DAMPAK EKONOMI MAKRO BENCANA : INTERAKSI BENCANA DAN PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL

Listya Endang Artiani

Abstract


Banyak laporan kerugian bencana terbatas untuk menilai penggantian infrastruktur fisik, dan tidak mencakup dampak potensial bencana pada sistem ekonomi regional atau nasional. Meskipun ada diskusi yang berkembang dalam literatur tentang manfaat dari pendekatan yang berbeda untuk bencana secara kontras dapat melihat manfaat ontologis dan perkembangan yang berfokus pada kerugian manusia atau fisik, ada kekurangan penekanan pada isu yang lebih mendasar dalam menghitung dampak ekonomi dari bencana pada lingkup ekonomi makro. Dalam makalah ini akan meninjau metodologi yang lebih holistik dan melihat bencana dan mitigasi bencana yang menempatkannya dalam proses pembangunan. Keluar dari tradisi modernis yang telah menempatkan 'bencana' dan 'pembangunan' secara terpisah dalam pengelolaan lingkungan yang komprehensif. Makalah ini akan menjelaskan dampak bencana, termasuk pada sisi ekonomi. Pada mitigasi bencana pengamatan sisi ekonomi makro menunjukkan bahwa beberapa variabel ekonomi makro memungkinkan terpengaruh atau terkena dampak bencana. Bencana dirasakan pada skala spasial, tetapi di sini kita fokus pada dampak bencana pada tingkat negara-bangsa atau nasional, wilayah sub-, yang tetap unit utama dalam perencanaan pembangunan. Makalah ini menyajikan tinjauan terhadap interaksi bencana dan pembangunan ekonomi nasional dan menyajikan sebuah kerangka kerja untuk analisis yang lebih holistik dari dampak makroekonomi bencana, dan mendiskusikan interaksi bencana dengan proses pembangunan


References


AusAID, (May 2005), Economic Impact of Natural Disasters on Development in The Pacific

Benson, C.,(1997), The economic impact of natural disasters in the Philippines. Working paper 99. London: Overseas Development Institute.

Buckle, P., Marsh, G. and Smale, S., (2001), Assessment of personal and community resilience and vulnerability. Emergency Management Australia Report 15/2000.

Bull, R. (1994): Disaster economics. Disaster Management Training Programmes. Geneva: UNDP and DHA.

Drèze, J. and Sen. A., (1989), Hunger and public action. Oxford: Oxford University Press.

Hewitt, K.,(1997), Regions at risk. Harlow: Longman.

Noy,Ilan (2007), The Macroeconomic Concequences of Disasters, SCCIE Working Paper 07-15

Pelling, M., (2002), Assessing urban vulnerability and social adaptation to risk: evidence from Santo Domingo. International Development Planning Review 24(1), 59–76.

United Nations Disaster Relief Coordinator (UNDRCO), (1991), Mitigating natural disaster phenomena, effects and options: a manual for policy makers and planners. New York: UN.

Vermeiren, J.C.,(1991), Natural disasters: linking economics and the environment with a vengeance. In Girvan, N.P. and Simmons, D.A., editors, Caribbean ecology and economics. Barbados: Caribbean Conservation Association

Zapata-Marti, R.,(1997), Methodological approaches: the ECLAC methodology. In Center for the Research on

the Epidemiology of Disasters (CRED), Assessment of the economic impact of natural and man-made disasters. Proceedings of the expert consultation on methodologies, Brussels, 29–30 September, Universite Catholique de Louvain, Belgium, 10–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.