PENGEMBANGAN MODEL ANALISIS SENSITIVITAS PETA KENDALI X ̅ TRIPLE SAMPLING MENGGUNAKAN UTILITY FUNCTION METHOD

Juwairiah Juwairiah, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Peta kendali yang baik harus terjaga ketelitiannya, dengan kata lain power peta kendali tidak boleh terlalu kecil, sehingga efektif dalam mendeteksi penyimpangan terhadap jalannya proses produksi. Selain itu, peta kendali juga harus efisien, jadi ukuran sampel yang digunakan tidak boleh terlalu besar, sehingga hemat dari segi biaya inspeksi terhadap sampel yang digunakan. Penelitian ini mengembangkan suatu model analisis sensitivitas yang bertujuan untuk mengetahui pada batas berapakah power dan ukuran sampel peta kendali  TS masih efektif dalam mendeteksi penyimpangan terhadap jalannya proses produksi dan efisien dari segi biaya yang dikeluarkan untuk menginspeksi ukuran sampel yang digunakan menggunakan Utility Function Method. Hasil analisis sensitivitas yang dilakukan dapat digunakan sebagai pedoman dalam membangun peta kendali  Triple Sampling (TS) yang efektif dan efisien.


References


Daudin, J.J. (1992), Double Sampling Charts, Journal of Quality Technology, 24(2), 78-87.

Grant, E.L., Leavenworth, R.S. (1988), Pengendalian Mutu Statistik, Erlangga, Jakarta

Irianto, D., and N. Shinozaki (1998), An Optimal Double Sampling Control Chart, International Journal of Industrial Engineering – Theory, Applications and Practice, 5(3), 226-234.

Irianto, D. (2005), Optimizing Parameter Estimation for Double Sampling Control Chart, ICAM

Juwairiah, Sutrisno, (2014), Pengembangan Model Optimasi Peta Kendali Triple Sampling Menggunakan Utility Function Method dan Aplikasinya di Lantai Produksi, Penelitian Dasar LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Mountgomery, D.C (1998), Pengendalian Kualitas Statistik, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Sutrisno. (2008), Pengembangan Prosedur dan Model Optimasi Peta Kendali DS Baru, Jurnal OPSI, Yogyakarta.

Sutrisno. (2009), Optimasi Ukuran Sampel Pada Peta Kendali Double Sampling Baru, Proceeding Seminar Nasional Teknik Industri Waluyo Jatmiko, Surabaya.

Sutrisno(2012), Pengembangan Prosedur dan Model Optimasi Peta Kendali TS dengan Fungsi Tujuan Maksimasi Power Peta Kendali, Penelitian Dasar LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta, Yogyakarta.

Yuliani, A. (2009), Perancangan Secara Ekonomis untuk Peta Kendali X DS 2 Batas Kendali, Tesis, ITB, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.