DESAIN DAN ANALISIS PENDEKODE VITERBI MENGGUNAKAN SATU BUTTERFLY BERBASIS BAHASA VHDL

Iswahyudi Hidayat

Abstract


Pengkode konvolusi telah digunakan secara luas pada sistem komunikasi, khususnya pada sistem komunikasi wireless yang berkembang saat ini. Pada bagian pengirim, pengkode konvolusi bekerja dengan membangkitkan keluaran data stream dari bit-bit masukan. Sedangkan penerima akan melakukan proses pendekode untuk memperoleh kembali bit informasi asli sebelum melewati pengkode konvolusi. Algoritma yang banyak diusulkan penggunaannya pada bagian penerima adalah algoritma viterbi.

Penelitian ini membahas tentang desain pendekode viterbi menggunakan bahasa pemrograman VHDL (Very High Speed IC Description Language). Desain yang diusulkan menggunakan sebuah butterfly pada bagian penerima. Pada umumnya butterfly yang digunakan merupakan fungsi persamaan 2K–1. Dengan K adalah parameter Constrain Length. Di sisi lain fungsi dari setiap butterfly dalam proses pendekode viterbi adalah sama. Sehingga pada penelitian ini akan coba didesain penerima viterbi dengan sebuah blok butterfly yang digunakan secara bergantian. Nilai constrain length (K) yang digunakan adalah K = 7 dan code rate = ½ (satu per dua). Dengan K = 7 lazimnya jumlah butterfly yang diperlukan adalah 32.

Hasil desain akhir dari penelitian ini adalah sintesis dan layout rangkaian pendekode viterbi. Hasil sintesis rangkaian berupa area sintesis dan frekuensi kerja yang dihasilkan. Proses layout hasil desain menggunakan standard teknologi CMOS 0,18 mikron. Pada proses layout, hasil penelitian yang ditunjukkan berupa frekuensi kerja, kecepatan data, ukuran core, dan ukuran chip.

References


Wolf, Wayne, 1998, Modern VLSI Design, Prentice Hall PTR.

Proakis, John G. , 1995, Digital Communications, McGraw-Hill International Editions, Third Edition.

Brown, Stephen, Zvonko Vranesic, 200, Fundmentals of Digital Logic, McGraw-Hill International Edition3.

Chang, K. C. 1999, Digital Systems Design with VHDL and Synthesis, IEEE Computer Society,.

Angarita, F., A. Perez-Pascual, T. Sansaloni, J. Valls, Efficient Mapping on FPGA of a Viterbi Decoder for Wireless LANs, Departamento de Ingenieria de Valencia, Spain.

Communications Ltd, 2001, Convolutional Encoder and Viterbi Decoder, Revision 3.1.

Morelos, Robert H., Zaragoza, 2002, The Art of Error Correcting Coding, John Wiley & Sons.

Lin, Shu, Daniel J. Costello, Jr., Error Control Coding, 1983, Prentice-Hall Series in Computer Applications in Electrical Engineering.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.