PEMANFAATAN PROCESS MINING PADA E-COMMERCE

Wawan Yunanto, Kartina Diah KW

Abstract


Organisasi menyimpan rekaman aktivitas proses bisnis yang terjadi pada proses di lapangan dalam log data dengan berbagai format. Rekaman aktivitas ini disimpan dalam rangka menghasilkan sebuah model proses bisnis berdasarkan aktivitas pengguna pada proses nyata di lapangan. Dari proses model yang dihasilkan dapat dilakukan analisis tentang kesesuaian antara proses bisnis yang terjadi pada proses nyata di lapangan dengan proses bisnis yang diharapakan oleh organisasi. Analisis ini disebut sebagai conformance checking yang bertujuan untuk mendeteksi deviasi yang terjadi antara proses bisnis yang diharapkan dengan proses bisnis dari proses nyata di lapangan dan sebaliknya. Suatu proses bisnis dikatakan sudah sesuai dengan regulasi (compliant) apabila tidak ada deviasi/nonconformance dalam eksekusinya dari proses bisnis yang telah didefinisikan mengikuti standar.

References


Aalst, W.M.P. Van Der et al., 2008. Conformance Checking of Service Behavior ( Revised Version ). ACM Transactions on Internet Technology (TOIT), pp.1–44.

Rozinat, A. & Aalst, W.M.P. Van Der, 2008. Conformance Checking of Processes Based on Monitoring Real Behavior. Information System.

Waske, M., 2007. Business Process Management 3rd ed., Springer.

W. van der Aalst, A. Adriansyah, and B. van Dongen, “Replaying history on process models for conformance checking and performance analysis,” Wiley Interdiscip. Rev. Data Min. Knowl. Discov., vol. 2, no. 2, pp. 182–192, Mar. 2012.

W. M. P. Van Der Aalst, “Business alignment: using process mining as a tool for Delta analysis and conformance testing,” Requir. Eng., vol. 10, no. 3, pp. 198–211, Aug. 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.