PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPARKIRAN MENGGUNAKAN ARSITEKTUR THREE-TIER

Yuli Fauziah, Dessyanto Boedi Prasetyo

Abstract


Perusahaan pengelola perparkiran dituntut untuk dapat melakukan manajemen pengelolaan lahan parkir yang berada di beberapa lokasi yang berbeda bahkan  berjauhan. Setiap lahan parkir kadang memiliki karakteristik bisnis yang berbeda sehingga dapat menyebabkan perbedaan pola bisnis proses pengelolaan manajemen perparkiran, mulai dari harga, pemakaian alat bantu, bahkan kebijakan pegawai. Keberadaan teknologi komunikasi mampu menjembatani ketidak-seragaman proses bisnis, namun sifatnya sementara, sedangkan transaksi perparkiran selalu saja berlangsung rutin setiap harinya. Pada penelitian sebelumnya telah dikembangkan sistem informasi perparkiran secara online dimana aplikasi dan datanya  diatur oleh setiap lokasi, sehingga pengelola manajemen perparkiran yang memiliki lebih dai satu lokasi parker menjadi tidak seragam. Dan pada penelitian yang lainnya aplikasi yang dikembangan lebih ke arah pengembangan penggunaan hardware. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi yang berbasis pada model arsitektur three tier. Permasalahan utama yang akan dicari solusinya adalah menyeragamkan proses bisnis dan kebijakan pegawi serta pengawasan dari setiap lokasi parker yang yang letaknya berjauhan. Metodologi yang akan digunakan dalam penelitian ini disusun menggunakan metode analisis deskriptif dengan cara melakukan kajian pustaka terkait konsep pengembangan web dan arsitektur aplikasinya, diikuti dengan analisis kondisi aktual untuk mengetahui problem seputar pengembangan pengelolaan manajemen perparkiran. Dalam Perancangan digunakan CASE Tools (Computer Aided Software Engineering)  berorientasi objek. Sistem akan diimplementasikan dengan arsitektur three tier, dimana Arsitektur Three Tier merupakan inovasi dari arsitektur Client Server. Pada arsitektur Three Tier ini terdapat Application Server yang berdiri di antara Client dan Database Server.

References


Bagiyarsa, Y.C, Anwariningsih, Retnoningsih, 2010, Sistem Informasi Area Parkir di Universitas Sahid Surakarta, Universitas Sahid Surakarta, Surakarta.

Davis, Gordon B, 1995, Sistem Informasi Manajemen, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.

Hartono, 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Indrajani, 2009, Implementasi MutiTier pada Perusahaan, Jurnal Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara, Jakarta

Kurniawan, F., Puspita. E, 2010, Sistem Informasi Pelayanan Parkir yang dilengkapi dengan Kamera, ITS, Surabaya.

Palupi, 2009, Prototipe Laboratotium Bahasa Berbasis Komputer Menggunakan Model Arsitektur Three-Tier, Jurnal Generik, Universitas Sriwijaya, Palembang.

Radinul, 2014, Sistem Informasi Perparkiran Online Multi User, UPN “Veteran” Yogyakarta.

Winarsih, I., Mahendra, 2009, Sistem Parkir Otomatis menggunakan RFID berbasiskan Mikrokontroler AT 89S51 , Universitas Trisakti Jakarta, Jakarta

Widiastono, 2013, http://indonesianindielife.blogspot.co.id/2013/10/mengenal-konsep-pemrograman-three-tier.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.