dan Hopwood, W.S. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi ke-6. Salemba Empat, Jakarta. Terjemahan Jusuf, A.A. dan Tambunan, Rudi M.

Jones, Frederick L. dan Rama, Dasaratha V. 2006. Accounting Information Systems. International Student Edition. Thomson South-Western, Canada.

Mathiassen, Lars., Madsen, Andreas Munk, Nielsen, Peter Axel dan Stage, Jan. 2000. Object Oriented Analysis & Design. First Edition. Marko Publishing ApS, Aalborg, Denmark.

Mcleod, Raymond Jr. 2001. Management Information Systems. 8th Edition. Prentice Hall, New Jersey.

Noerlina, Idris Gautama S, Henricus Bambang T. 2007. Perancangan Sistem Informasi Berbasis Object Oriented Studi Kasus. Mitra Wacana Media, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.