SISTEM PAKAR DENGAN BEBERAPA KNOWLEDGE BASE MENGGUNAKAN PROBABILITAS BAYES DAN MESIN INFERENSI FORWARD CHAINING

Agus Sasmito Aribowo, Siti Khomsah

Abstract


Keunggulan sistem pakar yang dapat memiliki sifat multi kepakaran perlu lebih diteliti karena dengan adanya banyak kepakaran dalam sebuah sistem pakar maka sistem pakar itu dapat lebih berguna untuk menyelesaikan lebih banyak permasalahan. Dicontohkan sistem pakar untuk diagnosa penyakit dapat diisi knowledge base untuk penyakit pada sapi, kambing, ayam , dan beberapa jenis penyakit hewan lainnya. Sistem pakar untuk diagnosa kerusakan alat elektronik dapat diberi knowledge base untuk kerusakan televisi, telepon seluler, dan radio. Tentunya sistem dengan banyak kemampuan kepakaran membutuhkan simpanan knowledge base yang memadai. Maka bagaimana menyusun sistem basis data yang tepat, teknik inferensi forward chaining, dan pengelolaan working memory yang tepat sehingga sistem pakar dengan beberapa knowledge dapat bekerja. Penelitian ini menggunakan tiga buah knowledge base yaitu untuk diagnosa kerusakan televisi, kerusakan handphone dan kerusakan komputer. Hasil penelitian adalah sebuah sistem pakar dengan beberapa knowledge base ini dapat mendiagnosis kerusakan beberapa alat elektronik. Sistem pakar dapat mengakomodasi jawaban atas pertanyaan diagnosa dalam tiga jenis jawaban, yaitu ”YA”, ”TIDAK” dan ”TIDAK TAHU”. Sistem pakar dilengkapi dengan manajemen ketidak pastian menggunakan Probabilitas Bayes sehingga sistem tetap dapat memberikan hasil kesimpulan walaupun fakta yang dimasukkan oleh pengguna tidak lengkap.


References


Giarratano, J., and Riley, G., 1993, Expert Systems : Principles and Programming, PWS Publishing Company, Boston.

Kusumadewi, S., 2003, Artificial Intelligence, Graha Ilmu : Yogyakarta.

Turban, E, and E. Aronson, J, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Pearson Education, inc, New Jersey.

Ian H. Witten, Eibe Frank, Mark A. Hall, Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques (Third Edition), Morgan Kaufmann, 2011

Watson, Ian, 1997, Applying Case Based Reasoning : Techniques for Enterprise System, Morgan Kauffman, California.

Pal, S K. And Shiu, S. C.K., Foundations of Soft Case Based Reasoning. Willey & Sons, Inc. Canada. pp 64 – 67. 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.