PENGARUH GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR PADA ANAK-ANAK

Rispa Nurhalipah, Marisca Yustiana, Saeni Saeni, Muhammad Muslih

Abstract


Abstract
The effect of gadgets has a positive or negative impact depending on the ability of the wearer, without exception, children. The use of gadgets has even begun to affect children. The impact of using this gadget turns out to have a direct effect on the mental and development of children, not only affects the growth and development of children, gadgets also have a major effect on interest in learning in children. Therefore, the role of parents is very important to monitor children using gadgets. This study will show how much influence the use of gadgets has on learning interest in children which consists of two areas, namely cognitive and affective, whether the influence given has a positive or negative impact. This research uses descriptive quantitative method with data collection using questionnaires, data processing, data analysis and data interpretation. The results of the study show that the effect of gadgets has a negative impact on cognitive and affective aspects on learning interest in children.
Keywords: Effect of gadgets, descriptive quantitative method, cognitive aspects, afektif aspects.


Pengaruh gadget memiliki dampak yang positif atau pun negative tergantung kemampuan pemakainya, tanpa terkecuali anak-anak. Penggunaan gadget bahkan sudah mulai mempengaruhi anak-anak. Dampak dalam penggunaan gadget ini ternyata berpengaruh langsung pada mental dan perkembangan anak, tidak hanya berpengaruh pada tumbuh kembang anak, gadget juga berpengaruh besar terhadap minat belajar pada anak-anak. Oleh karena itu peran orang tua sangatlah penting untuk memantau anak-anak dalam menggunakan gadget. Penelitian ini akan menunjukan seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar pada anak yang terdiri dari dua bidang yaitu bidang kognitif dan afektif, apakah pengaruh yang diberikan memiliki dampak yang positif atau negative. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner, pengolahan data, analisis data dan interpretasi data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengaruh gadget memiliki dampak yang tidak baik untuk aspek kognitif dan afektif terhadap minat belajar pada anak-anak.
Kata kunci : Pengaruh gadget, metode kuantitatif deskriptif, aspek kognitif, aspek afektif


Keywords


Effect of gadgets; descriptive quantitative method; cognitive aspects; afektif aspects

Full Text:

PDF

References


Marpaung, J. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan (The Effect Of Use Of Gadget In Life). Jurnal Kopasta 5(2), pp. 55-64.

Fitriyah E. 2013. Pengaruh Perkembangan Gadget Bagi Anak. http://www.elfiatul.blogspot.com/2013 /09/Karya-Tulis-Ilmiah. diakses 26 Oktober 2020.

Fitra, Indiana. 2018. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini di Paud dan TK Taruna Islam Pekan Baru. Jurnal Photon 9(1), pp. 208-213.

Achru, A. 2019. Perkembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah 3(2), pp. 205-215.

Syahputra, E. 2020. Snowball Throwing: Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Prasetya, T.I. 2012. Meningkatakan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMPN Kota Malang. Jurnal of Educational Research And Evaluation 1(2), pp. 107-112.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, dkk. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Saputra, G.W, dkk. 2017. Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap kecerdasan (Intelektual, Spiritual, Emosional dan Sosial) Studi Kasus : Anak-Anak. Jurnal Sistem Informasi 10 (2), pp. 77-88.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor