PERANCANGAN DATA WAREHOUSE PENJUALAN UNTUK MENDUKUNG KEBUTUHAN INFORMASI EKSEKUTIF CEMERLANG SKIN CARE

Suparto Darudiato

Abstract


Perancangan data warehouse difokuskan pada perancangan arsitektur data warehouse yang berfokus pada penyediaan data sehingga mampu memenuhi kebutuhan informasi penjualan untuk managemen.Cemerlang skin care sebuah klinik yang tersebar dibeberapa kota besar sehingga membutuhkan sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan data dari cabang-cabang yang ada dan menyajikan informasi dengan cepat. Data warehouse ini dirancang dengan menerapkan Nine-Step Methodology dari Kimball sehingga data dapat terintegrasi dan mendukung informasi yang bersifat global yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Data warehouse, menjadikan data perusahaan yang tersebar menjadi terintegrasi dan ringkas untuk membantu pengguna menganalisis data yang ada untuk pengambilan keputusan yang bersifat strategis secara cepat dan tepat.


References


Connolly, Thomas dan Carolyn Begg.(2005). Database Systems : A Practical Approach to Design, Implementation, And Management, 4th Edition. Addison Wesley Publishing Company Inc., California.

Delvin, Barry. (1997). Data warehouse from Architecture to Implementation.. Addison Wesley Longman.

Efre, G. Mallach. (2002). Decision Support and Data warehouse System.

Hollander, Anita S. , Denna, Eric L. , Cherrington, J. Owen. (1999). Accounting, Information Technology and Business Solution. 2th Edition. McGraw-Hill, New York.

Inmon, W.H. (2005). Building Data warehouse, 4th Edition. John Wiley& Sons, Canada.

Kotler, Philip, Amstrong, Gary. (2006).Principles of Marketing. 11th Edition. Pearson Education, New Jersey.

Lane, Paul. (2002). Oracle91 Data Warehousing Guide. Oracle Corporation.

Mallach, Efrem G. (2000). Decision support and data warehouse systems. McGraw-Hill.

McLeod, Raymond, Schell, George. (2007). Management Information Systems. 10th Edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Mulyadi (2003). Sistem Akuntansi. Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

Nickels, William G., McHugh, James M., McHugh, Susan M. (2002). Understanding Business, 6th Edition. McGraw-Hill, New York.

O’Brien, James A. (2004). Managing Information Technology In The Business Enterprise, 6th Edition. McGraw- Hill, New York.

Ponniah, Paulraj. (2001). Data Warehousing Fundamentals. John Wiley & Sons,Inc, USA.

Turban, Efraim, Rainer, R. Kelly Jr., Potter, Richard E.(2005).Introduction to Information Technology. 3rd Edition, John Wiley & Sons,Canada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.