MANAJEMEN RANTAI PASOKAN PADA E-COMMERCE INDUSTRI MAKANAN RINGAN KWT AN-NABA YOGYAKARTA

Frans Richard Kodong, Juwairiah Juwairiah, Oliver Samuel Simanjuntak

Abstract


Usaha makanan ringan (snack) memiliki potensi cukup besar dalam meraup keuntungan, namun tidak sedikit pula pelaku usaha tersebut mengalami kerugian dikarenakan strategi pemasaran yang kurang tepat. Permasalahan yang banyak terjadi pada industri makanan ringan, khususnya di KWT (Kelompok Wanita Tani)  An Naba antara lain adalah faktor pangsa pasar atau kemampuan mengakses pasar yang lebih luas, keterbatasan informasi terkait dengan segmen pasar, kesulitan mendapatkan pasokan bahan baku dan masalah promosi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, pada penelitian ini akan dibangun e-commerce dengan manajemen rantai pasokan (SCM, Supply Chain Management) yang merupakan sistem terintegrasi yang menangani hubungan stakeholders pada usaha makanan ringan. 


References


Firmansyah, Agung, dkk., 2009, Pengembangan Alternatif Model E-Payment, Jurnal Sistem Informasi, Vol 5. No. 1, FASILKOM Universitas Indonesia, Jakarta.

Pressman, R.S. 2010., Software Engineering, 7th Edition, Mc. Graw – Hill International Company, New York, America.

Sriwijayanti, Supply Chain Management, Sriwijayanti Blog, https://sriwijayanti.wordpress.com/supply-chain-management, diakses pada tanggal 15 Oktober 2015.

Turban E and King David, 2002, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall, United State ed edition

__________, Supply Chain Management, http://www.slideshare.net/saugatapalit/e-commerce-and-supply-chain-management , diakses pada tanggal 1 Oktober 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.